Apa Bedanya Kecepatan Internet Satuan MBps dan Mbps?

Apa bedanya Kecepatan Internet Satuan MBps dan Mbps?

Apa bedanya Kecepatan Internet Satuan MBps dan Mbps? | omkepo.com – Kecepatan internet biasanya disebutkan dalam satuan MBps dan Mbps, serupa tapi sebenarnya tidak sama.

Sekarang ini kita sering menjumpai iklan dan promosi dari berbagai produk komunikasi seperti handphone, modem, dan kartu perdana yang menggembor-gemborkan kecepatan mereka. Ada yang 72 Mbps, ada yang 7,2 Mbps, ada yang cuma 2,1 Mbps.

Lalu kita mulai tergiur untuk menikmati layanan dari operator tertentu. Kita mulai tertarik dengan produk tertentu. Namun dahi kita mengernyit karena gak sesuai dengan ekspektasi yang kita pikirkan.

Mengapa Kecepatan Internet Turun Jauh Dari Yang Tertulis?

Apa maksudnya kecepatan internet MBps dan Mbps?

Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

MBps = Mega bytes per second;
Mbps = Mega bit per second;
B = Bytes;
b = bit;
1 Bytes = 8 Bit;

Apa bedanya Kecepatan Internet Satuan MBps dan Mbps?

Byte adalah satuan terkecil dari suatu besaran suatu data digital yang memiliki ukuran tertentu. Misalkan sebuah data digital (kita ambil contoh saja : file MP3) memiliki besar 5.000.000 Byte = 5.000 KB (Kilo Byte) = 5 MB (Mega Byte).

Nah, sedangkan bit adalah satuan terkecil “pembentuk” data digital dalam bentuk besaran data. Lebih mudahnya, bit adalah partikel pembentuk data. Data tersebut dikirim dalam bentuk partikel-partikel bit.

Oleh karena itu bit digunakan untuk modus transfer data, sehingga satuan bit lebih tepat sebagai satuan kecepatan transfer data. Untuk membentuk data 1 byte dibutuhkan proses transfer data sebanyak 8 bit dalam jangka waktu tertentu.

Perbedaannya satuan byte dan bit adalah pada ukurannya, ukuran satuan byte lebih besar dari ukuran satuan bit, 1 bit sama dengan 0.125 byte, atau 1 bit dibagi 8 jika diubah ke satuan byte.
Misalnya :
  • 3.1 Mbps/310 kbps/3100 bps = 0.387 MBps/387 KBps.
    Jika satuan bits diubah ke satuan byte berarti dibagi 8, jadi kecepatan 3.1 Mbps sebenarnya kecepatannya hanya 387 KBps maksimalnya, karena biasanya di PC, gadget atau handphone kecepatan internetnya menggunakan satuan ukuran byte bukan bits, sedangkan operator provider internet kita menggunakan satuan ukuran bits.
  • 7.2 Mbps = 0.9 MBps.
  • 14.7 Mbps = 1.83 MBps.

Semua perangkat jaringan baik itu modem, switch, router, kabel data, dll tentu akan mencantumkan dalam satuan bit. Karena bit adalah satuan standar dalam PHY (OSI layer 1).


Begitu juga satuan yang biasa dicantumkan dalam layanan internet menggunakan Megabit bukannya Megabyte, bukan berarti supaya terlihat lebih tinggi, lebih besar atau lebih cepat.

Namun ditulis dalam satuan bit karena berdasarkan ketetapan standar yang memang dibuat dan dirancang oleh “orang berpendidikan” (dalam hal ini orang yang ahli dalam perancangan networking).

Sedangkan IDM misalnya menggunakan satuan byte (Kilobyte atau Megabyte) karena perangkat komputer (software/sistem operasi) menggunakan bilangan berbasis 2 (biner) oleh karena itu 1 kilobyte = 1024 byte bukan 1000 byte.

Dimana basis 2 (biner) juga menjadi dasar dalam komputasi digital (0 = false dan 1 = true atau 0 = low dan 1 = high).

Janjinya sih 3,1 Mbps, tapi provider hanya memberi 1,6 Mbps. Normal aja, karena kecepatan internet di tentukan oleh banyak hal, seperti lokasi, keadaan cuaca yang selalu berubah-ubah, dan faktor-faktor lainnya.

Tapi kalau Anda hanya di beri 1 Mbps barulah kamu boleh emosi. Saat hal itu terjadi, siapkan amunisi kata-kata terbaikmu untuk melakukan komplain terhadap layanan mereka di Facebook atau Twitter, hehe.

Demikian artikel Apa Bedanya Kecepatan Internet Satuan MBps dan Mbps?

Share jika bermanfaat, jangan biarkan teman Anda gaptek.. 🙂

About OmKepo 74 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.