10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada Di Dunia

Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada Di Dunia

Inilah 10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada Di Dunia | omkepo.com – Keberadaan pasukan elite militer sebuah negara bukan dominasi era modern. Sejak jaman dahulu, prajurit terlatih ini sudah ada, mereka memiliki kemampuan lebih dibanding pasukan biasa. Bahkan, militer-militer abad pertengahan sudah memperhitungkan pentingnya pasukan pemukul yang tangguh bermental baja.

Armada-armada perang penting di zaman kuno juga menyiapkan prajurit ini secara khusus. Jumlahnya tidak banyak, tetapi efek kejutnya sangat luar biasa. Tak heran jika jaman berganti, kisah legenda pasukan komando jaman kuno itu masih terdengar sampai sekarang.

Konon, pasukan-pasukan elite modern dibentuk sebagai inspirasi dari prajurit terlatih pada masa-masa sebelum perang menggunakan senjata modern dan canggih. Beberapa juga terinspirasi nama prajurit terlatih jaman dahulu.

Berikut prajurit terlatih sebelum era modern yang dikutip dari berbagai sumber..

10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada Di Dunia

#10. Aztecs (The Eagle Knights)

10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada

Mereka adalah kelas special dari pasukan infantry dari Aztec. Pasukan ini dipilih dari orang2 paling berani dari keturunan tertentu dan orang-orang yang bisa membawa banyak tahanan perang.

Dari semua pasukan di Aztec, merekalah yg paling ditakuti. Sebutan untuk mereka adalah “The Shorn Ones” mereka lebih ganas dari Jaguar Warriors, tidak pernah mundur dari perang dan saling melindungi sesama sampai mati.

Suku Aztec terkenal kejam dalam pertempuran. Mereka biasanya berpakaian seperti binatang elang atau jaguar. Mereka menggunakan senjata yang sangat primitif seperti clubs dan busur dengan sangat efektif.

Cuachicqueh adalah prajurit yang bersumpah tidak akan mundur bila musuh datang. Mereka akhirnya dikalahkan oleh Spanyol dengan senjata modern yang jauh lebih baik.

#9. Mongol Warriors

10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada

Mongol dianggap barbar dan liar. Mereka mendominasi daerah Eropa dan Asia dan paling terkenal dengan pasukan berkuda yang dipimpin oleh salah satu komandan militer besar dunia, Genghis Khan.

Mereka sangat disiplin dan mahir dalam menggunakan busur dan panah di atas punggung kuda. Mereka menggunakan busur komposit yang bisa menembus melalui baju besi dan juga cukup mahir dengan tombak dan pedang.

Mereka ahli perang psikologis dan intimidasi, dan membangun salah satu imperium terbesar di dunia yang pernah ada.

#8. Knights Templar

10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada

Knights Templar atau The Order of the Temple adalah pasukan terkenal dari militer barat. Dibuat pada perang salib pertama 1096 yang bertujuan menjaga keamanan umat Kristen yg berziarah ke Jerusalem.

Didukung secara resmi oleh Roman Catholic Church, perkumpulan ini disukai oleh masyarakat dan semakin bertambah anggota juga kekuasaannya.

Ciri mereka bisa diliat dari baju putih dan salib berwarna merah dan mereka adalah prajurit yang paling memiliki skill berperang selama perang salib. Anggota yg tidak ikut berperang akan memegang peranan di pembangunan ekonomi.

Bagi mereka, meninggal dalam perang adalah hal terbaik. Mereka tidak boleh meninggalkan perang selama bendera Templar masih berdiri. Reputasi mereka diakui karena keberanian, latihan dan perlengkapan berat mereka.

Mereka adalah prajurit termahal, prajurit paling terlatih, dan memiliki baju besi, senjata dan kuda untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh Raja.

Mereka adalah tentara yang sangat efektif yang telah berlatih selama hidup mereka.

#7. Roman Legion

10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada

Tulang punggung tentara Romawi yang menuju ke sebuah kerajaan yang tak tertandingi dalam hal ukuran dan kekuatan. Mereka biasanya infanteri berat dengan baju besi dan perisai model setelah Yunani kuno.

Mereka adalah prajurit kombinasi ahli pedang, tombak dan perisai. Mereka terdiri dari para prajurit mahal yang mampu membuat senjata terbaik dan baja. Mereka disiplin, baik bersenjata, dan strategi besar yang berlangsung di luar kerajaan mereka.

#6. Apache

10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada
Apache seperti ninja dari Amerika. Mereka akan menyelinap dari belakang musuh dan menggorok tenggorokan musuh disadari. Mereka menggunakan senjata primitif yang kebanyakan terbuat dari kayu dan tulang. Mereka juga mahir dalam memakai senjata pisau dan melempar kapak.

Tidak ada peraturan berperang buat pasukan Apache, intinya kalau ada musuh, mereka akan membunuhnya. Taktik mereka adalah gerilya, mereka akan menunggu musuh dekat dengan mereka lalu saat itu mereka akan berteriak dan mulai membunuh.

