20+ Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur | omkepo.com – Tidur mendengkur merupakan suatu gejala terjadinya gangguan tidur yang sangat serius, namun banyak orang beranggapan bahwa mendengkur adalah tanda bahwa seseorang tertidur sangat nyenyak.

..tentunya ini anggapan yang salah.

Gangguan tidur atau mendengkur dalam istilah kedokteran disebut Sleep Apnea. Bila kondisi ini dialami oleh seseorang dalam jangka waktu yang cukup lama maka akan menyebabkan berbagai penyakit seperti :

  • hypertensi;
  • penyakit jantung;
  • stroke;
  • bahkan pada kondisi tertentu gangguan tidur ini bisa menyebabkan kematian.

Inilah Bahaya Apabila Kamu Mendengkur Saat Tidur

20+ Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Penyebab Tidur Mendengkur

Ada beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan seseorang mendengkur. Berikut ini penyebabnya :

1. Posisi Tidur Terlentang

Salah satu penyebab tidur mendengkur adalah tidur dengan posisi terlentang. Pada saat tidur terlentang, kondisi gaya berat tubuh tertumpu pada bagian saluran udara pada tenggorokan.

Hal ini mengakibatkan tertekannya saluran udara pada tenggorokan yang menimbulkan suara berat dan sesak seperti mendengkur.

2. Ada Gangguan di Tenggorokan

Kondisi mendengkur seringkali dialami oleh orang yang memiliki masalah dengan amandel. Ukuran amandel yang membesar dalam tenggorokan bisa mengakibatkan menyempitnya saluran pernafasan.

Hal ini akan mengakibatkan seseorang jadi tidur mendengkur.

3. Ada Gangguan di Hidung

Ketika mulut tertutup dan hidung tersumbat karena flu, demam, atau folip, kemungkinan seseorang untuk mengalami kondisi tidur mendengkur semakin besar.

Pada kondisi ini, si penderita harus menarik dan membuang udara dengan kuat agar bisa bernafas, kondisi inilah yang sering membuat seseorang jadi tidur mendengkur.

4. Berat Badan Berlebih

Semakin bertambah berat seseorang maka timbunan lemaknya juga akan bertambah, timbunan lemak ini juga meningkat pada bagian leher yang akhirnya dapat menekan dan menghambat saluran udara di tenggorokan.

5. Bertambah Usia

Semakin bertambah umur seseorang dapat membuat otot-otot dan jaringan saluran aliran udara di tenggorokan mengalami penurunan kelenturan.

Ini juga terjadi pada wanita menopouse yang kekurangan hormon progesterone dalam tubuhnya dan mengakibatkan otot-ototnya kehilangan kelenturan.

6. Penggunaan Obat Penenang, Merokok, dan Kelelahan

Orang yang menggunakan obat penenang otot-ototnya akan mengendur karena obat-obatan tersebut menekan syaraf pusat.

Otot-otot yang mengendur akhirnya akan menyebabkan orang mendengkur waktu tidur.

Itulah 6 penyebab yang bisa mengakibatkan seseorang jadi tidur mendengkur.

Bahaya Mendengkur Saat Tidur

Jangan sepelekan jika Anda mengalami kondisi tidur yang mendengkur. Menurut hasil penelitian, mendengkur bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan oleh gangguan tidur mendengkur (ngorok) :

#1. Tekanan Darah Tinggi

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Journal of Clinical Sleep Medicine bulan Agustus 2014 menunjukkan bahwa tingkat keparahan sleep apnea berhubungan erat dengan peningkatan tekanan darah yang sulit dikontrol.

Artinya semakin besar gangguan tidur (sleep apnea) pada seseorang maka akan semakin berat juga tekanan darah pada orang tersebut.

Walau penderita hipertensi sudah mengonsumsi lebih dari tiga macam obat anti-hipertensi, tekanan darahnya masih tetap sulit dikontrol. hipertensi yang diderita seolah membandel.

Kondisi yang sering disebut sebagai resistant hypertension ini berkaitan erat dengan derajat keparahan sleep apnea.

#2. Stroke

Stroke merupakan penyebab kematian nomor tiga di dunia. Di Indonesia, menurut data tahun 2013, sebanyak 12,1 orang dari 1000 penduduk mengalami stroke.

Penyebab stroke bukan hanya penyakit kronis seperti hipertensi atau diabetes, tapi juga kebiasaan mendengkur.

