10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara

10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara

10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara – Sumatera Utara merupakan provinsi keempat terbesar jumlah penduduknya di Indonesia setelah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. id.wikipedia.org/wiki/Sumatera_utara.

Dengan iklimnya yang tropis, Sumatera Utara menyajikan banyak tempat-tempat wisata indah yang wajib sobat kunjungi.

Selain itu, kultur masyarakat yang paling menonjol dengan suku Batak-nya yang begitu unik, dan terpeliharanya warisan budaya dan tradisi leluhur di masa modern ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Yuk Simak 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara.

#1. Danau Toba

Inilah 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara
Danau Toba

Posisi teratas tentu saja adalah Danau Toba. Keindahan danau vulkanis terbesar di dunia ini tidak diragukan lagi keindahannya bahkan popularitasnya sudah dikenal hingga ke dunia internasional.

Danau ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang teramat besar. Letusan tersebut membentuk kawah yang besar dan lama-kelamaan akan terisi air.

Dengan suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan mempesona pegunungan hijau membuat kita enggan beranjak dari tempat ini. Anda dapat menikmatinya dari berbagai spot yang ada di kawasan wisata tersebut.

Yang ikut menambah keunikan dan daya tarik Danau Toba adalah terdapat sebuah pulau di tengah danau ini yang tak lain adalah ikon kepariwisataan Sumatera Utara, yaitu Pulau Samosir.

Untuk menikmati indahnya danau, sobat dapat berkeliling menggunakan sepeda yang dapat disewa, atau olahraga air, berenang, dan menyewa boat untuk jelajah danau. Bahkan sobat bisa menyeberangi danau ini dengan menaiki kapal ferry menuju ke Pulau Samosir.

Di Pulau Samosir sendiri, selain menyajikan keindahan alam yang indah, juga menyajikan pernak pernik kerajinan tangan khas masyarakat batak yang dijajakan sepanjang jalan di Tomok.

Di tengah perjalanan, jika sobat lagi beruntung, bisa melihat tari patung Si Gale-Gale yang sangat terkenal. Cukup hanya dengan membayar 5.000 rupiah saja.

Bagi sobat yang ingin berlama-lama menikmati Danau Toba ini, sobat dapat menyewa penginapan atau hotel yang tersedia di sekitar obyek wisata eksotis ini.

#2. Air Terjun Sipiso-Piso Tongging

Inilah 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara
Air Terjun Sipiso-Piso img source : www.gosumatera.com

Berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus.

Dengan memiliki ketinggian sekitar 120 meter, Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan adanya air terjun ini, Kabupaten Karo menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

Sebelum Anda melihat air terjun ini dari dekat, berkunjunglah di gardu pandang yang terletak di puncak bukit. Anda akan melihat hamparan keindahan Tanah Karo. Dari gardu pandang ini juga, Anda dapat menikmati keindahan Pulau Samosir, pulau yang berada di tengah Danau Toba.

Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai dasar air terjun ini. Dalam perjalanan tersebut, jangan lupa untuk mengabadikan momen indah ini dengan berfoto-foto dengan latar belakang Danau Toba.

Dengan perpaduan hijaunya pepohonan pinus yang rimbun dan suara gemuruh air terjun, membuat suasana hati dan pikiran Anda terasa damai dan tenteram. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan untuk dinikmati bersama keluarga Anda setelah lelah bermain air di Air Terjun Sipiso-piso.

#3. Bukit Lawang

Inilah 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara
Bukit Lawang terletak dekat pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. img source : www.pegipegi.com

Berada di Kecamatan Bahorok, Kab. Langkat, Bukit Lawang merupakan sebuah tempat wisata di Sumatera Utara yang menyuguhkan kegiatan penjelajahan hutan serta menyaksikan dari dekat kehidupan satwa di alam bebas seperti Orang Utan Sumatera. Juga terkenal dengan arus sungainya yang deras dan jernih.

Inilah 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara
Bukit Lawang terletak dekat pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. img source : initempatwisata.com

Kawasan wisata Bukit Lawang disukai banyak kalangan sebagai salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Sumatera Utara. Tersedia banyak penginapan dan losmen. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya tracking hingga rafting.


Baca Juga:

    Dari kota Medan, Anda perlu menempuh perjalanan selama sekitar 3 jam untuk dapat sampai di kawasan wisata Bukit Lawang ini.

    #5. Pulau Nias

    Inilah 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara
    Tradisi Lompat Batu di Nias. img source : www.initempatwisata.com

    Nias memiliki reputasi dunia dengan pesona lompat batu dan kegiatan selancar. Dinding batu setinggi 2 meter dapat dilompati oleh pemuda setempat dengan begitu mudahnya. Ini adalah suguhan atraksi di Nias yang terkenal, dapat Anda temukan di desa Bawomatauo.

    Tradisi lompat batu di Pulau Nias lahir dari kebiasaan berperang antardesa masyarakat Pulau Nias. Di desa Bawatomataluo dan Hilisimae, ada juga pertunjukan tari perang tradisional dimana para penarinya mengenakan kostum tradisional dengan bulu burung berwarna cerah yang diikatkan di kepala mereka.

