13 Penyebab Badan Kurus Dan Susah Gemuk

Penyebab Badan Kurus Dan Susah Gemuk

Penyebab Badan Kurus Dan Susah Gemuk | omkepo.com – Banyak orang ingin mendapatkan tubuh yang ideal, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Banyak orang kurus yang ingin menaikkan berat badannya, sudah melakukan berbagai cara namun tetap saja masih kurus.

Mengapa bisa demikian?

Mungkin Anda mengalami hal seperti dijelaskan di bawah ini.

Penyebab Badan Kurus Dan Susah Gemuk

#1. Cukup Banyak Makan, Tapi Masih Kurang Kalori.

Mengapa kamu Susah Gemuk

Bila Anda bertanya-tanya apa penyebab badan Anda susah gemuk, pastinya Anda sudah berusaha banyak makan bukan?

Tapi tahukah Anda bahwa banyak makan itu tidak ada hubungannya dengan bertambahnya berat badan?

Sejatinya, untuk menggemukkan badan, Anda harus memasukkan kalori ke tubuh, melebihi dari kebutuhan kalori tubuh Anda per hari. Detailnya bagaimana, silahkan Anda baca artikel Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh per Hari. Disitu ada penejelasan matematiknya bagaimana agar badan Anda bisa gemuk.

#2. Ada Gangguan Metabolisme Pada Tubuh Anda

Mengapa kamu Susah Gemuk

Orang yang memiliki tubuh kurus, biasanya kinerja metabolisme tubuhnya sangat cepat. Sehingga, seberapa banyak pun makanan yang ia makan, maka makanan-makanannya akan segera dibakar oleh tubuh agar menjadi energi.

Metabolisme yang terlalu cepat, bisa diakibatkan karena metabolisme tubuhnya mengalami gangguan atau juga karena faktor usia yang masih muda.

#3. Anda Lagi Stress

Mengapa kamu Susah Gemuk

Apakah Anda pernah mengalami masalah baik dengan pasangan, keluarga, tugas kantor atau kuliah kemudian diajak makan Anda tidak selera? Padahal sebenarnya Anda belum makan-makan hampir seharian?

Jika iya, berarti Anda sedang stress.

Akibat dari stress, bisa mempengaruhi psikologis yang berujung pada terganggunya kinerja pencernaan Anda. Akibatnya susah untuk gemuk.


#4. Komposisi Makanan Kurang Pas

Mengapa kamu Susah Gemuk

Bisa jadi Anda sudah banyak makan, tapi tetep susah gemuk, karena Anda tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Agar berat badan Anda bertambah, otot membesar, dan badan menjadi gemuk, sangat disarankan untuk memakan makanan yang tinggi kalori, yang berprotein tinggi, mengandung cukup karbohidrat, dan serat. Seperti halnya daging dada ayam, ikan salmon, dan putih telur.

#5. Banyak Racun Dalam Tubuh

Mengapa kamu Susah Gemuk

Banyak racun di dalam tubuh menjadi salah satu faktor mengapa Anda susah gemuk. Racun dalam tubuh bisa disebabkan karena kotoran-kotoran pada usus yang disebabkan oleh makanan cepat saji, yang dapat menimbulkan kerak pada usus.

Akibat adanya kerak pada usus, menyebabkan makanan yang Anda makan sulit untuk diserap zat gizi, nutrisi dan vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya.

Kalau nutrisi makanan yang Anda makan tidak bisa meresap sempurna, maka pertumbuhan tubuh menjadi terganggu. Makanya meskipun udah makan banyak, tubuh tetap susah gemuk.

#6. Faktor Keturunan

Mengapa kamu Susah Gemuk

Ada berapa banyak anggota keluarga Anda yang gemuk? Satu orang? Dua orang? Apakah banyak? Atau sedikit? Kalau hampir tidak ada yang badannya gemuk, bahkan memang tidak ada, bisa jadi itulah penyebab kenapa badan Anda susah gemuk.

Sudah selayaknya faktor genetis ini tidak bisa diinterupsi. Karena termasuk area yang di luar kuasa manusia kan?

Faktor keturunan ini bisa seperti sistem pencernaan yang cepat, atau kondisi usus yang menyerap makanan hanya sedikit meskipun banyak makanan yang masuk. Akibatnya mau sebanyak apapun makanan yang Anda makan, namun badan Anda tetap sangat susah untuk gemuk.

#7. Faktor Usia

Faktor usia juga bisa menyebabkan Anda susak gemuk. Pada saat usia masih muda, tubuh secara produktif mengubah kalori menjadi energi secara cepat, sehingga kalori yang bersumber dari makanan, tidak ada yang disimpan dalam tubuh berupa lemak.

