18 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Dan Janin

18 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Dan Janin | omkepo.com – Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. wikipedia.org

Buah yang berasal dari Meksiko ini sekarang banyak dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan termasuk Indonesia karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin

Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin. Ini tidak seperti anggapan banyak masyarakat awam yang mengatakan bahwa buah naga adalah buah yang dilarang untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

Hal tersebut tidaklah benar, karena justru buah naga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Berikut ini adalah manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin..

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Dan Janin

#1. Banyak Mengandung Folat

Folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, karena folat berperan dalam pembentukan sel-sel khususnya pada bagian struktur DNA.

Jika DNA rusak akibatnya tubuh bisa mengalami berpenyakit atau kelainan. Kekurangan folat juga bisa mengakibatkan kelainan saraf yaitu neural tube atau tabung saraf seperti spina bifida pada calon bayi apabila ibu hamil kekurangan asam folat.

Spina bifida adalah kelainan pada tabung saraf tepatnya pada bagian tulang belakang bayi. Akan terlihat seperti penggembungan dan kelainan pada tulang belakang tepatnya pada tabung sarafnya. Hal ini bisa berakibat fatal pada bayi yang dikandung bahkan dapat menyebabkan kematian.

Folat juga berguna untuk tumbuh kembang. Jika pertumbuhan dan perkembangan janin tida baik, maka bisa meningkatkan resiko keguguran dan cacat.


#2. Membentuk Sel Darah Merah

Anemia atau kekurangan sel darah merah tidak boleh disepelekan oleh ibu yang sedang hamil. Kekurangan sel darah merah bisa membuat ibu hamil menjadi lemas, lesu dan tidak bertenaga.

Tidak hanya ibu hamil saja, hal ini juga akan berdampak pada kondisi kesehatan bayi yang dikandungnya. Janin yang terkena anemia rentan mengalami kelainan darah, kecerdasan berkurang dan masih banyak kerugian lainnya.

Bagi ibu hamil yang mengalami anemia, ada baiknya mencoba untuk mengkonsumsi buah naga. Bisa dengan cara di jus atau dikonsumsi langsung. Hal ini karena buah naga mengandung zat besi sebanyak 0,65 mg dalam setiap 100 gram-nya.

Zat besi merupakan zat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, sehingga bisa mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Zat besi itu juga berfungsi untuk memasok nutrisi dan oksigen ke dalam tubuh janin.

#3. Sumber Energi

Energi pada manusia berasal dari karbohidrat yang dikonsumsi setiap hari. Kekurangan karbohidrat bisa mengakibatkan tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga.

Bagi ibu hamil yang merasa kurang bertenaga, sebaiknya mengkonsumsi buah naga sebanyak 135 gram dalam sehari. Karena buah naga mengandung 9-14 gram karbohidrat dalam setiap 100 gram-nya.

#4. Melancarkan Buang Air Besar

Buah naga banyak mengandung serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan menyehatkan usus ibu hamil.

Biasanya ibu yang sedang hamil, rentan mengalami BAB yang tidak normal. Oleh karena itu, konsumsi buah naga minimal 100 gr setiap harinya.

#5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pada saat sedang mengandung, ibu hamil sangat membutuhkan Vitamin C yang cukup untuk melindungi dirinya dari berbagai macam penyakit ringan seperti batuk, flu dan penyakit lainnya.

Sistem imun yang baik tak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil saja, tetapi juga bagi janinnya untuk menghindari resiko dari berbagai macam kuman dan bakteri yang berada pada rahim.

Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi buah naga yang memiliki kandungan Vitamin C yang tinggu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Di dalam buah naga juga terkandung fitokimia yang bermanfaat untuk bisa melawan penyakit apabila ibu hamil terserang flu, batuk dan demam.

#6. Membentuk Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Selain Vitamin C, buah naga juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi janin.

Jika tulang dan gigi janin kekurangan kalsium, bisa berakibat kelainan sehingga tidak normal seperti bayi pada umumnya.

#7. Menangkal Penyakit

Selain mengandung zat besi, vitamin C dan kalsium, buah naga juga mengandung protein dan potasium yang bermanfaat untuk menangkal berbagai penyakit yang menyerang tubuh si ibu hamil.

#8. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam buah naga sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Radikal bebas bisa berasal dari polusi atau asap rokok yang ada di sekitar ibu hami.

Radikal bebas sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin karena bisa mengakibatkan bayi cacat lahir atau terlahir secara prematur.

#9. Menyerap Protein

Protein sangat dibutuhkan oleh janin untuk tumbuh kembangnya. Namun sayangnya tidak semua jenis protein bisa terserap langsungoleh janin. Oleh karena itu, dibutuhkan Vitamin B1 yang terkandung pada buah naga untuk mempercepat proses penyerapan protein oleh tubuh.

