14 Tips Memilih Tas Traveling Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Tas Traveling Sesuai Kebutuhan

14 Tips Memilih Tas Traveling Sesuai Kebutuhan | omkepo.com – Untuk menghilangkan kejenuhan akan kesibukan kita sehari-hari, traveling memang bisa jadi solusi tepat. Terkadang tidak perlu tempat yang jauh atau biaya yang mahal, cukup tinggal persiapkan tas, dan get lost!

Tapi tahukah kamu bahwa ketepatan dalam pemilihan tas untuk traveling sangat mempengaruhi kenyamanan selama melakukan perjalanan?

Pernahkah kamu merasa telah salah tas ketika bepergian? Atau malah bingung saat memilih tas yang cocok sesuai kebutuhan saat itu? Misal apakah kamu akan bepergian untuk keperluan bisnis, wisata atau lainnya..

Jadi..

Sebelum melakukan traveling, sebaiknya kenali dulu jenis-jenis tas serta tips memilih tas sesuai kebutuhan traveling kamu.


Tips Memilih Tas Traveling Sesuai Kebutuhan

Ada beberapa jenis tas yang ada di pasaran yang memang ditujukan untuk kebutuhan traveling terutama saat bepergian untuk berwisata.

#1. Carrier

memilih tas carrier
http://www.afrizalr.com/

Tas carrier merupakan jenis tas ransel yang cocok untuk melakukan perjalanan jauh dan lama karena jenis tas ini bisa menampung banyak barang. Tas jenis ini juga biasa digunakan untuk melakukan pendakian gunung.

Tapi sesuaikan juga ukuran tas carrier dengan lama perjalanan kamu. Ga mungkin dong kamu membawa tas carrier 60L hanya untuk perjalanan sehari? Begitu juga jika kamu mau melakukan perjalanan selama seminggu namun hanya membawa tas daypack?

Dalam pemilihan tas carrier, usahakan pilih ukuran tas yang sesuai dengan proporsi tubuh kamu disertai dengan tali bahu yang nyaman. Akan lebih baik jika ada bantalan punggung yang memiliki rongga udara di antara tas dan punggung untuk memberikan ruang sirkulasi udara.

Selain itu, perhatikan juga faktor keamanan, kekuatan serta bentuk dari tas carrier. Dalam segi bentuk, pilihlah yang berbentuk tabung tinggi ke atas, tidak besar ke samping atau ke belakang. Karena ini adalah masalah titik berat yang mengakibatkan keseimbangan tubuh saat membawa beban berat.

Barang yang berat sebisa mungkin letakkan pada bagian paling atas tas. Sementara barang yang ringan ditaruh di bagian bawah. Hal ini bertujuan agar pundak mampu menahan berat lebih baik daripada pinggang dan punggung.

#2. Tas Daypack atau Backpack

memilih jenis tas daypack

Daypack juga dikenal sebagai tas ransel, backpak atau rucksack. Perbedaannya dengan tas carrier, ukuran tas daypack umumnya lebih kecil, tas jenis ini biasanya memiliki kapasitas sekitar 18-24 liter.

Tas ini cocok dipakai untuk perjalanan yang tidak membutuhkan waktu lama, sekitar sehari hingga dua hari.

Cocok bagi kamu yang suka berlibur dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya atau biasa juga disebut dengan pelancong.

Seringkali, daypack juga digunakan sebagai tas pendamping carrier untuk menyimpan barang-barang yang sering diambil saat bepergian seperti pakaian sehari-hari, perlengkapan mandi, dokumen perjalanan, makanan hingga travel wallet. Beberapa jenis daypack juga ada yang khusus untuk membawa kamera atau laptop, sehingga aman meskipun dibawa dalam perjalanan jauh.

Bahan dasar pembuatannya juga lebih beragam, mulai dari kanvas, denim, hingga katun. Jadi, kamu bisa lebih bergaya ketika menggunakan jenis tas yang satu ini dalam perjalanan wisata.

#3. Duffle Bag

tips memilih tas duffle bag
www.etsy.com

Duffle bag biasa digunakan untuk aktifitas yang memerlukan perlengkapan dalam jumlah yang banyak, karena tas jenis ini memiliki ukuran yang luas. Fungsi yang paling terkenal dari duffel bag saat ini adalah tas untuk fitness, namun kamu juga bisa menggunakannya untuk melakukan perjalanan jauh.