Semakin bertambahnya usia, metabolisme tubuh akan semakin melambat, sehingga berat badan pun cenderung bertambah. Selain itu proporsi tubuh juga akan berubah seiring berjalannya waktu.

#8. Kurang Minum Air Putih

75% dari tubuh kita adalah air. Air merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh manusia. Apabila tubuh Anda terlalu kurus dan susak gemuk, salah satu penyebabnya adalah Anda kurang minum air putih.

Idealnya manusia harus meminum air putih minimal 8 gelas besar sehari.

Utamakan minum air putih dibanding air lainnya karena air putih kaya akan mineral.

#9. Terlalu Banyak Begadang

Tubuh dapat bekerja maksimal apabila kita dapat menyeimbangkan antara aktivitas, makan dan istirahat. Apabila tidak seimbang, maka akan terjadi gangguan dalam tubuh.

Usahakan tidur yang cukup pada malam hari. Terlalu banyak begadang bisa membuat tubuh tidak maksimal dalam mendetoks racun yang ada di dalam tubuh.

Hal ini bisa mengakibatkan Anda jadi susah gemuk.

#10. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol mengandung kalori yang sedikit sehingga tidak bisa menambah berat badan secara signifikan. Alkohol juga membuat lambung terisi gas yang justru membuat perut terasa penuh sehingga nafsu makan Anda berkurang.

#11. Kurang Olahraga

Sebagian orang tidak terlalu memikirkan pentingnya berolah raga. Padahal olahraga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kurang berolahraga akan membuat tubuh mudah terkena penyakit sehingga mengakibatkan badan kurus dan susah gemuk.

Selain membakar lemak, olahraga juga dibutuhkan untuk pembentukan otot.

#12. Terlalu Banyak Berolahraga

Tak hanya kurang olahraga, terlalu banyak berolahraga pun bisa mengakibatkan tubuh menjadi kurus dan susah gemuk.

Ada batasan seberapa sering Anda harus berolahraga

#13. Merokok

Anda merokok?

Hati-hati, merokok bisa menyebabkan tubuh Anda kurus dan sangat susah untuk gemuk. Hal ini telah diteliti oleh Yale University, Amerika Serikat.

Para perokok rata-rarta memiliki berat badan 2.5 Kg lebih ringan daripada orang yang tidak merokok.

Jika Anda terlalu kurus dan berat badan jauh di bawah ideal, jangan abaikan hal ini.

Itulah penyebab tubuh Anda terlalu kurus dan susah untuk gemuk.

Cara Mengatasi Badan Kurus Agar Gemuk

Agar tubuh bisa gemuk, Anda harus menghindari semua penyebab mengapa Anda kurus. Selanjutnya lakukan tips berikut ini untuk menggemukkan badan Anda.

Berolahraga

Lakukan olahraga dengan rutin dan teratur minimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Berolahragalah secara ideal, jangan terlalu memaksakan tenaga Anda untuk olahraga yang berat. Dengan joging setiap hari bisa menjadi cara efektif menambah berat badan.

Jika Anda terlalu sering berolahraga maka akibatnya malah kurang bagus, tenaga menjadi terkuras, makan menjadi kurang nafsu. Maka bukan menambah bobot tubuh malah sebaliknya badan menjadi kurus dan susah gemuk.

Perhatikan Konsumsi Makanan

Untuk menambah bobot atau berat badan, Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang yaitu 4 sehat lima sempurna dan jangan lupa untuk perbanyak minum air putih.

Tidur yang cukup.

Istirahat yang cukup dengan tidur malam 8 jam pada malam hari akan membantu Anda menaikkan bobot tubuh.

Hindari begadang.

Lakukan tidur yang cukup pada malam hari dan kerjakan olahraga pagi setiap hari merupakan cara yang efektif untuk mengatasi badan kurus dan susah gemuk.

Hindari Stres

Minum Susu Setiap Hari

Jika ingin ngemil untuk usaha menaikkan berat badan, Anda bisa makan cemilan yang sehat dan jauhkan makanan junk food.

Segera ketahui masalah Anda dan coba untuk menaikkan berat badan. Bagaimana pun, tubuh yang terlalu kurus selain menggangu penampilan Anda, juga tidak baik untuk kesehatan.

Berikut ini adalah jenis penyakit yang dapat menyerang orang yang memiliki badan terlalu kurus :

  • Resiko patah tulang,
  • Gangguan jantung,
  • Depresi,
  • Resiko keguguran pada ibu hamil dan
  • penyakit paru-paru.

Jika Anda memiliki badan yang terlalu kurus, segeralah atasi dengan cara tersebut di atas.

Demikian 13 Penyebab Badan Kurus Dan Susah Gemuk.

Share jika bermanfaat..

About OmKepo 73 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.