Gorilla Glass, Seberapa Kuat Kaca Anti Gores Ini Sesungguhnya?

Gorilla Glass, Seberapa Kuat Anti Gores Ini Sesungguhnya?

Gorilla Glass, Seberapa Kuat Kaca Anti Gores Ini Sesungguhnya? | omkepo.comGorilla Glass bukanlah kata yang asing buat kita saat ini. Hampir bisa dipastikan semua pencinta gadgets tahu apa itu gorilla glass. Saat mendengar kata ini, kita langsung membayangkan tentang sebuah layar smartphone yang kuat dan tahan terhadap goresan.

Gorilla Glass memang dianggap sebagai anti gores terbaik dalam teknologi touchscreen. Serat anti gores dari gorilla glass ini digunakan untuk melindungi tampilan layar sentuh untuk gadget portable seperti smartphone, komputer tablet dan MP3 Players.

Gorilla Glass, Seberapa Kuat Kaca Anti Gores Ini Sesungguhnya?

Anti gores ini dirancang untuk melindungi layar yang rentan terhadap goresan, besutan dan retak.

Tapi tahukah kamu..

Gorilla Glass, Seberapa Kuat Kaca Anti Gores Ini Sesungguhnya?

Seperti disadur dari knowhow.com, artikel yang berjudul “A Guide To Gorilla Glass : What are the limits, and how careful di I need to be?” ini menjelaskan tentang batasan Gorilla Glass yang perlu kamu ketahui berikut tips tentang cara untuk menjaga perangkat touchscreen ini.

Gorilla Glass : Antara Fakta dan Fiksi

Gorilla Glass sering disalahartikan sebagai scratch-proof (seperti bullet-proof), tapi ada perbedaan besar antara ‘scratch-resistant‘ dan ‘scratch proof‘ glass ?

  1. Scratch-proof artinya tahan terhadap goresan. Teknologi semacam ini belum ada saat ini. Kaca apa pun dapat dipatahkan jika diberi tekanan yang cukup kuat.
    Gorilla Glass BUKAN scratch proof.
  2. Scratch-resistant jika didefenisikan jauh lebih kuat daripada kebanyakan layar biasa itu benar. Lebih kecil kemungkinannya untuk tergores. Namun kekuatan ekstrim, objek yang sangat tajam, dan gesekkan yang berulang-ulang dapat meninggalkan goresan.
    Gorilla Glass adalah scratch-resistant.

Lalu Bagaimana Cara Menjaga Dan Melindungi Layar Gorilla Glass?

  1. Lebih bersikap lembut pada perangkatmu dalam mengetuk atau menyentuh layar, hindari benturan, goresan yang tidak disengaja dan hindari terkena benda tajam dalam sakumu. (Jangan satukan gadgetmu dengan kunci mobil atau kunci motor);
  2. Label scratch-resistant bukan tantangan, jadi cobalah untuk menghindari hal-hal berikut :
    • Menjatuhkan perangkatmu dari tempat yang cukup tinggi ke permukaan yang keras;
    • Memberikan tekanan ekstrim / tekanan menggores layar dengan benda tajam (kunci, pisau, corkscrews, dan gunting). Kecuali kamu memang ingin mengujinya seperti video-video yang banyak beredar di Youtube.
  3. Gunakan tambahan berikut untuk melindungi layar smatphone :
    • Sebuah tas/case untuk memberikan perlindungan ganda;
    • Gunakan Hard Case, lebih baik daripada casing kain, silikon atau dari kulit;
    • Casing yang memiliki pelindung yang keras (hard case) di bagian belakang bisa meminimalkan dampak jika tidak sengaja menjatuhkan perangkat atau smartphone ke permukaan yang keras;
    • Menggunakan anti gores atau tempered glass, lapisan ini akan melindungi layar smartphone dari minyak dan keringat.

Lalu apakah ada layar pelindung yang benar-benar damage-proof?

Tidak ada!!

Pada saat ini, semua serat kaca rentan terhadap kerusakan. Perusahaan di balik Gorilla Glass terus bekerja untuk memperkuat serat ini.

Produk Gorilla Glass saat ini merupakan hasil karya dan kerja keras terbaik dari Corning untuk membuat kaca menjadi sekuat mungkin, bahkan mereka telah membuat kaca dengan anti bakteri.

Bahkan generasi terbaru dari Gorilla Glass diklaim 20% lebih tipis, dan lebih responsif terhadap sentuhan dibanding seri pendahulunya.

Ini berarti bahwa gambar layar akan berpotensi lebih cerah dan lebih ramping dalam desain.

Banyak pengalaman pengguna termasuk omkepo, yang mengatakan bahwa Gorilla Glass ini justru tahan terhadap benda tajam (bisa kita lihat banyak videonya di youtube), namun rentan terhadap kunci, debu atau pasir halus yang bisa saja berada di saku celana sobat.

Jadi kesimpulannya, bagi kamu pencinta gadgets, berhati-hatilah dengan smartphonemu, tetap menggunakan pelindung untuk menghindari layar dari goresan, jangan terlena dengan iming-iming kekuatan Gorilla Glass yang katanya tahan terhadap goresan.

Demikian artikel Gorilla Glass, Seberapa Kuat Kaca Anti Gores Ini Sesungguhnya?

Semoga artikel ini bermanfaat..

Jangan lupa di share..

About John Ahmad 13 Articles
Contributer omkepo.com - Pencinta fotografi dan teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.