Gangguan tidur (sleep apnea) karena mendengkur mengakibatkan terjadinya peningkatan kekentalan darah pada penderita dan pada akhirnya dapat meningkatkan resiko seseorang terkena stroke.


Berdasarkan peneltian yang diterbitkan oleh jurnal Clinics, Brasil di tahun 2008 menyatakan bahwa perawatan sleep apnea pada pasien stroke akan memperbaiki kadar oksigen, arsitektur tidur dan indeks henti nafas.

Perbaikan ini akan mencegah terjadinya serangan stroke berulang.

#3. Penyakit Jantung

Pada saat seseorang pendengkur tidur, ada saat dimana dengkuran suara berisik terhenti, dan nafas tampak berat. Saat ini saluran nafas tersumbat, dan penderita seolah tercekik dalam tidur.

Dalam kondisi tersebut oksigen turun drastis. Karena sesak, penderita akan tersedak untuk mengambil nafas tiba-tiba. Jika dilihat gelombang otak tidurnya, pendengkur terbangun singkat tanpa terjaga.

Proses terbangun-bangun dan turun naiknya oksigen akan memicu respon inflamasi yang bersifat merusak bagi kesehatan jantung.

#4. Mengalami Depresi

Seseorang yang tidur dengan mendengkur ternyata memiliki hubungan erat dengan tanda depresi. Seseorang yang tidur dengan choke atau berhenti bernapas dalam tidur, maka orang tersebut cenderung mengalami tanda-tanda dan gejala depresi.

#5. Kerusakan Pada Otak

Orang yang mengalami gangguan tidur akibat mendengkur dapat beresiko mengalami kerusakan permanen pada otak.

Kerusakan ini terjadi pada bagian otak untuk mengontrol ingatan, tekanan darah, dan emosi akibat kurangnya pasokan oksigen saat tidur karena mendengkur.

#6. Diabetes

Gangguan tidur (sleep apnea) juga dapat mengganggu metabolisme yang ada dalam tubuh sehingga tubuh tidak dapat mentoleransi glukosa dan juga resisten terhadap insulin.

Diabetes tipe 2 dikenal sebagai salah satu penyebab utama kematian, hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin dengan efektif.

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada jurnal SLEEP edisi Desember 2012, mendengkur pada wanita ternyata lebih merusak otak dibandingkan pada pria.

Prof. William Dement mengatakan:

“Saya tak dapat menemukan satu pun gangguan kesehatan dalam dunia medis yang demikian umum diderita, sangat mengancam nyawa, mudah dikenali, dan amat mudah dirawat selain sleep apnea!”

Mulai sekarang harus berhati-hati neh buat para pendengkur mania..

Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Namun, bisakah itu disembuhkan? Berikut adalah sepuluh cara mengatasi kebiasaan mendengkur, seperti dilansir indiatimes.com :

1. Posisi Tidur

Tidur dalam posisi yang salah juga dapat menyumbat saluran pernafasan Anda dan kadang-kadang membuat jaringan di belakang lidah tertutup dan membuat mendengkur.

Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan gaya tidur Anda dan pola untuk menyingkirkan mendengkur.

  • Jangan Tidur Telentang
    Dalam posisi ini, lidah Anda dan langit-langit lunak akan menutupi bagian belakang tenggorokan Anda yang akan menimbulkan getaran. Jika Anda mendengkur, lebih baik untuk tidur menyamping. Anda dapat mengambil bantuan bantal tubuh untuk menjaga tidur menyamping. Anda juga dapat menggunakan cara tradisional bola tenis jahit untuk piyama Anda kembali sehingga setiap kali Anda mencoba untuk berbaring telentang, itu membuat Anda bergeser ke sisi.
  • Gunakan Humidifier
    Udara kering juga bisa menyebabkan mendengkur. Sebuah humidifier atau vaporizer uap di kamar tidur Anda akan membantu Anda menjaga saluran udara Anda lembab.
  • Periksa Obat-Obatan Yang Sedang Anda Konsumsi
    Obat-obatan tertentu meningkatkan relaksasi otot yang mengarah ke mendengkur. Jika Anda telah memperhatikan bahwa Anda mendengkur setelah minum obat tertentu, berbicara dengan dokter Anda untuk pengganti atau alternatif.

2. Menurunkan Berat Badan

Obesitas tidak hanya meningkatkan risiko diabetes, tetapi juga menyebabkan gangguan tidur, terutama mendengkur.

