11 Penyebab Munculnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Munculnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

11 Penyebab Munculnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya | omkepo.com – Pernah nonton film kungfu panda kan? Hewan lucu yang jago kungfu dengan profil muka yang khas, yaitu ada lingkar hitam di sekitar mata.

Bayangan hitam ini seringkali disebut dengan lingkar mata panda. Tapi jadi gak lucu kan kalau kamu mempunyai lingkar mata seperti panda? ^_^

Tentunya kantung mata dan lingkar mata panda akan dapat merusak penampilan. Bila dibiarkan tanpa perawatan maka akan semakin menebal dan semakin terlihat jelas.

Penyebab umumnya terjadi karena kurang tidur, bertambah usia, mata yang lelah karena aktifitas berat, stress atau faktor keturunan. Jika sudah menjaga pola tidur dengan benar namun kantung dan mata panda masih sulit untuk dihilangkan, dan berkepanjangan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan kemungkinan penyebabnya.


Penyebab Munculnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Munculnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Mari sekarang kita bahas lebih rinci apa saja yang menjadi penyebab kantung mata dan mata panda.

#1. Keturunan

Salah satu penyebab kantung mata adalah faktor keturunan yang diwariskan dari orangtua. Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk menghilangkan mata panda dan kantong mata. Namun karena faktor keturunin ini, kamu harus siap untuk tidak terlalu berhasil ketika mencoba untuk menghilangkannya.

#2. Pertambahan usia

Pada umumnya,  pertambahan usia menjadi penyebab utama timbulnya mata panda dan kantong mata. Ketika umur bertambah, kulit kehilangan cadangan kolagen dan lemak sehingga rongga mata bagian bawah akan terlihat cekung. Hal ini menyebabkan pembuluh darah di bawah mata menjadi semakin jelas terlihat dan memicu timbulnya warna gelap dan kantong mata.

#3. Alergi

Alergi tertentu dapat menyebabkan bertambahnya aliran darah ke daerah sinus. Bahkan bisa muncul sejak usia anak-anak. Biasanya alergi kulit ini menyebabkan gatal di sekitar mata, yang apabila digaruk akan menyebabkan kulit menjadi gelap sebagai mekanisme perlindungan tubuh.

#4. Kurang tidur

Istirahatlah yang cukup, biasakan tidur selama delapan jam sehari. Selain dapat mencegah lingkaran hitam pada mata, kebiasan ini bisa membuat tubuh anda selalu fit. Jika kamu sudah sedang stres atau menderita insomnia atau apnea tidur, kulit pada bagian bawah mata akan terlihat berkantung dan lebih gelap, hal ini mencerminkan bahwa kamu kurang tidur.

#5. Menangis

Terlalu sering dan lama menangis juga bisa menyebabkan munculnya kantung pada mata, karena menangis bisa membuat cairan terperangkap di bagian bawah mata.

#6. Hidung tersumbat

Hidung tersumbat dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata karena pembuluh dan jaringan darah di bagian hidung membesar karena cairan, sehingga menyebakan urat darah halus dibawah mata menjadi gelap.

#7. Penyimpangan pigmentasi

Kelebihan pigmentasi bisa menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Apabila ditekan warna hitamnya tidak hilang, mungkin ada yang tidak beres dengan kondisi pigmennya.

#8. Dehidrasi

Kekurangan cairan akan menyebabkan gangguan sirkulasi darah, yang secara signifikan dapat mempengaruhi pembuluh darah di bawah mata. Akhirnya, kantung dan mata panda akan mulai muncul.

#9. Terkena Paparan sinar matahari

Walaupun bukan merupakan faktor terpenting yang menyebabkan lingkaran hitam, namun aktifitas di ruangan yang terlalu lama di bawah paparan sinar ultra violet dapat meningkatkan produksi melanin yang menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap.

#10. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat, asupan gizi yang kurang, minuman beralkohol, minum kopi, merokok, dan kurang olahraga bisa menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan perubahan warna kulit di bawah mata.

