80+ Data Pribadimu Yang Dimanfaatkan Facebook Untuk Iklan

Data Pribadimu Yang Dimanfaatkan Facebook Untuk Iklan

Data Pribadimu Yang Dimanfaatkan Facebook Untuk Iklan | omkepo.com – Pada saat membuka beranda facebook, pernah ga kamu merasa kok sepertinya facebook tahu apa yang sedang kamu inginkan? Atau seolah-olah bisa membaca pikiranmu?

Misalnya dalam waktu dekat Ibumu akan berulang tahun, tiba-tiba di beranda facebook sering muncul iklan penawaran tentang kado ulang tahun yang unik untuk orangtua?

Atau misalnya kamu adalah seorang mahasiswa jurusan teknik, kemudian di beranda facebookmu sering muncul penawaran berbagai macam peralatan menggambar?

Atau misalnya juga saat ini kamu pengen menjadi seorang fotografer, terus browsing-browing mencari kamera DSLR, dan belakangan ini sering “menyukai halaman” tentang fotografi. Tiba-tiba di beranda facebookmu banyak iklan yang menjual kamera DSLR, padahal sebelumnya tidak pernah?

Apakah Kamu Pernah Menyadarinya?

Pernahkan kamu bertanya-tanya, bagaimana facebook bisa tahu apa yang sedang kamu inginkan?

Yaapp.. Ini merupakan konsekuensi dari menggunakan media sosial yang notabene-nya adalah gratis. Dimana kamu sudah menyetujui syarat dan ketentuan (Term of Services) facebook saat mendaftar menjadi penggunanya.

Kita “dipaksa” harus mengerti dan bisa menerima bahwa data pribadi kita akan dimanfaatkan oleh facebook untuk penargetan iklan.

Kami ingin iklan yang dilihat orang di Facebook menjadi menarik, berguna dan relevan,” kata juru bicara Facebook.

Privacy? No..

Bahkan melalui kebijakan yang dibuat tahun lalu, Facebook menghilangkan opsi untuk membuat akunmu tidak bisa terlacak di kolom pencarian. Sedikit demi sedikit Facebook meluluhkan kemampuan pengguna untuk menyembunyikan informasi pribadinya.

Sebagian orang memang menganggap ini hal biasa, namun tak sedikit juga yang akhirnya merasa takut dan kemudian menutup akun facebooknya.

Data Pribadimu Yang Dimanfaatkan Facebook Untuk Iklan

80+ Data Pribadimu Yang Dimanfaatkan Facebook Untuk Iklan

Menurut washingtonpost.com, berikut ini data pribadi kamu yang digunakan facebook untuk penargetan iklan.

Lokasi, Usia, Generasi dan Jenis kelaminmu, Bahasa yang kamu kuasai, Tingkat Pendidikan, Bidang Studi, Sekolah, Suku, Pendapatan dan Kekayaanmu, Tipe, Harga, Ukuran, Tahun dari Kepemilikan Rumahmu, Properti yang kamu miliki, Keluargamu (Istri/Suami dan Jumlah Anak);

Wow..

Bagaimana Facebook Mendapatkan Informasi Ini?

Agar dapat menayangkan iklan yang relevan dan sesuai dengan apa yang sedang kamu inginkan, facebook akan melacak aktifitas browsingmu (apa saja yang sedang kamu cari di internet), halaman apa yang kamu sukai, iklan yang kamu lihat, mencari tahu posisi kamu berada sekarang dengan melacak dimana lokasi smartphonemu.

Ga cuma lokasi smartphonemu saja, termasuk tipe smartphone dan provider internet apa yang kamu gunakan..

Saat kamu login, facebook bisa melihat hampir semua situs yang kamu kunjungi. Bahkan ketika kamu sedang log off, facebook bisa tahu apa yang paling sering kamu cari saat ini.


Saya pernah membaca tentang algoritma barunya facebook, yang mengatakan bahwa nantinya facebook bakal bisa mengira-ngira siapa yang diduga akan melakukan bunuh diri, hal ini bisa dilihat dari status-statusnya yang sering putus asa, status teman yang di-like, artikel yang di-sharing dan yang sering dibaca akhir-akhir ini.

