4 Benda Tercepat Yang Pernah Diciptakan Manusia

Benda Tercepat Yang Pernah Diciptakan Manusia

Benda Tercepat Yang Pernah Diciptakan Manusia | omkepo.com – Kemajuan teknologi terjadi sangat pesat di berbagai bidang. Termasuk dalam bidang transpostasi. Hal ini tentunya akibat dari kebutuhan manusia yang semakin hari semakin meningkat, termasuk dalam hal mobilitas.

Tak hanya itu, hasrat manusia untuk menjelajah alam semesta juga akhirnya memaksa manusia untuk menciptakan benda terbang tercepat agar bisa melesat ke angkasa.

Berikut 4 Benda Tercepat Yang Pernah Diciptakan Manusia

#4. Kereta Api Manglev

benda tercepat ciptaan manusia
Kereta Api Manglev Image Source

Seperti namanya, prinsip dari kereta api ini adalah memanfaatkan gaya magnet untuk mengangkat kereta sehingga mengambang, tidak menyentuh rel sehingga gaya gesek dapat dikurangi.

Kereta maglev juga memanfaatkan magnet sebagai pendorong. Dengan kecilnya gaya gesek dan besarnya gaya dorong, kereta ini mampu melaju dengan kecepatan sampai 600 km/jam, jauh lebih cepat dari kereta biasa.

Beberapa negara yang telah mengembangkan kereta api jenis ini adalah Tiongkok, Jepang, Perancis, Amerika, dan Jerman. Dikarenakan mahalnya pembuatan rel magnetik, hingga tahun 2015, hanya ada dua jalur Maglev yang dibuka untuk transportasi umum di dunia, yaitu Shanghai Transrapid di Tiongkok dan Linimo di Jepang.

#3. Pesawat NASA X-43

benda tercepat ciptaan manusia
Pesawat NASA X-43 Image http://static.republika.co.id

Saat membayangkan pesawat cepat, mungkin kita akan mengimajinasikan deretan jet-jet tempur macam F-16 atau SU-35. Pesawat-pesawat itu memang cepat, tapi bukanlah yang tercepat. Ya, X-43 inilah yang paling gila kecepatannya. Saking cepatnya, kita mungkin takkan bisa membayangkan seberapa cepat pesawat ini.

Berapa ukuran pasti kecepatan pesawat ini?

Menurut data yang ada, X-43 mampu melesat sampai kecepatan 9.6 mach atau sekitar 11.000 km/jam.

Kecepatan ini sendiri masuk dalam kategori hypersonic. Kalau dianalogikan lagi dengan jarak, pesawat ini mampu menempuh Sabang ke Merauke kurang dari sejam.

Luar biasa!

#2. Apollo 10

benda tercepat ciptaan manusia
Apollo 10 Image source

Para astronot Apollo 10 memang tidak pernah berhasil menginjakkan kaki mereka di bulan, namun mereka berhasil tercatat sebagai manusia yang pernah mengendarai kendaraan tercepat yang pernah dibuat oleh manusia.

Dengan kecepatan Apollo 10 yang dapat mencapai hingga 40.000 km/jam, para astronot itu hanya membutuhkan waktu sekitar 54 jam untuk dapat pulang pergi dari bumi menuju orbit bulan lalu kembali lagi menuju bumi.

#1. Helios Probe

benda tercepat ciptaan manusia
Helios Probe Image Source

Untuk mengorbit pada bumi, satelit harus mampu melaju di atas kecepatan 14.000 km/jam dalam ketinggian minimum (Low Earth Orbit, LEO) : 300 – 1500 km di atas permukaan bumi supaya tidak jatuh ke permukaan bumi.

Kemudian untuk dapat berhasil melawan gaya tarik gravitasi bumi, sebuah objek benda paling tidak harus memiliki kecepatan jelajah sekitar 40.000 km/jam.


Baca Juga:

    Helios Probe berada di urutan teratas sebagai benda tercepat yang pernah diciptakan manusia, benda ini memiliki kecepatan 2 kali kecepatan revolusi bumi terhadap matahari.

    Kecepatan tertinggi Helios probe yang pernah tercatat adalah sekitar 68,7 km/detik, atau 247.500 km/jam.

    Dari berbagai sumber..

    Itulah 4 Benda Tercepat Yang Pernah Diciptakan Manusia.

    Share jika bermanfaat..

    About OmKepo 74 Articles
    OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

    Be the first to comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.