10 Makanan Tradisional Khas Aceh Yang Enak

Makanan Tradisional Khas Aceh Yang Enak

Makanan Tradisional Khas Aceh Yang Enak | omkepo.com – Aceh yang merupakan provinsi paling ujung barat Indonesia ini selain memiliki beragam kekayaan alam dan budaya, juga memiliki makanan tradisional yang khas dan nikmat.

Bagi pecinta wisata kuliner tak ada salahnya untuk datang ke Aceh dan mencicipi cita rasa makanan khas-nya. Beraneka ragam sajian kuliner yang bisa membuat lidah kita bergoyang. 🙂

Apa saja makanan tradisional khas Aceh tersebut, yuk kita simak.

10 Makanan Tradisional Khas Aceh Yang Enak

#1. Mie Aceh

Mie Aceh. Img Source : diaryhijaber.com

Siapa yang tak kenal mie ini, dengan cita rasa pedas menggoda berwarna kekuningan hampir merah. Biasanya disajikan dengan daging cincang, kepiting ataupun udang, tergantung selera kamu. Saat ini Mie Aceh sudah banyak ditemukan di penjuru Indonesia, namun rasanya tidak sama jika kamu datang langsung ke Aceh.


#2. Sate Matang

Sate Matang img source : indonesiakaya.com

Dinamakan sate matang bukan karena sate ini sudah dimasak (tidak mentah), tetapi karena memang sate ini berasal dari daerah Matang, Bireueun. Terdiri dari dua pilihan menu yaitu sate kambing dan daging sapi yang telah diungkep dengan bumbu terlebih dahulu lalu dibakar.

Sebagai pelengkapnya kerap disajikan dengan kuah soto dengan aroma khas Aceh yangkaya akan rempah.

#3. Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek img source : food.detik.com

Kuah sie itek ini adalah masakan bebek yang digulai dengan bumbu khas Aceh yang sangat menggoda. Gulai itek ini yang paling terkenal berasal dari Kota Bireueun juga.

#4. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap img source : dutaindonesia.asia

Ayam tangkap merupakan makanan khas aceh yang berasal dari Aceh Besar. Terbuat dari ayam yang digoreng dengan cabai hijau dan daun temuru atau daun kari. Rasanya hampir sama seperti ayam goreng pada umumnya namun yang membuat khas karena aromanya karena disajikan bersama cabai hijau dan daun temuru yang juga digoreng.

#5. Martabak Aceh

Martabak img source : MasakanDapurku.com

Martabak yang berasal dari aceh ini memang berbeda dari martabak yang biasa kita kenal. Dengan bahan dasar roti cane, dicampur dengan telur, daging sapi ataupun daging ayam kemudian digoreng.

Sepintas mirip dengan telor dadar biasa namun lebih tebal, martabak ini menggunakan roti cane sebagai “kulitnya”, dan dengan rasa yang gurih dan sedikit pedas.

#6. Kue Timpan

Kue Timpan img source : Tribunnews.com

Timphan yang sekilas seperti kue lepat ini merupakan makanan lembek berbalut daun pisang muda yang diisi srikaya tau kelapa di bagian tengahnya.

Kue basah khas Aceh ini biasanya dihidangkan disaat lebaran lebaran saja. Baik lebaran Idul Adha ataupun lebaran Idul Fitri. Timphan ini dibuat 1 atau 2 hari sebelum lebaran dan daya tahannya bisa mencapai lebih kurang seminggu.

#7. Keumamah

Keumamah img source : InfoKuliner.com

Keumamah merupakan masakan khas Aceh lainnya dengan cita rasanya yang sangat nikmat. Persis seperti bentuknya, ikan kemamah terbuat dari ikan tuna yang telah direbus dan dikeringkan kemudian diiris-iris.

Keumamah biasanya dimasak dengan santan kelapa, kentang, cabai hijau dan bahan rempahan lainnya. Selama perang Aceh melawan Belanda di hutan belantara, jenis masakan ini sangat terkenal karena sangat mudah dibawa dan dimasak untuk perbekalan saat berperang.

#8. Rujak Aceh Samalanga

Rujak Aceh Samalanga img source : Hello-PET.com

Rujak Aceh sudah sangat dikenal di seluruh nusantara. Mengolahnya pun tidak terlalu sulit sehingga banyak kalangan yang menginginkan resep Rujak Aceh dimana bahan-bahannya berupa buah-buahan seperti rujak pada umumnya.

Dengan bumbunya yang terbuat dari gula aren, asam jawa dan cabai rawit, sehingga Rujak Aceh semakin terasa di lidah yang ditambah dengan cabe rawit, rujak aceh ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuat rasanya berbeda dan rujak pada umumnya.

Yang membuat rujak Aceh berbeda adalah buah yang dipakai. Rujak Aceh menggunakan buah rumbia khas Aceh. Buah yang daunnya digunakan untuk membuat atap rumah ini diserut bersama buah-buahan lainnya.

Rujak Aceh sudah menjadi makanan tradisional di daerah ini sejak lama. Makanan ini nikmat dimakan dalam keadaan dingin atau dicampur dengan es serut dengan siraman saus rujak dan dinikmati di siang hari yang terik.

#9. Gulai Kambing Aceh

Gulai Kambing Aceh img source : ceritaperut.com

Gulai kambing Aceh mempunyai rasa yang khas, karena memakai bumbu khas Aceh. Dimasak dengan menggunakan kuali besi yang besar dan terus dipanaskan. Artinya kapanpun anda pesan gulai kambing selalu dihidangkan dalam keadaan panas, kuah yang tidak kental, daging kambing nya pun empuk dan tidak bau.

Sobat juga akan dihidangkan daging rebus cincang yang di campur dengan bawang dan cabe rawit tumbuk serta jeruk nipis sebagai pelengkap gulai kambing. Kalo berkunjung ke Banda Aceh jangan lupa untuk mencicipi hidangan yang satu ini.

#10. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U img source : negerikuindonesia.com

Kuah Pliek U merupakan makanan khas Aceh yang melambangkan keanekaragaman dan kekerabatan masrarakat Aceh. Kuah Pliek U biasanya disajikan satu kuali berbagai macam rasa.

Makanan ini sangat populer di Aceh karena rasanya yang unik dan digemari oleh seluruh masayarakat, bahkan turis asing yang sinnggah di sana. Beragam sayuran dapat ditemukan di Kuah Pliek U ini, sehingga berasa memakan semua jenias sayuran yang ditanam di Aceh.

Masakan ini sangat mudah didapatkan, hampir setiap rumah makan di Aceh pasti menyediakan Kuah Pliek ‘U.

Itulah 10 Makanan Tradisional Khas Aceh Yang Enak.

Share jika bermanfaat..

About Widyasti Putri 11 Articles
Contributor - Cool calm but stay colorful.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.