7 Tips Memilih Pisau Dapur Bagus Dengan Kualitas Terbaik

Tips Memilih Pisau Dapur Bagus Dengan Kualitas Terbaik

Tips Memilih Pisau Dapur Bagus Dengan Kualitas Terbaik | omkepo.com – Memiliki pisau dapur yang bagus pastinya menjadi idaman setiap ibu rumah tangga, apalagi seorang koki handal ataupun hanya sekedar juru masak saja. Dengan menggunakan pisau kualitas terbaik, tentunya pekerjaan dapur Anda menjadi lebih mudah dan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dapur Anda.

Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang Tips Memilih Pisau Dapur Bagus Dengan Kualitas Terbaik.

Memilih pisau dapur yang bagus memang bukan menjadi perkara mudah, apalagi bagi seorang pemula. Banyaknya pilihan pisau dapur di pasaran malah sering kali membuat bingung sendiri.

Untuk mendapatkan pisau dapur yang bagus, saat ini tidak perlu menghabiskan biaya besar. Karena sekarang banyak bermacam-macam pisau  yang dijual banyak tempat. Anda bisa membelinya di toko peralatan dapur atau secara online.

Saat ini banyak toko yang menjual pisau dapur dengan berbahan paduan baja, karbon dan aloy. Yang dulunya hanya digunakan oleh koki profesional kini bisa Anda gunakan di rumah.

Tips Memilih Pisau Dapur Bagus Dengan Kualitas Terbaik

Berikut ini tips memilih pisau dapur yang bagus dengan kualitas terbaik..

#1. Kenali Jenis Pisau Dapur Yang Anda Butuhkan

Pisau dapur memiliki berbagai jenis, tergantung dari kebutuhannya masing-masing.

Pisau Koki (Chef’s Knife)

Tips Memilih Pisau Dapur Bagus Dengan Kualitas Terbaik

Pisau jenis ini digunakan untuk hampir semua jenis pekerjaan di dapur, seperti memotong atau mengiris sayuran juga bisa untuk memotong daging dan lainnya.

Ukuran standardnya sekitar 8 inchi dengan lebar kurang lebih 1,5 inchi.

Pisau jenis ini merupakan pisau yang wajib Anda miliki.

Pisau Pengupas (Paring Knife)

Tips Memilih Pisau Dapur Bagus Dengan Kualitas Terbaik

Hampir mirip dengan pisau koki, namun bentuknya kecil berukuran sekitar 4 inchi dan berbentuk mirip segitiga.

Pisau jenis ini berguna untuk mengupas tipis kulit buah, sayuran, membelah jeruk atau membersihkan udang.

Pisau Fillet (Filleting Knife)

Tips Memilih Pisau Dapur Bagus Dengan Kualitas Terbaik

Pisau ini berguna untuk memotong tipis daging unggas atau ikan yang tidak bertulang.

Pisau yang sangat tajam, tipis dan fleksibel ini berukuran sekitar 4 sampai 6 inchi.

Pisau Besar atau Golok (Cleaver)

Tips Memilih Pisau Dapur Bagus Dengan Kualitas Terbaik

Cleaver biasanya digunakan untuk memotong daging. Pisau besar ini memiliki ukuran sekitar 6 sampai 8 inchi dengan lebar sekitar 3 inchi.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis pisau dapur yang tersedia di pasaran, namun untuk ibu rumah tangga, tentunya tidak semua dibutuhkan.

Setelah mengetahui jenis-jenis pisau dapur, selanjutnya mengenal bahan pembuatnya..


#2. Bahan Pisau Dapur

Pisau dapur memilik bahan pembuat yang berbeda-beda. Beda bahan tentunya beda pula karakteristiknya, mulai dari ketajaman, daya tahan terhadap korosi dan cara merawatnya.

High Carbon Stainless Steel

Pisau dapur yang baik terbuat dari baja atau campuran baja dengan karbon, biasa disebut high carbon stainless steel. Pisau ini tajam dan tahan terhadap karat. Awalnya pisau ini hanya dipakai oleh koki profesional, namun sekarang sudah banyak tersedia untuk penggunaan rumah tangga.

