Manfaat Buah Naga Untuk Diet Dan Kecantikan

Manfaat Buah Naga Untuk Diet Dan Kecantikan

Manfaat Buah Naga Untuk Diet Dan Kecantikan | omkepo.com – Buah naga merupakan buah asal negara Meksiko yang diimpor ke Indonesia. Namun saat ini sudah mulai banyak dibudidayakan di Asia termasuk Indonesia. id.wikipedia.org

Rasanya yang enak berupa campuran rasa manis dan asam serta kekayaan manfaatnya membuat buah ini digemari oleh masyarakat meskipun harganya cukup mahal dibandingkan buah-buah yang lain.

Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang manfaat buah naga untuk diet dan kecantikan.

Manfaat Buah Naga Untuk Diet Dan Kecantikan
image : manfaatbuah.com

Buah yang sering menjadi pelengkap pada minuman seperti es atau sop buah ini tidak hanya enak dan menyegarkan, tapi ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya yaitu dapat membantu program diet.

Bagi Anda yang berencana menjalankan program diet, sebaiknya tidak lupa untuk memasukkan buah yang satu ini pada menu diet harian Anda. Karena selain dapat menurunkan berat badan dengan cepat, buah ini juga sangat baik bagi kesehatan.

Kekayaan manfaat buah naga didukung oleh kandungan nutrisinya yang lengkap seperti vitamin C, B1, B12, B3, kalsium, fosfor, antioksidan, betakaroten, dan lain sebagainya.

Manfaat Buah Naga Untuk Diet Dan Kecantikan

Agar tampil cantik, wanita biasanya selalu menjaga berat badannya agar tetap langsing. Salah satunya adalah dengan cara diet. Tak hanya itu, diet juga bertujuan agar terhindar dari jenis penyakit tertentu, mempertahankan bentuk badan serta untuk menurunkan berat badan berlebih atau biasa disebut obesitas.

Bagi kaum hawa yang sedang melakukan program diet, tidak ada salahnya mencoba untuk mengkonsumsi buah naga.

Buah naga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi namun berkalori rendah, dalam 100 gr buah naga hanya terkandung 60 kkal yang dapat memenuhi kebutuhan kalori harian Anda.

Hal ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama tanpa perlu asupan kalori yang tinggi, sehingga tidak terjadi penumpukan kalori yang berlebihan dalam tubuh.

Bukan itu saja, buah naga juga mengandung berbagai vitamin, mineral serta antioksidan yang berfungsi untuk menunjang penurunan berat badan.

Karena pada dasarnya diet adalah suatu program yang mengatur pola atau porsi makan dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu, tujuan dari program ini yaitu untuk menghindari pengendapan lemak atau kalori berlebih di dalam tubuh namun kebutuhan tubuh akan nutrisi harian tetap tercukupi.

Banyak kaum hawa yang salah kaprah dengan program diet ini. Yang terjadi biasanya mengurangi porsi makan menjadi lebih sedikit, kemudian yang semula makan 3 kali sehari menjadi 2 kali sehari.

Hal ini bisa mengakibatkan Anda tidak pernah merasa kenyang, dan ketika rasa lapar sudah tak tertahankan, malah makan dengan sebanyak-banyaknya. Hasilnya malah bukannya tambah kurus, justru berat badan semakin naik.

Padahal diet yang benar adalah mengatur pola makan sehingga kalori yang masuk ke tubuh sesuai dengan energi yang dibutuhkan. Serta dapat membakar sedikit demi sedikit lemak yang menumpuk di dalam tubuh.


Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih makanan yang kaya serat seperti buah naga ini. Dengan mengkonsumsi buah naga, Anda akan merasa kenyang lebih lama namun dengan asupan kalori yang cukup.

Kandungan serat yang tinggi pada buah naga juga sangat baik bagi pencernaan sehingga pencernaan lancar dan proses penyerapan sari-sari makanan menjadi maksimal.

Dengan memiliki sistem pencernaan yang sehat, dapat menurunkan resiko penumpukan lemak dan kalori berlebih dari makanan yang di konsumsi. Dengan demikian, dapat membantu Anda dalam mempercepat penurunan berat badan.

Serat juga berfungsi sebagai detoksifikasi (pengeluaran racun dan lemak yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat).

Buah naga juga dapat mengendalikan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung berbagai vitamin B seperti B1, B2 dan B3 yang sangat efektif dalam mengandalikan kadar kolesterol dalam darah.

Jika kadar kolesterol dalam darah dapat dikendalikan dengan baik, maka resiko penyakit yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular dapat terminimalisir serta tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Bukankah menjaga kesehatan dan kebugaran menjadi salah satu tujuan utama dalam menjalankan program diet?

Buah naga untuk program diet bisa dikonsumsi secara langsung, atau dibuat jus dan dijadikan salad buah.

Anda juga bisa menambahkan buah lain yang tentunya juga harus yang berkalori rendah. Jika ingin menambahkan susu, gunakan susu yang rendah lemak.

Jangan menambahkan pemanis seperti cokelat atau gula, karena bisa mengakibatkan bukannya tamah kurus, malah menambah berat badan.

Kesuksesan program diet adalah konsistensi yang dibarengin dengan olahraga dan gaya hidup sehat. Meskipun makanan yang dikonsumsi sudah benar dan terkontrol, namun apabila tidak dibarengi dengan olahraga yang teratur dan gaya hidup yang sehat, tetap saja keberhasilan diet akan sulit untuk dicapai.

Luangkan waktu Anda untuk berolahraga, tidur yang cukup, berpikir positif dan mulailah mengkonsumsi buah naga merah. Lakukan secara konsisten sehingga diet Anda akan berhasil.

Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

Selain untuk program diet, buah naga juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, terutama kesehatan kulit wajah.

Kandungan buah naga yang kaya akan vitamin B3, dapat menjaga kelembaban kulit dan mencegah penuaan dini.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Buah Naga Untuk Kecantikan?

Ikuti panduan berikut ini..

  • Cara menggunakanya cukup mudah, bersihkan terlebih dahulu buah naga yang hendak dikonsumsi;
  • Kemudian blender semuanya dengan menambahkan 1/2 gelas air bersih;
  • Setelah itu, saring untuk memisahkan ampas dengan sarinya;
  • Ambil sari buah naga yang telah disaring, kemudian oleskan ke wajah hingga leher secara merata.

Lakukan hal ini secara teratur dan tidak berlebihan, bisa 1 minggu sekali atau 2 sampai 3 kali.

Manfaat Buah Naga Untuk Diet Dan Kecantikan
image : kesehatan-kulit.info

Langkah di atas juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Hal ini karena kandungan vitamin pada buah naga yang sangat dominan.

Buah naga juga mengandung anti oksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas akibat polusi atau asap rokok di sekitar Anda. Zat anti oksidan ini mampu membuat wajah terlihat segar dan tampak lebih muda karena bisa mencegah penuaan dini.

Demikian artikel tentang Manfaat Buah Naga Untuk Diet Dan Kecantikan,

Semoga bermanfaat..

About OmKepo 73 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.