Motto mereka adalah, begitu kita menginjak bumi, kita adalah warriors. Dengan menunggang kudanya, mereka adalah terror pada abad 18 di dataran Amerika.

Bagi suku Sioux, berperang adalah jalan kebenaran bagi pria. Dan berperang merupakan dasar penting dalam suku Sioux, lewat itu mereka bisa mendapatkan penghargaan, kebanggaan dan status yg baik bagi keluarga.

The Cheyenne, atau lebih dikenal The Dog Warriors or Dog Men yg dipimpin oleh The Dog Soldiers. Mereka menamakan ini karena menurut legenda suku Cheyenne, mereka adalah anjing-anjing yg berubah menjadi warriors. Cheyenne Dog Soldiers sangat berani dan mulia, saat desa mereka diserang, mereka akan menaruh sabuknya ke tanah untuk menunjukan bahwa mereka tidak akan lari dan akan membela sukunya sampai mati.

#5. Samurai

10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada

Samurai adalah ksatria dari Jepang dan tuan dari katana. Mereka adalah tentara bersenjata berat dan memakai baju besi dan bersedia mati untuk tuannya. Mereka memegang pedang paling tajam di dunia dan dengan mudah bisa memotong musuh dalam dua kali gerakan.

Mereka juga master dari Yumi (busur) dan menjadi salah satu penembak terbaik dunia. Mereka adalah prajurit profesional dan terlatih dan berjuang keras untuk mendapatkan kehormatan.

Karena kebiasaan kekerasan yang mereka perbuat, para petani bangkit melawan mereka dan lahirlah Ninja.

Term “Samurai” berarti “orang yg melayani dengan sepenuh hati dan mulia”. Samurai yg tidak memiliki tuan disebut ronin. Kebanyakan samurai memiliki kode etik harga diri yg tinggi yg disebut juga Seppuku atau Harakiri, dimana seorang samurai yg terlanjur malu bisa memperoleh harga dirinya lagi dengan bunuh diri.

Kemampuan perang mereka bervariatif, tapi karena jiwa loyal dan harga diri yang tinggi menjadikan mereka individu yg mematikan.

#4. Ninja

Ninja merupakan mata-mata profesional di zaman ketika para samurai masih memegang kekuasaan tertinggi di pemerintahan Jepang, abad ke-12.

Pada abad ke-14, pertarungan memperebutkan kekuasaan semakin memanas, informasi tentang aktivitas, dan kekuatan lawan menjadi penting, para Ninja pun semakin aktif.

Para Ninja dipanggil oleh Daimyo (orang yang memiliki pengaruh besar di suatu wilayah) untuk mengumpulkan informasi, merusak, dan menghancurkan gudang persenjataan ataupun gudang makanan, serta untuk memimpin pasukan penyerbuan di malam hari. Karena itu Ninja memperoleh latiham khusus.

Ninja tetap aktif sampai Zaman Edo (1600-1868), dimana akhirnya kekuasaan dibenahi oleh pemerintah di Zaman Edo.

Ninja sangat ahli dalam teknik stealth dan sabotase. Mereka awalnya adalah kumpulan petani yang dilatih untuk mengalahkan para samurai perampok, tapi akhirnya menjadi pembunuh legendaris.

Mereka dikenal dengan menggunakan pedang katana, sumpitan, Shuriken, dan kusarigama yang akan menjadi senjata pilihan. Mereka dikenal sebagai prajurit bayangan yang bersembunyi di malam hari. Mereka biasanya membunuh secara diam-diam. Mereka juga seniman bela diri besar yang menjalani pelatihan keras.

#3. Vikings

10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada

Viking, penteror dari Eropa. Prajurit yang paling ditakuti dunia kuno. Mereka menteror Eropa dengan serangan mereka dan juga merampok. Mereka ganas dalam pertempuran dan menggunakan senjata yang sesuai tinggi badan mereka. Mereka besar dan sesuai menggunakan kapak mereka, pedang, dan tombak.

Mereka ahli dalam menaklukkan kota. Bahkan agama mereka hanyalah perang dan mereka percaya bila mati dalam suatu perang, maka akan hidup di tengah perang yang tak akan usai.

Mereka semua akan menjadi tentara yang sangat tangguh, terbukti dari kehebatan mereka dalam menghancurkan target mereka.

#2. Spartans

10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada

Spartan Army adalah orang-orang yang memang dibuat menjadi tentara. Pada umur 7 tahun mereka akan diambil dari orangtua mereka, lalu dikumpulkan di sebuah Camp Militer/Agoge.

Mereka akan mengalami kekerasan hidup, kurang makan dan pakaian, ini membuat mereka menjadi pencuri, jika tertangkap mereka akan dihukum, bukan karena mencuri tapi karena tertangkap.

