Cara Membedakan Es Batu Air Mentah dan Air Matang

Cara Membedakan Es Batu Air Mentah dan Air Matang

Cara Membedakan Es Batu Air Mentah dan Air Matang | omkepo.com РMinum dengan es batu memang lebih segar dan bisa menghilangkan dahaga. Namun tahukah sobat banyak warung makanan yang nakal menghidangkan minuman segar tapi es batunya terbuat dari air mentah?

Jika es batu terbuat dari air mentah tentu berbahaya, karena banyak mengandung bakteri Escherichia Coli (E Coli) yang bisa menyebabkan masalah serius bagi pencernaan sobat. Apalagi dari air kotor yang hanya diberi pemutih.

Jadi, kita harus jeli dalam membedakannya, periksa ciri-ciri es batu sebagai berikut :

Cara Membedakan Es Batu Air Mentah dan Air Matang

Es Batu Dari Air Mentah

img source : blogspot

Es batu yang terbuat dari air mentah terlihat berwarna putih layaknya susu. Hal tersebut dikarenakan masih banyak gas atau oksigen yang berada didalamnya.

Kebanyakan es batu yang terbuat dari air mentah ini adalah berupa es balokkan atau es dalam bungkusan plastik.

Es balok ini sudah pasti sangat berbahaya untuk dikonsumsi dan tidak baik untuk kesehatan. Apalagi bila air untuk membuat es batu ini diambil dari air sungai yang tercemar.

Es Batu Dari Air Matang

img source : NatGeo

Sementara itu es yang terbuat dari air matang akan terlihat bening. Hal tersebut dikarenakan gas di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan terjadi.

Selain itu ketika pendinginan terjadi sedikit gas yang terperangkap dalam es karena kandungan udara dalam air berkurang.

Es semacam ini biasanya disebut sebagai es kristal atau ice cube.


Es kristal ini memiliki bentuk seperti pipa dan berlubang, selain itu sekarang ini sudah banyak dijumpai di berbagai restoran. Es batu jenis ini aman dikonsumsi dan tidak beresiko memiliki kandungan bakteri didalamnya karena air yang dipakainya adalah air matang.

Disadur dari wawancara okezone.com dengan Chef Indra, Executive Chef Hotel Ibis Mangga Dua.

Demikian Cara Membedakan Es Batu Air Mentah dan Air Matang.

Share jika bermanfaat..

About OmKepo 73 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.