Ciri khas duffel bag adalah modelnya yang memiliki satu tali panjang maupun pendek untuk ditaruh di pundak atau dijinjing. Di dalamnya, kamu bisa menaruh segala perlengkapan liburan.

Tas jenis ini juga cocok bagi kamu yang senang mencari spot-spot bagus untuk difoto dan mengharuskan membawa seluruh perlengkapan fotografi misalnya, tas ini pilihan yang tepat.

Namun tas jenis ini memiliki kelemahan, yaitu ada penumpukan beban pada satu pundak, sehingga tidak senyaman ransel saat dipakai untuk bepergian jauh.

#4. Koper

tips memilih koper
www.mldspot.com

Koper menjadi pilihan yang sangat cocok jika kamu yang ingin berwisata ke pusat-pusat kota yang infrastrukturnya sudah rapi dan bagus. Karena koper memiliki pegangan dan roda sehingga bisa diseret di sepanjang trotoar tanpa perlu menjinjing atau membebani punggung.

Selain itu, saat pengepakan barang ke dalam koper lebih mudah untuk tertata rapi. Di dalam koper juga terdapat ruang dan bagian-bagian khusus untuk menyimpan dokumen secara terpisah dari baju dan perlengkapan mandi.

Namun kekurangan, tas jenis ini tidak bisa digunakan pada medan yang dilalui sulit. Jadi jangan coba-coba membawa tas koper ketika hendak mendaki gunung, kamu benar-benar salah tas.. 🙂

#5. Tas Selempang

tas selempang untuk traveling
www.wiranurmansyah.com

Jika kamu sedang berlibur di suatu kota yang mengharuskan membawa koper, tidak mungkin kan kamu jalan-jalan menyusuri kota dengan menarik atau menjinjing koper besarmu?

.. atau sedang plesiran dan ingin menikmati pemandangan malah ribet jika harus membawa tas besarmu?

Jadi..

Selain membawa koper maupun ransel, ada baiknya kamu juga membawa tas selempang. Jenis tas ini cocok untuk tipe wisatawan ataupun flashpacker yang tidak suka repot membawa segala perlengkapan saat mengunjungi berbagai tujuan wisata.

Gunakan tas ini untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk sekali perjalanan ke objek wisata, misalnya kamera, dokumen perjalanan, kacamata hitam, dan dompet sekalipun.

Pilihlah jenis tas selempang yang memiliki tali yang besar dan empuk sehingga berasa nyaman saat dijinjing di pundak kamu.

#6. Tas Pinggang

tas pinggang untuk traveling
www.jakmall.com

Jika kamu tidak mau repot mengambil uang, smartphone atau peralatan kecil lainnya dengan merogoh tas ransel?

Tas pinggang solusi..

Dengan tas ini, kamu bisa membawa dompet, ponsel, menyimpan tissue basah, paspor, dokumen perjalanan serta pernak pernik kecil lainnya saat liburan.

Selain itu, kamu juga bisa membawa peralatan survival kit seperti korek api, lilin, jarum dan benang, kail atau senar, kompas serta obat-obatan di dalam tas pinggang ini pada saat melakukan pendakian gunung.

Intinya untuk menyimpan pernik-penik liburan yang ribet jika diletakkan di ransel atau koper, gunakan tas pinggang ini.

Sematkan tas ini di pinggang kamu kemudian putar sampai ke depan perut, ini memungkinkan Anda untuk selalu bisa mengawasi sehingga perlengkapan kecil yang bernilai milik kamu tak mudah hilang maupun kecopetan.

#7. Messenger Bag

messenger bag
www.dpreview.com

Tas ini pertama kali diperkenalkan oleh Martini Globe Canvas Company pada tahun 1950-an. Nama messenger bag mulai terkenal pada tahun 1970-an setelah tas ini dipakai oleh para kurir kota New York, karena kemampuannya dalam hal efisien dan multifungsi.

Sebagian besar bentuk messenger bag adalah kotak atau persegi panjang dengan dilengkapi sabuk lebar untuk diselempangkan di bahu.