Berat badan yang berlebihan dapat mempersempit jalan napas, yang pada akhirnya menimbulkan gesekan di tenggorokan.

3. Gunakan Bantal Tambahan

Mengganjal kepala dengan bantal tambahan di bawah kepala menjadi cara sederhana untuk menghentikan kebiasaan mendengkur.

Bantal tambahan membuat posisi kepala lebih tinggi daripada dada. Cara ini membantu Anda menjaga jalan pernapasan agar tetap lancar.

4. Berhenti Merokok

Merokok dapat menyebabkan gangguan tidur, seperti mendengkur. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya kemampuan tubuh dalam mengolah oksigen. Akibatnya, saluran pernapasan Anda jadi lebih rentan tersumbat.

Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk mengurangi kebiasaan mendengkur.

5. Hindari Alkohol Dan Obat Penenang

Alkohol dan obat penenang bisa menimbulkan gangguan tidur, seperti insomnia dan mendengkur.

Konsumsi alkohol sebelum tidur akan meningkatkan risiko mendengkur. Ini dikarenakan saluran napas Anda merasa rileks saat tidur.

6. Mengatur Waktu Tidur

Tidur sangat penting bagi kesehatan. Ikuti pola tidur yang teratur, minimal 8 jam sehari.

Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat menciptakan harmonisasi dalam tubuh Anda.

7. Olahraga

Olahraga dapat memperkuat otot, meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah. Olahraga secara rutin dapat membantu mengatur pola tidur.

Setidaknya, lakukan olahraga rutin selama 30 menit setiap hari untuk mengurangi kebiasaan mendengkur.

8. Hindari Dehidrasi

Minum banyak cairan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hal ini bisa mencegah Anda mendengkur karena adanya lendir di hidung Anda. Kondisi tersebut terjadi saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

9. Bersihkan Rongga Hidung

Hidung tersumbat bisa meningkatkan risiko mendengkur. Hal ini akan membuat Anda harus bernapas melalui mulut bukan hidung.

Efeknya, Anda akan lebih sering mendengkur sepanjang malam.

10. Mengatur Waktu Makan Malam

Pastikan Anda makan setidaknya 2 jam sebelum tidur. Ini akan membuat proses pencernaan lebih lancar sehingga bisa terlelap saat malam.

11. Jaga Kebersihan Kamar Tidur Anda

Bersihkan kamar tidur Anda. Tungau debu di tempat tidur Anda, bantal, tirai dan lainnya dapat memberikan alergi itu juga menyebabkan mendengkur dengan membuat tenggorokan dan hidung jaringan bengkak.

Hewan di tempat tidur Anda dapat melakukan hal yang sama. Seperti halnya debu.

12. Bernyanyi Sebelum Tidur

Cobalah untuk selalu bernyanyi sebelum tidur. Bernyanyi membantu meningkatkan kontrol otot langit-langit lunak dan tenggorokan bagian atas.

Itulah 12 hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi tidur mendengkur atau ngorok.

Cara Mengatasi Tidur Mendengkur Secara Alami

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengatasi kondisi tidur mendengkur dengan cara mengkonsumsi bahan-bahan alami seperti berikut ini :

1. Mengkonsumsi Peppermint

Zat anti-inflamasi peppermint membantu mengurangi pembengkakan selaput pada lapisan tenggorokan dan hidung, sehingga mempermudah dan memperhalus pernapasan.

Obat peppermint bekerja dengan baik untuk mendengkur sementara karena alergi, udara dingin atau kering.

2. Mengkonsumsi Minyak Zaitun Sebelum Tidur

Minyak Zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi potensi tidur mendengkur.

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun, bisa mengurangi pembengkakan yang menyumbat jalan untuk masuknya udara ke rongga pernafasan.

Caranya :

  • Ambil dua atau tiga teguk minyak zaitun sebelum tidur setiap hari.
  • Campurkan setengah sendok teh masing-masing minyak zaitun dan madu.

Konsumsi setiap hari sebelum tidur.

3. Uap Panas Dan Minyak Kayu Putih

Salah satu penyebab tidur mendengkur adalah tersumbatnya hidung. Kurangi penyumbatan hidung dengan menghirup uap panas melalui air mendiri yang ditelakkan pada gelas.