    #6. Air Terjun Dua Warna Sibolangit

    Inilah 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara
    Air Terjun Telaga Sibolangit. img source : tempatwisataunik.com

    Air Terjun Dua Warna terletak di Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara. Airnya berasal dari Gunung Sibayak. Ketinggian Air Terjun Dua Warna berada pada 1270 meter dpl.

    Kenapa dikatakan Air Terjun Dua Warna?

    Jawabannya adalah karena air terjun indah ini memang memiliki dua gradasi warna yang berbeda. Air yang tertampung dari pancurannya di bawah berwarna putih keabu-abuan sementara air terjun yang tumpah riuh dari atas berwarna biru muda. Air terjun Dua Warna, tidak hanya terdapat satu air terjun saja, melainkan tiga. Sungguh luar biasa keajaiban Sang Pencipta!

    Bagi sobat yang menyukai wisata alam, tempat ini tak boleh dilewatkan. Jika ditempuh dari Kota Medan, butuh waktu 2 jam perjalanan.

    #7. Hillpark Sibolangit

    Inilah 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara
    Hillpark Sibolangit. img source : images.detik.com

    Hillpark Sibolangit merupakan sebuah tempat yang wajib sobat kunjungi apabila anda melancong ke kota Medan. Sebuah taman bermain (themepark) yang terletak di Sibolangit ini diklaim sebagai taman bermain yang terbesar di pulau Sumatera.

    Terbagi menjadi 3 tema besar yaitu Lost City, Toon town, dan Heritage. Wahana yang ada diantaranya Roller Coaster (Gelegar), Ferries Wheel (Kincir raksasa), 4D theatre, dan amphiteathre berkapasitas 1,200 untuk pertunjukan dan konser.

    Jika dilihat, taman bermain Hill Park yang ada di Sibolangit ini mirip dengan Dufan yang ada di Jakarta, atau dengan Trans Studio yang ada di Makassar dan Bandung. Tetapi berbeda dengan Dufan, HillPark ini masih lebih kecil.

    Dinamakan HillPark karena lokasinya sendiri berada di pegunungan Sibolangit, di mana waktu tempuhnya sekitar satu jam dengan mobil dari Medan. Namanya juga di pegunungan, nggak heran jika jalanan berkelok-kelok. www.hillparksibolangit.com;

    #8. Danau Lau Kawar

    Inilah 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara
    Danau Lau Kawar. img source : https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Lau_Kawar

    Danau Lau Kawar terletak di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Dengan airnya yang berwarna biru, Danau Lau Kawar memiliki luas sekitar 200 hektar, lebih kecil dari Danau Toba.

    Walau lebih kecil dari Danau Toba, Danau Lau Kawar memiliki suasana yang asri dengan banyak pepohonan hijau di kaki gunung sehingga tidak kalah indah dari Danau Toba.

    Di pinggir Danau Lau Kawar sering terdapat grup yang berkemah, beristirahat saat mendaki Gunung Sinabung. Selain itu kita juga dapat melihat beberapa orang memancing di tengah danau dengan menggunakan perahu kecil.

    #9. Istana Maimun

    Inilah 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara
    Istana Maimun. img source : aryanipuspitasaridevi

    Istana Maimun yang saat ini sudah menjadi ikon kota Medan, Sumatera Utara adalah sebuah peninggalan Kerajaan Deli. Sejak tahun 1946, istana ini dihuni oleh ahli waris kesultanan Deli.

    Istana seluas lebih dari 2,700 meter ini memiliki lebih dari 30 buah ruangan dengan desain interior yang merupakan perpaduan budaya Melayu, Islam, Itali, Spanyol, dan Italia. Selain berfoto-foto di bangunan bersejarah ini, pengunjung juga dapat melihat-lihat koleksi perabotan Belanda kuno, koleksi foto-foto kelaurga sultan, dan koleksi macam-macam senjata.

    Berlokasi di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Medan, Istana Maimun sudah menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang selalu dikunjungi oleh orang yang datang ke kota Medan. Harga tiket masuk Istana Maimun adalah 5,000 Rupiah per orang.id.wikipedia.org/wiki/Istana_Maimun.

    #10. Air Terjun Sigura-Gura

    Inilah 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara
    Air Terjun Sigura-Gura. img source : initempatwisata.com

    Air terjun paling tinggi di Indonesia dengan suara air yang dapat terdengar sampai jauh dan aliran yang deras. Ketinggiannya mencapai 250 meter dan letaknya dekat dengan Danau Toba. Memiliki hawa sejuk dan menyegarkan.

    Aliran sungai dari air terjun Sigura-Gura ini kerapkali menjadi tempat kompetisi rafting di Indonesia dan dunia dengan aliran air yang deras dan berkontur bebatuan. Beberapa kegiatan populer selain rafting, tentu saja berkemah di areal air terjun.

    Selain itu, berenang di sungai dekat air terjun tersebut adalah kegiatan yang hampir selalu dilakukan banyak wisatawan di samping berfoto dengan latar belakang air terjun dan bentang alamnya yang mempesona.

    Itulah 10 Tempat Wisata Yang Keren Di Sumatera Utara.

    Referensi :
    id.wikipedia.org;
    www.gosumatra.com;
    www.semedan.com;
    www.initempatwisata.com;

    Share jika bermanfaat..

    About Widyasti Putri 11 Articles
    Contributor - Cool calm but stay colorful.

    Be the first to comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.