Mengapa Pesawat Tidak Pernah Tersambar Petir?

Mengapa Pesawat Tidak Pernah Tersambar Petir?

Mengapa Pesawat Tidak Pernah Tersambar Petir? | omkepo.com – Pernah ga kamu bertanya-tanya, kenapa ya kok pesawat tidak pernah tersambar petir? Padahal kan pesawat berada di udara dan sering melewati kondisi cuaca yang buruk dan banyak petir.

Dalam cuaca yang buruk yaitu hujan lebat dan terjadi sambaran petir, pesawat merupakan benda yang sangat rentan terkena petir karena berada di ketinggian. Namun pernahkah dari kita mendengar kasus pesawat tersambar petir??

Mungkin jarang kita dengar karena pesawat memiliki alat khusus semacam alat penangkal petir.

Lalu alat apakah itu?

Yuk simak penjelasannya..

Sebenarnya kemungkinan pesawat untuk tersambar petir selalu ada. Namun, pesawat dilengkapi sistem Static Discharge (SD) pada badannya. Hal ini membuat kemungkinan pesawat tersambar petir menjadi sangat kecil, terutama pesawat-pesawat modern.


Petir terjadi karena adanya perbedaan muatan listrik di udara, akibat gesekan antara awan atau benda dengan udara maka timbul muatan listrik statis pada benda itu. Sama halnya dengan pesawat, saat bergerak di udara akan terbentuk listrik statis di badan pesawat.

Lalu bagaimana jika SD rusak?

Ya bisa saja pesawat tersambar petir yang dampaknya dari yang kecil hanya mengganggu peralatan komunikasi dan navigasi sampai dampak yang berbahaya yaitu pesawat terbakar di udara walaupun hal ini sangat-sangat jarang terjadi.

Namun sobat jangan khawatir, SD pesawat sangat jarang rusak, karena bentuknya hanya berupa kawat atau lempengan plastik berisi logam yang ditempatkan di ujung sayap atau ekor pesawat dengan jumlah 12-16 buah sehingga perawatannya pun sangat sederhana.

Mengapa Pesawat Tidak Pernah Tersambar Petir?
Statis Discharge

SD berfungsi untuk membuang listrik ke udara sehingga kecil kemungkinan tersambar petir. Namun jika pesawat tetap tersambar petir, muatan listrik akan mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.

Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikan api.

Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk ke dalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

Nah sekarang sobat sudah tau kan mengapa pesawat tidak pernah tersambar petir?

Demikian artikel tentang Mengapa Pesawat Tidak Pernah Tersambar Petir?

Share jika bermanfaat, jangan biarkan teman Anda gaptek. 😛

About OmKepo 74 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.