Stainless Steel

Pisah dapur dengan bahan baja saja (tidak ada campuran karbon), tahan terhadap karat namun karakteristiknya kurang tajam.

Pisau dengan bahan stainless steel tampak berkilau, apabila kelihatan kurang berkilau, artinya pisau tersebut lebih rentan terhadap karat.

Keramik

Saat ini mulai banyak ditemui pisau dengan bahan dari keramik. Pisau jenis ini sangat keras dan tahan terhadap karat. Namun kelemahannya, pisau ini mudah pecah jika tidak ditangani dengan baik.

Plastik

Selain bahan di atas, ada juga pisau yang terbuat dari plastik. Biasanya pisau ini digunakan untuk memotong makanan yang tidak membutuhkan karakter pisau yang tajam seperti memotong buah, sayuran atau kue yang lunak.

#3. Pegangan Pisau

Pilihlah pegangan pisau yang nyaman untuk digenggam. Anda bisa memilih pegangan yang terbuat dari kayu agar tidak mudah lepas meskipun tangan dalam keadaan basah.

Jika tidak terbuat dari kayu, pilihlah bahan yang memiliki tektus tidak licin.

Cobalah untuk menggenggam pegangan pisau dengan kuat dan berlama-lama, apabila terasa sakit, pertimbangkan untuk memilih pisau yang lain.

#4. Kelurusan

Sebelum membeli pisau, teliti dulu kondisi pisau seperti kelurusannya. Pisau yang baik harus memiliki hasil potongan yang lurus sesuai dengan arah tekanan ketika memotong.

Cara mengujinya adalah dengan memegang pisau dengan posisi ujung pisau berada lurus di didepan. Bidik tepat dari belakang gagang pisau, apabila ujung pisau tidak terlihat maka bisa dipastikan pisau benar-benar lurus. Tetapi apabila sebaliknya, ujung pisau terlihat bahkan badan pisau kelihatan, bisa dipastikan pisau tersebut tidak lurus dan hasil potongannya akan miring.

#5. Ujung Pisau Chopper/Sayuran.

Untuk pisau jenis pemotong sayuran atau bawang, pilih model pisau yang ujungnya runcing dan mata pisaunya sedikit melekuk ke atas. Hal ini bertujuan agar nyaman saat dipakai untuk memotong sayuran.

Choppingnya dilakukan dengan cara mengayunkan pisau naik turun bertumpu pada lekukan tersebut, atau mengiris pake ujung pisau sambil ditekan di talenan dan digeser kebelakang.

Dengan cara ini akan didapat hasil yang lebih cepat dan rapi dengan ketebalan yang nyaris seragam.

Pilih juga pisau yang cukup lebar dan tebal, karena bisa digunakan untuk memipihkan bawang.

#6. Coba Pisau Sebelum Membeli

Cobalah pisau sebelum membeli. Rasakan penggunaannya, baik keseimbangan pisau, berat maupun ketajamannya.

Jika Anda membeli secara online, pastikan pisau tersebut memiliki review yang bagus dari pengguna.

#7. Ketahui Cara Merawat Dan Membersihkan Pisau

Sebagus apapun pisau apabila tidak dirawat tentunya akan cepat rusak, terutama pisau daging. Lebih cepat tumpul daripada pisau sayur ataupun buah.

Bersihkan pisau setelah penggunaan kemudian langsung keringkan. Hal ini bertujuan untuk mencegah datangnya jamur atau bakteri pada pisau.

Untuk penggunaan sehari-hari, cukup dicuci bersih menggunakan sabun dan air bersih setelah penggunaan, namun jika ingin disimpan lama, setelah dicuci sebaiknya oleskan minyak goreng tipis saja. Bungkus rapat bilah pisau dengan kain kemudian simpan ditempat yang aman.

Demikian 7 Tips Memilih Pisau Dapur Bagus Dengan Kualitas Terbaik,

Semoga bermanfaat..

About OmKepo 73 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.