Caranya :

  • Tuangkan air mendidih panas dalam mangkuk besar;
  • Tambahkan tiga atau empat tetes minyak esensial kayu putih atau minyak esensial pohon teh;
  • Tahan handuk di atas kepala Anda dan hirup uap dalam-dalam melalui hidung selama 10 menit;

Ikuti obat ini setiap hari sebelum tidur sampai hidung tersumbat Anda sembuh.

4. Mentega

Mentega, juga dikenal sebagai ghee, memiliki sifat obat tertentu yang dapat membantu membuka saluran hidung tersumbat.

Hal ini akan membantu Anda mengurangi mendengkur dan tidur lebih baik.

Caranya :

  • Hangatkan sejumlah kecil mentega dalam microwave;
  • Gunakan pipet untuk menempatkan dua atau tiga tetes mentega hangat di setiap lubang hidung;

Lakukan setiap hari ini sebelum tidur dan lagi setelah bangun keesokan harinya.

5. Mengkonsumsi Kapulaga

Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Kapulaga adalah ekspektoran dan dekongestan, sehingga efektif untuk membuka saluran hidung yang tersumbat. Udara yang bebas mengalir akan mengurangi mendengkur.

Caranya :

  • Tambahkan satu setengah sendok teh bubuk kapulaga untuk segelas air hangat.
  • Minum 30 menit sebelum tidur.

Lakukan setiap hari ini untuk secara bertahap mengurangi mendengkur Anda

6. Menghilangkan Tidur Mendengkur Dengan Kunyit

Kunyit dapat mengobati peradangan dan membantu mengurangi mendengkur berat. Kunyit harus digunakan dengan susu untuk mengobati mendengkur.

Minuman berikut akan membantu Anda bernapas lega saat Anda tidur dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Caranya :

  • Tambahkan dua sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu hangat.
  • Minum 30 menit sebelum tidur.

Lakukan hal ini secara rutin setiap hari.

7. Mengkonsumsi Daun Jelatang

Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Jika Anda hanya mendengkur pada waktu tertentu setiap tahun, itu mungkin karena beberapa jenis alergi musiman menyebabkan saluran hidung untuk meradang.

Jenis mendengkur sementara dapat diobati dengan jelatang yang memiliki anti-inflamasi serta sifat antihistamin.

Caranya :

  • Tambahkan satu sendok makan daun jelatang kering untuk satu cangkir air mendidih.
  • Diamkan selama lima menit, kemudian saring.
  • Minum teh hangat sebelum tidur.

Minum dua sampai tiga cangkir teh daun jelatang setiap hari selama musim alergi dapat mencegah mendengkur.

8. Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih membantu mengurangi pembuatan lendir di bagian hidung serta peradangan dalam sistem pernapasan.

Jadi, jika Anda mendengkur karena penyumbatan sinus, bawang putih dapat memberikan bantuan.

Caranya :

  • Mengunyah 1-2 siung bawang putih mentah dan kemudian minum segelas air;
  • Juga gunakan bawang putih saat memasak makan malam Anda dan makan makanan Anda saat sedang panas.

Lakukan ini setiap hari, sebaiknya sebelum tidur untuk menikmati tidur nyenyak dan mengurangi dengkuran.

9. Mengkonsumsi Madu

Pilihan lain untuk pendengkur adalah madu. Karena sifat anti-inflamasi, madu dapat mengurangi pembengkakan di sekitar daerah tenggorokan yang dapat menghambat saluran udara.

Plus, madu melumasi tenggorokan, yang mencegah getaran mendengkur terjadi.

Caranya :

  • Campurkan satu sendok makan madu dalam segelas air hangat dan minum sebelum tidur.
  • Atau, Anda dapat menggunakan madu untuk mempermanis teh herbal yang Anda suka minum setelah makan malam Anda.

Lakukan secara rutin setiap hari.

10. Mengkonsumsi Chamomile Tea

Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Chamomile terkenal memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu berhenti mendengkur.

Ini juga merupakan relaksan saraf dan otot yang dapat meringankan otot dan saraf yang tegang di sekitar tenggorokan dan membantu Anda tidur lebih baik.

Caranya :

  • Tambahkan satu sendok makan bunga chamomile (atau satu kantong teh chamomile) untuk satu cangkir air.
  • Didihkan selama sekitar 15 menit.
  • Saring dan tambahkan satu sendok teh madu.
  • Minum teh hangat sebelum tidur.

Lakukan secara rutin setiap hari hingga mendengkur Anda berkurang.