Hiii.. Serem ga sih.. ?

Informasi pribadi berikutnya adalah :

Facebook menyimpan data siapa saja yang akan berulang tahun dalam waktu 30 hari ke depan, yang jauh dari keluarga atau kampung halaman, yang lagi LDR (hubungan jarak jauh), yang baru saja merayakan hari ulang tahun, status hubunganmu, yang baru saja menikah, bertunangan, bahkan saat kamu pindah kota tempat tinggal.

Apalagi?

Siapa saja yang akan melahirkan dalam waktu dekat, siapa orangtuamu, siapa bos ditempat kamu bekerja, jenis pekerjaanmu, kalau kamu seorang wirausaha, berapa jumlah karyawanmu, siapa yang memiliki usaha kecil menengah, yang bekerja di bidang managemen atau eksekutif, pengguna yang cenderung terlibat dalam urusan politik, konservatif dan liberal sampai apa minat dan bakatmu.

Terus?

Apa jenis kendaraanmu, tipe dan merknya, tahun berapa kamu beli, siapa saja yang baru membeli atau ingin membeli kendaraan atau perangkat dan asesoris apapun, berapa uang yang rela kamu keluarkan untuk itu, siapa saja yang menyumbang dana untuk kegiatan amal, layanan email, browser dan sistem operasi yang kamu gunakan, bahkan mengklasifikasikan penggunanya berdasarkan kesukaannya, misalnya emak-emak yang suka kepoin sepak bola atau yang tipe sosialita, pengguna produk kecantikan, obat-obatan, yang memiliki kartu kredit atau debit, atau penggunanya yang gaptek.

Dan masih banyak lagi lainnya yang tidak saya cantumkan di sini.

Informasi-informasi ini akan dikumpulkan dan dikirim ke gudang data facebook untuk kemudian “diolah” sehingga menghasilkan data yang relevan tentang profilmu, seperti apa dirimu, apa yang sedang kamu inginkan, dan lainnya.

Pada kuartal kedua tahun 2016, facebook berhasil meraup keuntungan hingga Rp 81,9 Trilyun hanya dari iklan saja, pendapatan ini naik hingga 63% dibanding tahun sebelumnya. Sumber penghasilan facebook ini bukan hanya didapat dari iklan lewat browser saja, tapi juga dari aplikasi facebook pada smartphone kamu.

Kane Jamison, seorang marketing yang berbasis di Seattle menulis pengalamannya tentang iklan di facebook,

“Berbicara sebagai konsumen dan sebagai pengiklan, saya pikir bahwa kemampuan iklan di Facebook bisa membuat publisher (pengiklan) mendapatkan pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan,”

“Kebanyakan hal yang dipromosikan di beranda Facebook saya sesuai dengan minat saya, sehingga membuat saya ingin melihat iklan tersebut”

Peter Eckersley, seorang kepala ilmuwan komputer di Electronic Frontier Foundation mengatakan :

“Kalau Anda pengguna facebook dan memberikan kepercayaan kepada facebook akan data-data pribadimu, saya rasa kita punya alasan untuk khawatir akan hal tersebut”.

Perhatian utama Eckersley adalah berapa banyak sih konsumen yang tahu tentang semua pelacakan ini? Dan berapa banyak yang ingin keluar dari semua ini?

Memang sampai saat ini katanya untuk kepentingan iklan, tapi bagaimana kedepannya?

Bagaimana jika data ini dimanfaatkan untuk hal-hal lain yang belum bisa kita bayangkan saat ini?

Itulah 80+ Data Pribadimu Yang Dimanfaatkan Facebook Untuk Iklan.

Referensi : https://www.washingtonpost.com/news/the-intersect/wp/2016/08/19/98-personal-data-points-that-facebook-uses-to-target-ads-to-you/?utm_term=.21f706c56f2b

About OmKepo 73 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.