Update Telegram Terbaru Bisa Voice Call, Diklaim Sangat Aman!

Update Telegram Terbaru Bisa Voice Call, Diklaim Sangat Aman!

Update Telegram Terbaru Bisa Voice Call, Diklaim Sangat Aman! | omkepo.com – Seperti dilansir dari blog resminya telegram, update terbaru dari Telegram versi 3.18 kini sudah bisa melakukan Voice Call.

Walaupun sedikit terlambat dibanding rivalnya seperti Whatsapp, Line ataupun BBM, namun akhirnya penantian para pecinta telegram berakhir sudah. Ini merupakan kabar baik bagi para pengguna aplikasi instant messenger yang butuh aplikasi chat super cepat.

voice call pada telegram

Meskipun terlambat, blog resmi telegram mengatakan bahwa mereka memberikan banyak inovasi pada fitur Voice Call ini.

Apa saja?

Simak ulasan berikut ini :

Update Telegram Terbaru Bisa Voice Call

#1. Aman (Secure)

Fitur Voice Call pada telegram diklaim sangat aman, dienkripsi end to end menggunakan teknologi Telegram’s Secret Chat. Sehingga dapat dipastikan bahwa hanya kamu dan orang yang berkomunikasi denganmu sajalah yang dapat mengetahui isi percakapan yang dilakukan.

Untuk memastikan bahwa panggilan suara-mu 100% aman, kamu bisa mengujinya dengan membandingkan 4 buah emoji yang berada pada pojok kanan atas layar dengan lawan bicaramu saat melakukan Voice Call. Apabila keempat emoji yang tampil sama, berarti Voice Call kamu 100% sangat aman.

key verification pada telegram

Berbeda dengan Whatsapp, dimana untuk menguji enkripsinya harus menggunakan QR Code dan angka sebanyak 60 digit.

#2. Sangat Cepat (Super Fast)

Panggilan suara pada telegram diklaim sangat cepat, karena menggunakan koneksi peer to peer dengan Codec Audio terbaik saat ini sehingga dapat menghemat jumlah bandwith yang akhirnya bisa menghasilkan kualitas suara sebening kristal.

Peer to Peer (P2P) adalah suatu sistem yang tidak hanya menghubungkan “ujung” satu dengan lainnya, namun ujung-ujung ini juga saling berhubungan secara dinamis dan berpartisipasi dalam mengarahkan lalu lintas komunikasi informasi, pemrosesan, dan penugasan pembagian bandwidth yang intensif, di mana bila sistem ini tidak ada, tugas-tugas ini biasanya diemban oleh server pusat. (sumber : wikipedia.org)

Jika koneksi peer-to-peer tidak dapat dilakukan, maka Telegram akan menggunakan server yang terdekat untuk menghubungkan antara kamu dengan orang yang dipanggil dengan cara secepat mungkin. Tidak seperti aplikasi lainnya, Telegram memiliki infrastruktur yang didistribusikan di seluruh dunia yang sudah kita nikmati saat ini dalam hal kecepatan penyampaian chat atau pesan dibanding aplikasi lain. Server ini juga yang akan digunakan untuk melakukan Voice Call.


Baca Juga:

    #3. Ai Powered (Artificial Intelligence)

    Setiap kali kamu melakukan Voice Call, Ai (kecerdasan buatan) yang ada di telegram akan mengamati kecepatan jaringan, persentase packet loss data dan informasi teknis lainnya (bukan informasi percakapan) antara pengguna dan perangkat smartphone yang secara otomatis nantinya parameter ini digunakan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas Voice Call pada saat kamu melakukan panggilan berikutnya.

    Parameter ini juga akan menyesuaikan apabila saat kamu melakukan Voice Call terjadi perubahan kualitas jaringan. Contohnya saat dalam kondisi jaringan yang bagus, misalnya menggunakan Wi-FI yang stabil, maka Telegram akan beradaptasi memberikan kualitas suara yang sangat baik, atau saat jaringan lagi jelek, Telegram akan menyesuaikan dengan menggunakan lebih sedikit data sehingga panggilan suara-mu tidak ngadat atau terputus-putus.

    Pihak telegram mengklaim bahwa Telegram Voice Call lebih unggul dari para pesaing mereka dan berjanji akan terus meningkatkan kualitas Voice Call kedepannya nanti.

    #4. Complete Control

    Tidak mau terganggu dengan Voice Call? Misalnya sedang rapat penting atau saat family time? Jangan khawatir, kamu punya kendali penuh atas fitur ini.

    Kamu diberikan opsi untuk memilih siapa yang bisa melakukan panggilan suara terhadapmu. Apakah setiap orang (Everybody), orang-orang yang ada di daftar kontakmu (My Contacts) atau memblokir seluruh panggilan suara (Nobody). Kamu juga bisa memilih orang-orang tertentu yang bisa melakukan Voice Call (Always Allow) atau memblokir orang-orang tertentu (Never Allow).

    Selain pengaturan pada orang-orang yang bisa melakukan Voice Call, kamu juga bisa mengatur kualitas paket data yang digunakan saat melakukan panggilan suara. Misalnya kamu lagi ngirit paket karena sudah tanggal tua, kamu bisa mengatur penggunaan sedikit paket data saja (less data) saat melakukan Voice Call, namun penggunaan less data ini akan mengorbankan kualitas suara yang dihasilkan.

    #5. Mudah Digunakan

    Pihak telegram mengklaim bahwa fitur Voice Call mereka sangat mudah digunakan (easy to use), hanya dengan mengklik tab pada bagian atas layar, kamu sudah bisa melakukan panggilan suara. Begitu rekan kamu sudah meng-update Telegram-nya, maka otomatis akan muncul icon telepon pada profil mereka, yang artinya kamu sudah bisa melakukan panggilan suara.

    Update Telegram Terbaru, Sudah Bisa Voice Call Yang Diklaim Sangat Aman dan Jernih

    Itulah daftar inovasi yang dilakukan telegram untuk mengungguli para pesaing-nya. Namun sayangnya fitur Voice Call pada telegram saat ini masih hanya tersedia untuk wilayah Eropa Barat seperti Austria, Belgia, Perancis, Liechtenstein, Jerman, Luksemburg, Monako dan Belanda (sumber : wikipedia), selain itu akan segera dirilis dalam waktu dekat sesuai dengan janji mereka.

    Update :

    Meskipun pada PlayStore dan Apple Store tertulis Voice Call hanya tersedia di Europe, Africa, North dan South Americas,

    Update Telegram Terbaru Sudah Bisa Voice Call, Diklaim Sangat Aman!

    Kenyataannya saat ini kamu yang berada di Indonesia sudah bisa mendapatkan fitur Voice Call ini, update Telegram kamu ke versi 3.18, buktikan sendiri. 🙂

    Demikian artikel Update Telegram Terbaru Sudah Bisa Voice Call, Diklaim Sangat Aman!

    Share jika bermanfaat..

    About John Ahmad 13 Articles
    Contributer omkepo.com - Pencinta fotografi dan teknologi.

    Be the first to comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.