11. Semprotan Nasal Air Garam

Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Tidak selalu sleep apnea penyebab di balik mendengkur. Kadang-kadang masalah sederhana alasan sebagai hidung tersumbat.

Masalah sinus, alergi, atau infeksi seperti dingin dapat menyebabkan pembengkakan di lapisan dalam hidung Anda. Pembengkakan ini, pada gilirannya, membuat bergetar langit-langit lunak yang menciptakan suara mendengkur.

Bila Anda menggunakan semprotan saline, bisa mengurangi peradangan di dalam hidung dan berhenti mendengkur. Namun, beberapa orang bahkan tidak tahan dengan saline nasal spray karena bahan pengawetnya yang dapat membuat hidung lebih padat.

Jadi, buatlah semprotan nasal sendiri di rumah.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Garam (garam yang tidak mengandung agen anti-pengeringan) – ¼ sdt
  • Air (suling atau direbus) – ½ cangkir
  • botol semprot hidung kosong OR botol dengan pipet (bersihkan dengan benar)

Lakukan hal ini :

  • Tambahkan garam ke air.
  • Aduk rata untuk membuat garam larut sempurna dalam air.
  • Sekarang simpan air garam ini dalam botol semprot atau botol dengan pipet.
  • Saat tidur sehari-hari, tuangkan 2-3 tetes air garam buatan sendiri ini ke masing-masing dua lubang hidung Anda.
  • Gunakan air garam dalam waktu 5 hari. Setelah 5 hari buat lagi baru.

12. Mengkonsumsi Sage Herbal

Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Seiring dengan menjadi anti-hipertensi, anti-diabetes, dan anti-mikroba, sage juga mengandung zat anti-inflamasi. Dengan demikian, dapat mengurangi peradangan dan lendir tersumbat di saluran udara yang cukup untuk mengurangi mendengkur Anda.

Cara Pertama : Inhalasi uap

Bahan yang dibutuhkan:

  • Daun Sage – sedikit dari mereka
  • Sebuah panci dengan air mendidih
  • Cuka sari apel (opsional) – 1-2 sdm
  • Handuk-1

Caranya :

  • Taruh beberapa daun sage dalam panci air panas.
  • Ambil handuk dan Letakkannya di atas kepala Anda.
  • Bawa mulut Anda dekat dengan panci dan hirup uap dengan hidung dan mulut juga.
  • Anda juga dapat mencampur cuka sari apel dengan sedikit air panas ini sebelum menghirup uap karena banyak orang merasa untuk membantu dalam menghentikan dengkuran.

Cara Kedua : Berkumur

Selain dihirup, daun sage juga bisa dimanfaatkan dengan cara berkumur.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Daun sage – 1 ikat
  • Air mendidih -1-2 gelas

Lakukan hal ini :

  • Masukan daun sage dalam air panas.
  • Biarkan selama 5-10 menit.
  • Saring dan biarkan air sampai dingin.
  • Setelah air herbal dingin, berkumur dengan air ini.
  • Lakukan setiap malam sebelum tidur.

Peringatan : Jangan gunakan jika Anda menderita segala jenis gangguan kejang.

13. Cara Menghilangkan Mendengkur dengan Minyak Atsiri

Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Jika Anda terlalu lelah dan lelah, mendengkur Anda mungkin menjadi lebih buruk. Ada satu obat tradisional untuk mendengkur yang menggunakan minyak esensial thyme, yang diencerkan, untuk bantuan menghilangkan mendengkur.

Sedangkan minyak thyme memiliki zat anti-penuaan, antimikroba, anti-jamur, antivirus, dan anti-parasit, apa yang tampaknya sebagian besar mempengaruhi Anda, pendengkur, adalah efek menenangkan pada pikiran Anda yang membantu dalam memberikan Anda tidur nyenyak.

Berikut adalah cara menggunakan minyak thyme untuk mendengkur.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Thyme minyak esensial 2 tetes jika menggunakan ekstrak dan 4-6 tetes jika diencerkan
  • Minyak pembawa (setiap minyak nabati seperti minyak zaitun atau minyak kelapa) – 4-6 tetes

Lakukan hal ini :

  • Ambil minyak thyme dan gosokkan pada bagian bawah kedua kaki sebelum tidur.
  • Jika menggosok dengan minyak langsung, hanya gunakan 2 tetes minyak thyme.
  • Jika menggosok dengan diencerkan minyak pembawa, jaga rasio 50:50. Ini berarti, Anda harus encer 4-6 tetes minyak thyme dengan 4-6 tetes minyak pembawa dan gosok bagian bawah kaki Anda.