Pada awalnya bahan yang sering digunakan pada messenger bag adalah bahan kanvas, karena bahan ini cukup kuat dan tahan oleh cuaca. Namun seiring dengan perkembangan dunia mode, messenger bag kini sudah tersedia dalam berbagai jenis dan model.

Tas ini hampir mirip dengan tas selempang, namun biasanya messenger bag lebih digunakan untuk membawa peralatan seperti laptop, kamera serta smartphone saat kamu melakukan perjalanan.

#8. Pouch

pouch bag untuk traveling
www.armstreet.com

Kantong yang satu ini benar-benar bermanfaat pada saat melakukan perjalanan. Walau tak tampak dibawa ke mana-mana, pouch dapat membuat penyusunan peralatan liburan kamu lebih rapi dalam travel bag.

Ukuran serta besar pouch yang sangat bermacam membuat kamu dapat membawa alat bawa ini lebih dari satu saat traveling.

Misalnya saja, kamu dapat menyimpan sepatu di pouch khusus agar tak mengotori pakaian dalam tas. Pouch juga bermanfaat untuk menaruh perlengkapan mandi maupun mukena ketika berlibur.

#9. Travel Wallet

travel wallet

Satu lagi alat bawa yang penting untuk kamu ikut sertakan dalam perjalanan kamu adalah travel wallet.

Idealnya seperti dompet biasa, travel wallet biasanya menggunakan kulit sebagai bahan utamanya. Namun ada pula travel wallet yang memakai kanvas ataupun polyester.

Apapun tas utama yang kamu bawa, biasakan tak lupa membawa travel wallet untuk menyimpan dokumen-dokumen penting dalam perjalanan. Di dompet besar khusus traveling ini, kamu tak hanya dapat menyimpan uang serta kartu-kartu, tetapi juga paspor sampai tiket dapat muat di dalamnya.

Tips Memilih Tas Sesuai Dengan Tujuan Liburan Dan Durasi Waktu

Memilih tas yang tepat dengan tujuan liburan saat melakukan traveling merupakan salah satu faktor penting untuk diperhatikan demi keamanan dan kenyamaan kamu.

Jika salah dalam pemilihan tas, bisa membuatmu kerepotan sendiri akibat tas yang tidak cukup atau bahkan kelelahan karena terlalu banyak yang dibawa atau salah medan perjalanan.

Misalnya saat melakukan pendakian gunung, kamu membawa koper. Fatal banget bukan?

Selain tujuan wisata, perhatikan juga durasi waktu kamu pada saat bepergian agar kamu bisa memilih tas yang tepat sebelum melakukan perjalanan. Jadi kamu juga bisa lebih efektif dalam pemilihan barang yang sesuai dengan kebutuhan.

Agar sesuai, perhatikan beberapa faktor berikut dalam memilih tas untuk traveling..

#1. Keamanan dan Kenyamanan Tas

Keamanan tas merupakan salah satu faktor terpenting pada saat melakukan perjalanan terutama bagi kamu yang suka melakukan pendakian. Sebuah tas harus di desain sedemikian rupa agar dapat menampung kebutuhan selama perjalanan, selama waktu tempuh yang di tentukan dan kuat dalam bahan.

keamanan dan kenyamanan tas

Selain faktor keamanan, faktor kenyamanan juga tak kalah penting. Nyaman dalam hal ini adalah dari bentuk, bahan, serta ergonomis atau fit dengan tubuh si pengguna.

#2. Tipe Tas

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah tipe tas. Kalau kamu hendak bepergian selama seminggu lebih, maka pilihlah tas dengan jenis Duffle Bag. Tas seperti ini bisa memuat banyak barang, jadi kamu bisa bawa pakaian dan perlengkapan menginap yang lebih banyak pula.

Sementara kalau kamu cuma mau pergi 2 atau 3 hari, tas daypak atau ransel juga sudah cukup. Ransel lebih fleksibel dan bisa langsung dibawa kemana-mana. Lagipula kamu nggak mungkin bawa sampai 5 pasang baju untuk liburan selama 3 hari kan?