#11. Kekurangan Zat Besi

Khusus untuk ibu hamil atau ketika menstruasi, kulit akan lebih pucat karena kekurangan zat besi. Akibatnya pembuluh darah akan lebih terlihat dari permukaan kulit, dan bisa saja disalahartikan sebagai lingkaran hitam.

Untuk mengatasinya konsumsilah sayuran hijau, daging, unggas, ikan, kacang-kacangan, roti gandum dan pasta yang diperkaya zat besi.

Berikut 11 Tips Mengurangi Kantung Mata Dan Lingkaran Hitam

Kantung mata atau lingkaran hitam disekitar mata yang biasa disebut mata panda ini memang sangat mengganggu penampilan, sehingga banyak orang terutama wanita ingin menghilangkannya.

Mata panda sebenarnya bukan merupakan masalah kesehatan yang serius, namun beberapa ahli berpendapat munculnya kantung mata bisa menjadi indikator seseorang terserang sebuah penyakit.

Penyebab munculnya kantung mata sendiri cukup beragam. Kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab utama munculnya masalah ini. Menurut para ahli kesehatan, seseorang yang kurang tidur memiliki hormon melanin lebih banyak. Hormon inilah yang bisa memicu munculnya mata panda dan penuaan dini.

Selain kurang tidur, beberapa kondisi lain seperti anemia, dehidrasi, terpapar sinar matahari, alkohol, merokok, dan penggunaan make up berlebihan juga bisa dikaitkan sebagai penyebab mata panda.


Lantas bagaimana cara menghilangkan kantung mata itu ya?

#1. Tidur Secukupnya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab adanya kantung mata adalah karena kurang tidur. Tidurlah yang cukup setidaknya 7 s.d 8 jam sehari, jangan berlebihan juga jangan kekurangan.

Para pekerja malam seperti penulis, programmer, editor, auditor, illustrator, dan wartawan biasanya rentan terserang kondisi mata berkantung ini karena pekerjaannya yang menguras waktu hingga malam.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi kantung mata, cara yang paling tepat adalah mengatur waktu tidur agar seimbang dan secukupnya.

#2. Hindari Stress

Stress adalah keadaan dimana seseorang mengalami banyak masalah yang selalu menjadi beban pikiran. Stress yang berlebihan juga bisa menyebabkan mata berkantung. Oleh sebab itu, sebesar apapun masalah yang sedang kita hadapi, sebaiknya jangan terlalu dipikirkan dalam-dalam atau sewajarnya saja, karena hal itu akan mengganggu penampilan kita terutama wajah.

Cobalah untuk selalu berpikir positif, perbanyak berolah raga, lakukan hobimu, mendengarkan musik agar dapat mengurangi tingkat stress yang kamu alami.

#3. Gunakan Cream Pelembab Mata

Faktor usia memang tidak bisa dibohongi. Bertambahnya usia artinya berkurangnya elastisitas kulit terutama pada kulit wajah. Lihat saja, anak kecil tidak pernah mengalami masalah dengan kantung mata, sedangkan orang dewasa hingga tua sudah bisa dipastikan memiliki kantong mata.

Untuk meminimalisir penuaan, sebaiknya sebelum tidur gunakan krim mata, oleskan di daerah sekitar mata untuk menjaga elastisitas kulit.

#4. Gunakan Mentimun

Irisan mentimun cukup ampuh untuk menghilangkan kantung mata, karena mentimun memiliki sifat astrigen yang berguna untuk melancarkan peredaran darah pada lapisan permukaan kulit.

Cara menggunakannya :

  • Iris mentimun tipis-tipis, sekitar 1/2 cm;
  • Sambil tiruan, tempelkan irisan mentimun pada bagian mata;
  • Diamkan selama 30 menit, rileksasikan pikiran dan lakukan secara teratur.

Hal tersebut dipercaya bisa mengurangi kantong mata.

