Tahukah Kamu Seberapa Cepat Kita Bergerak Di Alam Semesta?

Seberapa Cepat Kita Bergerak Di Alam Semesta?

Tahukah Kamu Seberapa Cepat Kita Bergerak Di Alam Semesta? | omkepo.com – Bumi ini tidak diam, planet ini terus berputar pada porosnya. Rotasi bumi mengontrol aktivitas manusia mengikuti gelap dan terang, membagi kehangatan Matahari ke seluruh belahan dunia.

Saat berotasi, semua yang ada di Bumi ikut bergerak, dari barat ke timur. Namun ternyata bukan hanya bumi saja yang bergerak. Matahari dan galaxy Bimasakti pun bergerak. Karena bumi bergerak mengelilingi matahari, kemudian matahari juga bergerak mengelilingi galaxy Bimasakti, hal ini tentunya membuat manusia juga ikut bergerak terhadap matahari dan galaxy Bimasakti.

Seberapa Cepat Kita Bergerak Di Alam Semesta?

Sebuah video dari Discovery News mengungkapnya.
Saat ini mungkin kamu sedang duduk sambil menonton video sambil menikmati kopi di teras, bersandar di sofa tetapi kita sebenarnya tetap bergerak dan faktanya kita bergerak sangat cepat di alam semesta.

Tahukah Kamu Seberapa Cepat Kita Bergerak Di Alam Semesta?
Rotasi Bumi

Mari kita mulai dari skala kecil terlebih dahulu. Ketika kita berdiri di garis ekuator/khatulistiwa bumi tanpa bergerak ke mana pun sebenarnya kita sudah bergerak dengan kecepatan 1600 km/jam. Karena itu adalah kecepatan rotasi bumi. Jadi sebagai manusia kita sudah bergerak dengan kecepatan 1600 km/jam. Wow..

Bumi Mengelilingi Matahari

Selanjutnya Setiap tahunnya, Bumi mengelilingi Matahari dengan menempuh jarak 942 juta km dan untuk menempuh jarak tersebut dalam waktu 365 hari, bumi membutuhkan kecepatan 107.000 km/jam sebagai sebuah planet.

Matahari Mengelilingi Bimasakti
Matahari Mengelilingi Bimasakti

Penelitian menunjukan bahwa Matahari bergerak mengelilingi galaksi Bimasakti dan bintang-bintang lain dengan kecepatan 72.740 km/jam sedangkan galaksi Bimasakti sendiri berotasi setiap 200 hingga 250 juta tahun dengan kecepatan rotasinya 885.000 km/jam sebagai tata surya.

Rasi Hydra

Penelitian terbaru mengatakan bahwa galaksi Bimasakti pun bergerak dalam rasi Hydra dan virgo dengan kecepatan 3,6 juta km/jam.

Dengan semua gerak terhadap benda-benda langit, berapa kecepatan gerak kita di alam semesta?

Mari kita hitung!

Kecepatan Relatif Dalam Km/Jam
Kita Terhadap Bumi 1.600
Bumi Terhadap Matahari 107.000
Rotasi Bimasakti 885.000
Bimasakti Terhadap Rasi Hydra 3.600.000
TOTAL 4.593.600

Ternyata kecepatan kita bergerak adalah adalah 4.593.600 km/jam atau kurang lebih 1.280 km/detik.  Dengan kecepatan ini, manusia bisa berpindah dari Jakarta ke Banyuwangi dalam waktu kurang lebih 1 detik.


Lalu mengapa kita tidak bisa merasakan kecepatan ini ?

Hal ini disebabkan karena kita berada di dalam benda yang bergerak tersebut. Sama seperti halnya kita berada di dalam sebuah pesawat, kita tidak akan merasakan pergerakan dari pesawat tersebut kecuali terjadi perubahan kecepatan secara tiba-tiba.

Tambahan :

  1. Gerak itu relatif tergantung titik acuan misalnya kita sedang mengendarai mobil dari rumah, kita bergerak terhadap rumah tetapi tidak bergerak terhadap jok mobil. kita berdiri di bumi dan bumi berotasi otomatis kita ikut berotasi, kalau acuannya adalah titik sumbu rotasi bumi maka kita jelas bergerak tetapi jika titik acuannya adalah alas kaki maka kita tidak bergerak.
  2. Mengapa kita tidak merasakan pergerakan? karena alam semesta bergerak dalam kecepatan konstan atau percepatan = 0. Kalau kecepatannya naik atau turun sedikit saja pasti akan terasa.
  3. Tentu hitungan ini hanya merupakan gambaran semata mengenai seberapa cepat kita bergerak jika acuannya adalah alam semesta.

Cekidot videonya disini :

Demikian artikel Tahukah Kamu Seberapa Cepat Kita Bergerak Di Alam Semesta?

Silahkan dishare jika bermanfaat…

About OmKepo 73 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.