Jika kamu melakukan perjalanan di kota-kota besar yang infrastrukturnya sudah bagus dan rapi, gunakan tas koper agar mudah untuk dibawa dengan diseret sepanjang trotoar selama perjalanan.

#3. Ukuran Tas

Tips ketiga adalah memperhatikan ukuran tas. Perhitungkan berapa lama kamu akan melakukan perjalanan, jadi kamu bisa memperkirakan berapa banyak barang yang akan kamu bawa.

Dengan begitu..

Kamu tidak mengalami yang namanya tas kebesaran atau kekecilan, hal ini tentunya bisa meminimalisir masalah pada saat kamu melakukan perjalanan.

Untuk liburan 1 sampai dengan 3 hari, tas berukuran sedang atau yang kurang lebih muat 20-50 liter sudah cukup. Tapi kalau sampai 5 hari, pilih tas yang sedikit lebih besar kurang lebih yang muat 60-80 liter.

Nah, jika perjalananmu ternyata memakan waktu lebih lama, pilih yang yang berukuran 80 liter lebih karena barang keperluanmu pasti lebih banyak.

#4. Tujuan Traveling

Bukan cuma lamanya traveling saja, tujuan perjalanan juga penting dalam menentukan tas yang sesuai. Misalnya kamu berwisata ke kawasan urban alias perkotaan dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang nggak jauh-jauh dari pusat kota, maka tas koper beroda bisa jadi pilihan.

Jadi waktu membawanya kemana-mana, kamu tinggal menyeretnya saja.

Nah, kalau tujuan travelingmu bersifat petualangan seperti mendaki gunung, menjelajahi pantai, atau naik-naik ke perbukitan, maka tas yang paling cocok adalah ransel seperti carrier.

Jadi kamu masih bisa membawanya kemana-mana meski jalanan nggak rata dan mendaki.

#5. Bahan Tas Ransel

Selanjutnya, pada saat memilih tas, kamu juga harus memperhatikan bahan dengan teliti. Perhatikan setiap detail jahitan karena kamu tentunya tidak mau barangmu berjatuhan gara-gara jahitan tas yang tak cukup kuat bukan?

Perhatikan juga bagian pundak dan punggung tas ransel karena area ini paling mempengaruhi kenyamanan pada saat melakukan perjalanan.

Ransel yang baik seharusnya memiliki frame di bagian pundak hingga bahu sehingga tas tidak terasa terlalu berat waktu dipakai. Adanya penyangga juga membuat tas semakin nyaman karena bebannya terbagi rata pada pundak kamu.

#6. Ukuran Berdasarkan Punggung

Jika kamu memilih ransel backpack, sesuaikan ukuran tas dengan panjang punggungmu. Patokannya panjang tas mestinya sama dengan panjang tulang pangkal leher sampai tulang pinggul. Dengan patokan ini, kamu bisa mendapatkan tas yang sesuai dengan ukuran tubuhmu.

Jadi saat membawanya kamu nggak akan kelebihan beban dan jadi susah berjalan gara-gara terlalu panjang atau kecil.

Selain itu, akan lebih baik kalau tas tersebut punya kantong tersendiri di bagian luar yang bisa kamu pakai untuk menyimpan alat-alat yang selalu kamu perlukan seperti botol minum, senter dan lain sebagainya.

Itulah beberapa jenis tas dan tips ketika membawanya. Pilihan tas yang tepat bisa menghindari kamu dari kerepotan dan kelelahan saat membawanya.

Ingatlah untuk selalu membawa barang yang diperlukan selama perjalanan saja.

Untuk baju-baju juga jangan membawa terlalu banyak, toh Anda bisa membeli baju suvenir semisal kaos atau kain atau sarung yang bisa Anda pakai sepulang liburan. Selamat berlibur, Traveller!!

Dengan menggunakan alat bawa yang tepat, acara jalan-jalan Anda akan semakin lebih mudah serta mengasyikkan. Baik tas utama ataupun alat bawa pelengkap akan mempermudah Anda menyimpan peralatan liburan sesuai manfaatnya.

Demikian artikel 14 Tips Memilih Tas Traveling Sesuai Kebutuhan.

Semoga bermanfaat..

About Widyasti Putri 11 Articles
Contributor - Cool calm but stay colorful.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.