10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta

Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta

Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta | omkepo.com – Planet (dari bahasa Yunani Kuno αστήρ πλανήτης (astēr planētēs), berarti “bintang pengelana”) adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah “membersihkan” daerah sekitar orbitnya yang dipenuhi planetesimal. Sumber id.wikipedia.org

Selama ini kamu mungkin berpikir bahwa planet mirip-mirip saja satu dengan yang lainnya, berupa bola gas atau pun padat. Namun ternyata di luar sana, terdapat planet-planet aneh dan unik jika dilihat dari sifat dan bentuknya.

Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta

#10. TrES-2b

10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta
img source : nasa.gov

Planet ini bernama TrES-2b dengan jarak sekitar 750 tahun cahaya dari tata surya kita. Sejauh ini, TrES-2b merupakan planet tergelap dari seluruh alam semesta dan sungguh terkesan menyeramkan.

Planet ini hanya memantulkan kurang dari 1% cahaya yang diterima, kemungkinan keseluruhan planet ini dipenuhi oleh gas yang menyerap cahaya namun para ilmuwan pun masih bingung kenapa bisa sampai gelap begitu.

Lebih menyeramkan lagi, planet ini juga mengeluarkan warna merah menyala seperti batu bara yang dibakar. Wajar saja karena suhu di permukaan planet ini mencapai 1100 derajat celsius.

#9. 55 Cancri e

10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta
img source : kiwi.com

Kebalikan dari planet sebelumnya, ’55 Cancri e’ malah berkilau-kilau seperti berlian dalam gelapnya luar angkasa. Kenyataannya planet berukuran dua kali lipat dari bumi ini memang adalah sebuah berlian raksasa, sepertiga dari planet tersebut terbuat dari berlian padat.

Untuk mengambil berliannya, sobat harus sanggup pergi menempuh 40 tahun cahaya. Hehe..

#8. Gliese 436b

10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta
img source : spitzer.caltech.edu

Hukum kimia sepertinya tidak berlaku di planet ini. Bagaimana mungkin api dapat menyala-nyala di atas sebuah es batu?

Itulah yang persis terjadi pada planet bernama Gliese 436b. Permukaan esnya terbakar terus-menerus dengan suhu 439 derajat celsius, membuat para ilmuwan heran karena esnya tetap kokoh meskipun terbakar.

Ternyata penyebabnya adalah akibat gravitasi planet tersebut yang begitu kuat sampai dapat memadatkan air yang meleleh dan mencegahnya menguap.

#7. HD 189773b

10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta
img source : pbs.org

Planet ini setiap harinya mengalami hujan beling/gelas dan turun bukan dari langit ke tanah, namun seperti angin yang bergerak membujur.

Sebenarnya atmosfernya penuh oleh partikel-pertikel silikon yang memberi warna biru cantik pada planet ini, namun karena temperatur permukaannya yang sangat tinggi, silikon tersebut memadat menjadi kaca dan terbang dengan kecepatan sampai 4000 mil per jam.

#6. WASP-12b

10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta
img source : wikimedia.org

Planet malang ini secara perlahan-lahan disantap oleh mataharinya sendiri dikarenakan lokasinya yang terletak di dalam orbit yang amat dekat dengan matahari tersebut.

Ukurannya sama dengan planet Jupiter namun terlihat lebih besar akibat membengkak karena dibakar matahari, sampai bentuknya pun tidak lagi bundar, namun oval seperti telur.

#5. Gliese 581c

10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta
img source : astronaut.com

Planet ini sangat spesial di kalangan ilmuwan karena merupakan salah satu planet yang paling potensial untuk menunjang kehidupan. Dinamakan Gliese 581c.

Planet ini sebenarnya berbeda dengan bumi, Gliese 581c mengorbit pada ‘Red Dwarf Star’.

Jadi jika sobat tinggal di planet ini dan melihat ke langit, sobat tidak akan melihat langit biru dan terang melainkan langit merah gelap. Itupun kalau sempat melihat langit, karena saking panasnya sobat akan terbakar seketika.


Planet ini juga tidak berotasi pada sumbunya, sama seperti bulan bumi yang selalu menampakan permukaan yang sama. Dan di permukaan lain yang tidak terbakar, sobat akan langsung membeku kedinginan.

Lalu bagaimana kehidupan dapat berlangsung disini?

Ada sebagian daerah di antara bagian panas dan dinginnya planet ini yang mempunyai kondisi sangat baik untuk menunjang kehidupan.

#4. WASP-17b

10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta
img source : cosmosup

Planet ini berada di konstelasi Scorpius dan dinamakan WASP-17b. Ukurannya 1.9 kali lebih besar daripada planet terbesar di tata surya kita, yaitu Jupiter.

Secara teori, planet ini sangat mustahil ada dikarenakan ukurannya yang sangat besar. Meski begitu, WASP-17b mempunyai massa yang amat rendah sehingga planet ini masuk dalam kategori ‘Puffy Planets’ atau ‘Planet Gembung’.

Namun yang membuat planet ini sangat aneh adalah orbitnya yang bertolak belakang dari matahari.

#3. HD 188753 Ab

10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta
img source : topaps.com

Berjarak 129 tahun cahaya dari Bumi, planet ini mempunyai matahari yang tidak tanggung-tanggung, bukan satu atau dua melainkan tiga matahari.

Jika sobat dapat berkunjung ke planet ini, sobat akan melihat 3 bayangan tubuh dan gerhana matahari yang terus-menerus. Dan tentu saja sobat juga akan melihat matahari terbit dan tenggelam paling unik dan cantik dari seluruh alam semesta.

#2. GJ 1214b

10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta
img source : tumblr.com

Sekarang coba sobat bayangkan sedang berada di tengah Samudra Pasifik, langit biru cerah dengan awan yang gempal, lalu sobat melihat sekeliling dan tidak melihat tanda-tanda adanya pulau sama sekali, hanya air laut yang tak berujung.

Itulah yang akan dialami jika datang ke planet GJ 1214b, 47 tahun cahaya dari Bumi. Seluruh dari permukaan planet ini adalah sebuah lautan atau samudra raksasa yang tidak akan ada habisnya. Para ilmuwan menyebut planet ini sebagai “Waterworld” atau “Dunia Air”.

#1. Kepler 438b

10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta
img source : rawstory.com

Planet nomor satu di daftar ini berjarak 470 tahun cahaya dan dinamakan Kepler 438b, karena ditemukan oleh observatorium luar angkasa Kepler.

Keanehan pada planet ini bukan karena temperaturnya yang ekstrim atau fitur-fitur yang jauh lebih aneh, melainkan justru karena planet ini benar-benar mirip dengan bumi dengan tingkat kemiripan mencapat 0.88 (maksimal 1).

Planet ini memiliki semua syarat yang dibutuhkan untuk mendukung kehidupan, dan lokasinya pun tidak terlalu dekat dari matahari dan juga tidak terlalu jauh.

Karena karakteristiknya tersebut, planet ini diduga memiliki air yang pada umumnya adalah sumber dari kehidupan.

Itulah 10 planet terunik dan aneh yang ada di luar angkasa. Bersyukurlah kita masih bisa tinggal di bumi, karena indah dan sangat layak untuk menunjang kehidupan jika dibandingkan dengan planet lain.

Mari kita jaga bumi kita.. 🙂

Itulah 10 Planet Terunik Yang Ada Di Alam Semesta.

Share jika bermanfaat…

Sumur : tentik.com

About OmKepo 74 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.