Minyak thyme juga dapat ditambahkan ke humidifier. Teh thyme juga dapat membantu menenangkan saraf untuk tidur nyenyak.

Perhatian : Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, gunakan minyak thyme hati-hati. Wanita hamil dan menyusui serta anak-anak di bawah usia enam tahun tidak boleh menggunakan minyak thyme.

14. Cara Menghilangkan Mendengkur Dengan Minyak Eucalyptus

Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Minyak kayu putih sangat baik dapat mencairkan lendir sehingga untuk menjaga saluran udara bersih dan bisa bernapas lancar.

Minyak kayu putih juga merupakan agen anti-inflamasi alami yang bila diterapkan pada hidung, mengurangi pembengkakan di lapisan dalam hidung dan lorong-lorong hidung.

Anda mungkin menggosok minyak kayu putih, diencerkan jika Anda merasa itu terlalu kuat untuk hidung Anda. Namun, cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan menghirup uap.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Minyak Eucalyptus 2-4 tetes
  • Air panas
  • Sebuah panci berisi air panas
  • Handuk

Lakukan hal ini :

  • Ambil air panas di dalam pot.
  • Tuangkan minyak kayu putih dalam air ini.
  • Masukan handuk di kepala Anda.
  • Bawa mulut Anda dekat dengan panci air panas.
  • Hirup uap yang keluar dari itu melalui hidung dan mulut.

15. Mengkonsumsi Teh Mint

Sama seperti minyak peppermint dapat berguna untuk menyembuhkan mendengkur, teh mint juga bisa membantu. Mint mengandung mentol yang mengurangi lendir dari paru-paru.

Hal ini juga mengurangi peradangan lorong-lorong udara. Minum secangkir teh mint sebelum tidur setiap hari. Vitamin, mineral dan antioksidan yang Anda dapatkan adalah manfaat tambahan.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Daun Mint – 8-10 lembar
  • Air panas-1 cangkir
  • Madu (opsional) – 1-2 sdt

Lakukan hal ini :

  • Masukan daun mint dalam cangkir
  • Tuangkan air panas di atas mereka.
  • Biarkan curam selama 5-10 menit.
  • Saring jika Anda ingin jika tidak, anda bisa minum teh mint dengan daun di dalamnya juga.
  • Tambahkan madu jika menggunakan.
  • Mengambil cangkir dekat hidung dan menghirup uap mint keluar dari secangkir teh panas.
  • Sekarang minum teh mint.

16. Neti Pot

Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Jika hidung tersumbat adalah penyebab untuk mendengkur dan jika tidak ada obat rumah yang cukup ampuh bagi Anda untuk menghilangkan hidung tersumbat, coba neti pot. Sebuah neti pot adalah pot dilakukan baik dari tanah liat, keramik, plastik atau logam.

Ini adalah sistem India kuno irigasi sinus. Neti pot diisi dengan air garam atau air biasa dan selang panjang ekstrusi dari pot digunakan untuk jalan keluar air dari hidung.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Neti pot- 1
  • air saja atau air garam yang cukup untuk mengisi neti pot

Lakukan ini :

  • Isi neti pot dengan air atau cairan air garam
  • Miringkan kepala Anda di atas baskom dan gunakan paruh terbuka pot, tuangkan air dari salah satu lubang hidung tapi jangan biarkan air masuk ke tenggorokan Anda. Sebaliknya, miringkan kepala Anda untuk mendapatkan posisi yang tepat sehingga air keluar dari lubang hidung lainnya.
  • Sekarang ulangi proses, kali ini menuangkan air ke dalam lubang hidung lainnya dan air keluar dari lubang hidung pertama.
  • Putar kepala Anda akan terus mengontrol tekanan neti pot dan juga membawa keluar air dari lubang hidung lainnya.
  • Ini akan membutuhkan sedikit latihan sebelum Anda dapat melakukan ‘proses neti’ benar.

17. Daun Goldenseal

Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Goldenseal adalah salah satu dekongestan nasal terkenal. Telah digunakan sejak tahun untuk menenangkan selaput lendir meradang dan terinfeksi.

Goldenseal sering diambil dikombinasikan dengan herbal lain seperti echinacea dan licorice untuk flu dingin dan infeksi pernapasan lainnya.