#10. Menyempurnakan Indera Penglihatan Janin

Selama berada di dalam kandungan, indera janin akan terus berkembang dan tumbuh mencapai sempurna.

Kandungan karoten yang ada di dalam buah naga, terutama buah naga merah bisa bermanfaat untuk menyempurnakan indera penglihatan janin.

#11. Mencukupi Gizi Selama Kehamilan

Ibu yang sedang mengandung tidak boleh kekurangan nutrisi dan gizi, karena janin sangan membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kembang dan agar terhindar dari penyakit.

Janin yang kekurangan gizi rentan lahir dalam kondisi mal nutrisi dan memiliki berat badan yang kurang.

Kandungan seperti protein, kalium, fitokimia dan juga vitamin C yang ada di dalam buah naga merupakan zat gizi atau nutrisi kompleks bagi ibu dan janin yang ada di dalam rahim.

Cukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan mengkonsumsi buah naga selama kehamilan.

#12. Menghilangkan Dehidrasi

Ibu hamil saat rentan terserang kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini tentunya berbahaya bagi si Ibu juga janin yang dikandungnya.

Jika mengalami dehidrasi, ibu hamil akan merasa lesu dan kurang bergairah. Kandungan air yang ada pada buah naga bisa digunakan untuk mengurangi dehidrasi selama kehamilan.

Konsumsi buah naga dengan cara di jus atau dimakan langsung bisa menghilangkan dehirasi selama kehamilan.

#13. Menghindarkan Dari Penyakit Tulang

Membawa beban perut yang semakin berat bisa membuat ibu hamil rentan terkena penyakit tulang seperti oesteoporosis. Osteoporosis sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Karena penderita osteoporosis bisa mengalami penurunan kualitas dalam hidup.

Mengkonsumsi buah naga yang kaya akan kalsium bisa menghindarkan ibu hamil dari penyakit tulang.

#14. Mencegah Kelahiran Prematur

Kandungan folat yang ada pada buah naga bisa digunakan untuk mencegah kelahiran prematur. Bayi yang dilahirkan secara prematur bisa dikarenakan kurangnya jumlah folat yang dikonsumsi saat hamil.

Kandungan vitamin B1 yang ada di dalam buah naga bisa digunakan sebagai penyeimbang metabolisme sel. Metabolisme sel yang seimbang ini bisa digunakan untuk menyeimbangkan kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

#15. Mengembangkan Sistem Syaraf Tulang Belakang

Kandungan folat yang ada di dalam buah naga bisa bermanfaat untuk membentuk sistem syaraf tulang belakang janin. Sistem syaraf harus berkembang sesuai dengan umur janin, jika tidak bisa berkembang janin rentan untuk terkena kelainan syaraf tulang belakang dan cacat syaraf tulang belakang.

#16. Menghindari Penyakit Beri-Beri

Kandungan vitamin B1 di dalam buah naga bisa digunakan untuk menghindari dan mencegah penyakit beri-beri selama kehamilan. Penyakit beri-beri tersebut bisa muncul kapan saja saat ibu sedang mengandung.

#17. Menormalkan Tekanan Darah

Jika ibu hamil mengalami hipertensi, bisa berakibat terkena komplikasi kehamilan. Kandungan Vitamin B pada buah naga bisa dimanfaatkan untuk menormalkan tekanan darah bagi ibu hamil yang mengalami hipertensi.

Agar tekanan darah menjadi normal kembali, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga sebanyak 100 gram per hari.

#18. Menormalkan Gula Darah

Pada kondisi hamil tua, biasanya ibu hamil kurang mengontrok makanan dan minuman yang manis-manis. Hal ini bisa menyebabkan tingginya kadar gula darah pada ibu hamil. Jika gula darah ibu hamil tinggi, ibu hamil rentan untuk terkena komplikasi kehamilan bahkan bisa terkena diabetes.

Oleh karena itu, normalkan gula darah dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur minimal 100 gram per hari.

Agar tidak merasa bosan mengkonsumsi buah naga, variatif-lah dalam menghidangkan buah ini sebagai makanan sehari-hari.

Pada dasarnya, untuk mendapatkan manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin, buah naga dapat dimakan langsung begitu saja setelah buah dikupas. Tetapi agar lebih menggugah selera, Anda bisa meraciknya menjadi jus dengan menambahkan susu rendah lemak.

Buah naga juga dapat digunakan sebagai tambahan untuk salad buah lezat . Jika Anda suka, buah naga juga dapat dibuat milkshake dengan menambahkan jenis buah lainnya seperti mangga dan apel.

Demikian 18 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Dan Janin,

Semoga bermanfaat..

About OmKepo 73 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.