Mereka juga saling diadu dalam pertandingan, mereka juga diajarkan membaca, menulis juga lagu-lagu. Umur 12, mereka akan makin disiksa dan diberi tugas-tugas berat. Umur 18, mereka menjadi pelatih bagi yang lebih muda, yang berbakat akan mendapat pelatihan yg lebih. Umur 20 mereka akan bergabung dgn Spartans, yg tidak qualified akan menjadi pasukan regular.

Tugas militer mereka akan selesai di umur 60 tahun, namun terkadang juga masih ikut berperang jika kekurangan orang. Mereka adalah orang-orang yg lahir untuk berperang.

Ibu-ibu mereka yg akan memberikan tameng kepada mereka dan mengatakan “Return with it or carried on it!” saat mereka pergi berperang.

..artinya : kembali dengan tameng itu atau mati dan dibawa dengan tameng tersebut.

Budaya Spartan ialah semua tentang perang dan pelatihan militer pria seumur hidup mereka. Mereka adalah beberapa prajurit paling tangguh di dunia yang pernah dilihat dan telah menjadi terkenal karena pertahanan terakhir mereka pada pertempuran Thermopylae.

Mereka adalah master dalam perisai dan tombak yang kemudian ditiru oleh tentara lainnya.

#1. Mamluks, Egyptian Elite

Inilah 10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada Di Dunia

Mamluks merupakan para prajurit budak yang masuk Islam dan melayani para khalifah Islam di bawah dinasti Ayyubid (1240-1249 M) selama abad pertengahan dan merupakan tulang punggung dari militer Mesir.

Setelah Mamluk masuk Islam, banyak yang terlatih sebagai prajurit kavaleri. Mamluk harus mengikuti perintah furusiyya, kode yang mencakup nilai-nilai seperti keberanian dan kemurahan hati, dan juga taktik kavaleri, menunggang kuda, memanah dan perawatan luka, dan lain-lain.

Seiring waktu, mereka menjadi suatu kasta militer yang kuat dan sering mengalahkan pasukan Salib. Lebih dari sekali, mereka merebut kekuasaan untuk diri mereka sendiri, misalnya, Mesir berkuasa di Kesultanan Mamluks 1.250-1.517.

Setiap sultan dan emir-emir memiliki pasukan pribadi dan Sultan as-Salih Ayyub benar-benar mengandalkan mereka. Pasukan Mamluks yang beliau miliki sekitar 800-1000 pasukan berkuda, dan dinamakan Bahris, diambil dari bahas Arab “bahr”, artinya laut atau sungai yg besar, karena barak mereka terletak di pulau Rawda di sungai Nil.

Bonus :

Prajurit Terlatih dari Indonesia :

Bhayangkara , Majapahit Elite Army

Inilah 10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada Di Dunia

Bhayangkara merupakan pasukan elit kerajaan Majapahit. Dibawah komando Gajah Mada, Majapahit menaklukan banyak teritori dan menjadi salah satu kerajaan penting.

Dari buku Nagarakertagama Pupuh (Canto) XIII and XIV dikatakan wilayahnya meliputi Sumatra, Malay Peninsula, Borneo, Sulawesi, Nusa Tenggara islands, Maluku, New Guinea, dan sebagian Philippines.

Majapahit merupakan kerajaan terluas dan paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia. Juga sebagai pusat perdagangan penting di Asia.

Di tangan Gajah Mada, Kesatuan Bhayangkara menjadi kekuatan sipil yang sangat berpengaruh pada zamannya. Sehingga keselamatan para raja dan keluarganya berada mutlak di bawah kewenangan dan tanggung jawab Kesatuan Bhayangkara.


Baca Juga:

    Kesatuan Bhayangkara, sebagai kekuatan sipil telah memberikan kepercayaan yang sangat kuat di hati masyarakat, sebagai pengayom dan pelindung rakyat.

    Dayak Warrior

    Inilah 10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada Di Dunia

    Penyebab yang membuat pihak penjajah gentar itu adalah anak sumpit yang beracun.

    Sebelum berangkat ke medan laga, prajurit Dayak mengolesi mata anak sumpit dengan getah pohon ipuh atau pohon iren.

    Dalam kesenyapan, mereka beraksi melepaskan anak sumpit yang disebut damek.

    “Makanya, tak heran penjajah Belanda bilang, menghadapi prajurit Dayak itu seperti melawan hantu,” tutur Pembina Komunitas Tarantang Petak Belanga, Chendana Putra, di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

    Tanpa tahu keberadaan lawannya, tiba-tiba saja satu per satu serdadu Belanda terkapar, membuat sisa rekannya yang masih hidup lari terbirit-birit. Kalaupun sempat membalas dengan tembakan, dampak timah panas ternyata jauh tak seimbang dengan dahsyatnya anak sumpit beracun.

    Tak sampai lima menit setelah tertancap anak sumpit pada bagian tubuh mana pun, para serdadu Belanda yang awalnya kejang-kejang akan tewas.

    Itulah 10 Prajurit Terlatih Yang Pernah Ada Di Dunia..

    Share jika bermanfaat..

    About OmKepo 73 Articles
    OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

    Be the first to comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.