Caranya :

  • Membuat Teh Goldenseal
    Ambil 2 sendoh teh goldenseal herbal kering. Tuangkan 1 cangkir air panas di atasnya. Tutup dan biarkan selama sekitar 15 menit. Saring dan minum teh ini. Anda juga dapat menambahkan 1-2 sendok teh madu untuk teh ini.
  • Irigasi Sinus Dengan Goldenseal
    Ambil ½ sdt ekstrak goldenseal. Anda juga dapat menggunakan ½ sdt tingtur goldenseal. Menempatkan ini dalam neti pot dan bilas sinus dengan mencampur air untuk sekali atau dua kali sehari. Lihat bagaimana menggunakan neti pot sebelum ini.
  • Kumur Dengan Goldenseal
    Campurkan 1 sdt tingtur goldenseal dengan secangkir air hangat. Gunakan air ini untuk berkumur.

Jangan gunakan goldenseal selama lebih dari 7 hari berturut.

Peringatan :

  • Goldenseal tidak boleh digunakan untuk maksimum 3 minggu pada suatu waktu.
  • Jika Anda telah menggunakannya selama 3 minggu, hentikan penggunaannya untuk setidaknya dua minggu sebelum Anda gunakan kembali.

Orang dengan tekanan darah tinggi, diabetes atau glaukoma harus menghindari menggunakan ramuan ini.

Wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan menggunakan goldenseal.

18. Mengkonsumsi Jahe

Jahe telah dikenal mengandung zat anti-inflamasi dan anti-bakteri nya. Hal ini juga meningkatkan sekresi air liur yang kemudian memancing tenggorokan untuk menyediakan Anda dengan efek menenangkan.

Ketika madu digunakan dengan jahe, lebih lanjut melumasi jaringan dan juga membuka rongga hidung serta tenggorokan dengan mengurangi pembengkakan di dalamnya. Semua ini membantu dalam mengurangi mendengkur.

Cara terbaik untuk menggunakan jahe untuk mendengkur adalah untuk membuat teh jahe segar.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Jahe segar sepotong 1-2 inci
  • Air-sedikit lebih dari 1 cangkir
  • Madu 1-2 sdt

Lakukan hal ini :

  • Cuci, kupas, memotong dan menghancurkan jahe.
  • Masukan jahe hancur ke dalam panci dan tambahkan air.
  • Panaskan campuran sampai mendidih.
  • Biarkan air mendidih selama sekitar 3-4 menit.
  • Matikan api, tutup dan biarkan selama 5 menit.
  • Saring dan tambahkan madu teh jahe.
  • Aduk rata dan minum.
  • Anda bisa minum 3-4 cangkir teh jahe dalam sehari.

19. Latihan Lidah dan Tenggorokan Untuk Mengurangi Mendengkur

Melatih otot-otot lidah dan tenggorokan Anda membuat mereka lebih kuat dan mengurangi mendengkur.

  • Ucapkan vokal (a, e, i, o, u). Ulangi masing-masing keras selama tiga menit pada peregangan selama 3-4 kali sehari.
  • Letakkan ujung lidah Anda tepat di belakang gigi depan atas. Sekarang, geser lidah mundur selama tiga menit sehari.
  • Tutup mulut. Kemudian kerutkan bibir Anda dan tahan selama tiga puluh detik.
  • Buka mulutmu. Pindahkan rahang Anda ke kanan, tahan selama setengah menit. Ulangi dengan menggerakkan rahang ke arah kiri.
  • Jaga mulut Anda terbuka. Kontraksikan otot di bagian belakang tenggorokan Anda berulang kali selama setengah menit. Lakukan ini di depan cermin. Anda akan dapat melihat uvula atau ‘bola menggantung’ yang bergerak naik dan turun.

Dengan menggabungkan langkah-langkah pencegahan ini bersama dengan salah satu solusi di atas, Anda akan dapat mengurangi atau menghilangkan mendengkur dan mendapatkan tidur malam yang baik.

Namun mendengkur bisa disebabkan oleh banyak faktor lainnya. Jika tips di atas gagal mengurangi kebiasaan mendengkur Anda, segera konsultasikan dengan dokter.

Dengan demikian, Anda bisa tahu kondisi tubuh Anda.

Demikian 20+ Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur.

Semoga bermanfaat..

Referensi artikel :

http://id.wikipedia.org/wiki/Mendengkur
http://www.entnet.org/HealthInformation/snoring.cfm
http://www.webmd.com

About OmKepo 74 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.