#5. Kompress Dengan Es Batu

Mengompres mata dengan es batu juga salah satu cara dan terbukti cukup efektif untuk mengurangi kantung mata. Menurut hasil penelitian, sifat es yang dingin ternyata mampu memberikan kesegaran pada kulit.

Cara menggunakannya :

  • Siapkan es batu secukupnya;
  • Balut es batu dengan kain lembut, kemudian letakkan dibagian kantung mata;
  • Jika kantung mata sudah cukup parah, kamu bisa langsung meletakkan es batu tanpa bantuan kain.
  • Lakukan secara rutin sebelum tidur malam hari.

#6. Air Putih

Lagi-lagi air putih dipercaya untuk mengatasi segala macam jenis penyakit. Salah satunya adalah kantung mata. Karena tubuh kita terdiri dari 75% air, sehingga air putih sangat dibutuhkan untuk kesegaran tubuh.

Untuk menghilangkan kantung mata, banyak-banyaklah minum air putih minimal 8 gelas perhari secara teratur.

#7. Masker Kentang

Sama seperti irisan mentimun, kentang juga dianggap mampu untuk mencegah munculnya kantung mata. Kentang juga bisa mencegah terjadinya penuaan dini dan kerutan pada wajah.

Khasiat kentang ini karena adanya asam nitrat dan asam fosfat cukup tinggi yang terkandung pada umbi kentang. Kandungan tersebut terbukti mampu untuk mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru.

Cara menggunakannya :

  • Kupas satu buanh kentang kemudian haluskan;
  • Bungkus halusan kentang tersebut dengan kain tipis dan lembut;
  • Bersihkan wajah dengan sabun, kemudian gunakan bungkusan untuk mengkompress mata selama 30 menit;
  • Lakukan secara rutin sebelum tidur dan bangun tidur di pagi hari.

#8. Masker Bengkoang

Bengkoang mengandung vitamin C dan B1 yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami. Kandungan airnya yang tinggi juga dipercaya dapat membantu menghilangkan kantung mata secara alami.

Cara penggunaannya sama dengan cara penggunaan masker kentang.

#9. Kantung Teh

Kandungan tanin pada teh ternyata mampu untuk menyempitkan pori-pori kulit dan mengencangkannya secara alami. Dengan penggunaan secara rutin, bisa membuat matamu terlihat lebih segar.

Cara menghilangkan kantung mata dengan kantung teh :

  • Siapkan dua buah kantung teh bekas pakai;
  • Celupkan ke dalam air dingin selama kurang lebih 10 menit;
  • Tempelkan kantung teh tadi ke area mata, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

#10. Minyak Almond

Minyak almond memiliki kandungan mineral penting alami yang cukup lengkap seperti kalsium, magnesium, asam folat dan kolagen. Kandungan kolagen inilah yang mampu mengencangkan area di sekitar mata sehingga dapat mengurangi kantong mata yang menghitam.

Cara menggunakan :

  • Siapkan minyak almond secukupnya;
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan minyak almond secara merata pada area mata;
  • Pijat dengan lembut agar minyak meresap kurang lebih selama 10 menit. Lalu diamkan hingga kering;
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih. Lakukan secara teratur.

#11. Putih Telur

Putih telur merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi. Kandungan protein pada putih telur bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit, termasuk untuk mengencangkan kulit secara alami. Dengan menggunakan putih telur ke area sekitar mata, dipercaya dapat menghilangkan kantung mata dengan mudah.

Cara menggunakannya :

  • Pisahkan putih telur dengan kuningnya, kemudia kocok putih telur sampai berbuih;
  • Oleskan di sekitar mata kemudian pijak dengan lembut kurang lebih selama 5 menit;
  • Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan secara teratur setiap hari.

Demikian 11 Penyebab Munculnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya.

Semoga bermanfaat.

Jangan lupa di share ya..

About OmKepo 73 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.