Inilah Alasan Mengapa 10 Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Alasan Mengapa 10 Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Inilah Alasan Mengapa 10 Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat | omkepo.com – Pernah ga terlintas di benak sobat mengapa ada larangan-larangan sebelum naik pesawat dan waktu lagi di pesawat?

Yuk cari tau alasannya..

Mengapa Tidak Diperbolehkan Membawa Cairan Lebih dari 100 ml?

Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Aturan ini dibentuk setelah terbongkarnya rencana teroris di bandara Inggris Agustus 2006. Sekelompok teroris ini berencana meledakkan pesawat menggunakan bom cair. Maka dari itu International Civil Aviation Organization merekomendasikan peraturan mengenai cairan-carian ke seluruh staf penerbangan.

Kalo sobat sekalian mau bawa perfume, susu dan lain-lain yang kira-kira dibutuhkan di tempat tujuan, bisa dilaporkan dulu ke pihak yg berwajib atau bisa dimasukin ke dalam bagasi pesawat saja.


Mengapa Harus Melipat Meja Makan dan Menegakkan Kursi Saat Take Off dan Landing?

Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Take off dan Landing adalah dua fase yang benar-benar kritis. Kalau gagal dalam 2 fase ini maka seluruh penumpang harus segera dievakuasi keluar agar selamat.

Bayangin aja kalau meja makan masih terbuka, sandaran kursi masih dibuat rileks ke belakang. Proses evakuasi pastinya jadi ribet karena space yang dibutuhkan sempit banget. Juga akan menjadi senjata telak yang akan menghantam badan penumpang.

Mengapa Harus Membuka Jendela Saat Take Off dan Landing?

Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Alasannya cukup mengejutkan. Tenyata jendela ga boleh ditutup biar penumpang dapat yakin di sisi mana mereka harus keluar waktu kondisi evakuasi.

Hal ini juga dibutuhkan buat pramugari untuk melihat kondisi sekitar pesawat.

Mengapa Seatbelt Harus Dikencangkan?

Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Pastikan Anda telah mengencangkan seat bealt saat take off dan landing karena bisa saja terjadi rem mendadak dari pilot yang bisa membuat penumpang terbentur ke kursi di depannya dengan sangat keras.

Begitu juga saat berada di udara, turbulence dan kerusakaan mesin sehingga pesawat jatuh bisa bikin kita cium langit-langit pesawat.

Posisi seat bealt  juga harus tepat. Jangan di daerah perut, karena kalau ada impact besar bisa membuat perut tertekan kuat dan membahayakan diri sendiri.

Mengapa Semua Alat Komunikasi Harus Dimatikan?

Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Kelihatannya semua orang tau akan alasan dari pertanyaan ini. Semua alat komunikasi harus dimatikan agar sinyal yg terpancar dr smartphone, ipad, dll tidak mengganggu sinyal tower ke pesawat.

Namun kabarnya, di beberapa penerbangan luar negri sudah diperbolehkan menggunakan alat komunikasi. Pesawatnya sendiri telah menyediakan wi-fi untuk penumpang.

Mengapa Tidak Boleh Menaruh Minuman di Dalam Bagasi kabin?

Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Di saat pesawat terbang dan semakin tinggi, tekanan udara semakin besar. Hal ini tidak hanya terjadi di luar pesawat tapi juga di dalam pesawat. Ini terbukti dari telinga kita yang kadang merasa berdenging atau tuli.

Pesawat mempunyai alat yang mengatur tekanan udara agar tubuh manusia mampu beradaptasi seolah-olah di darat. Namun, terkadang efeknya masih berasa dan berefek juga dengan cairan yang kita bawa.

Secara tidak kasat mata, permukaan air akan mengalami tekanan dan berusaha mencari jalan keluar. Inilah yang membuat bahaya jika cairan atau minuman disimpan di bagasi.

Sebenarnya dengan tutup yang kuat, tekanan itu tidak akan membuat wadahnya “meledak”. Namun mencegah lebih baik dari pada seluruh bagasi dan penumpang di bawahnya basah kuyup.

Kenapa Kita Harus Melihat Demo Keselamatan?

Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Perlu diingat neh.. Jangan menganggap pramugari yang sedang demo keselamatan adalah seorang artis cantik semata.

Di saat kejadian sebenarnya, pastilah kepanikan terjadi. Hanya penumpang yang memahami prosedur keselamatan dan tingkat bertahan hidupnya tinggi.

Kenapa saat terbang di malam hari, saat take off atau landing, lampu kabin harus dipadamkan?

Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Hal ini bertujuan agar membiasakan mata para penumpang dengan kegelapan, sehingga jika terjadi hal-hal yg tidak diinginkan (misalnya kecelakaan), maka para penumpang bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar.

Coba bayangkan kalau kecelakaan pas malam hari, kondisi pasti gelap semua kan, kalau mata masih terbiasa dengan terang, bisa2 jadi buta sementara dan butuh waktu buat mata untuk adaptasi dengan kegelapan.

Hal ini dapat memperlambat proses evakuasi.

Kenapa emergency exit door penumpang kebanyakan diisi oleh orang yang muda dan mampu?

Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Karena penumpang yang posisinya di emergency exit door wajib membantu pramugari/pramugara apabila terjadi emergency procedure. Penumpang yang duduk biasanya yang fisiknya kuat.

Oleh karena itu apabila ada orang tua yang berumur/orang yang tidak menyanggupinya dituker tempat duduknya.

Kebayangkan kalo lagi situasi emergency dengan waktu yang singkat dan harus ngeluarin sebanyak mungkin penumpang situasinya gimana.

Kenapa ada larangan tidak boleh ke toilet disaat pesawat sedang posisi climbing dan descend (naik dan turun)?

Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Karena di toilet pesawat tidak ada masker oksigen. Pada saat pesawat melakukan climbing dan descend terjadi perubahan tekanan udara yang mendadak. Jika saat itu terjadi kerusakan sistem tekanan udara di kabin maka penumpang yang di toilet bisa pingsan dan meninggal.

Kalo lagi cruise tiba-tiba nyala bisa jadi captainnya ke toilet atau ada cuaca buruk yang menyebabkan turbulence.

Info Tambahan :

Larangan penggunaan handphone di dalam pesawat  sebenarnya berasal dari kebijakan perusahaan penerbangan / maskapai.

FAA tidak melarang karena blm ada kejadian yg membahayakan sistem pesawat. Pada jaman dahulu saat pesawat masih pake jarum (seperti speedo meter) memang rawan terkena elektromagnet.

Tapi jaman skrg pesawat sudah menggunakan komputer semua, dan kabel2 di pesawat sudah di kasih anti-elektromagnet, sehingga tidak akan terganggu oleh sinyal handphone.

Nah sebenarnya larangan itu dikeluarkan oleh Federasi Komunikasi USA, dikarenakan interfensi dari handphone yang mencari signal di dalam pesawat.

Pancaran sinyal tersebut sangat besar sampai bisa merusak komponen pemancar komunikasi di darat, kyk BTS gitu. Jadi efeknya lebih ke alat komunikasi di darat, tidak ada efek samping di pesawat.

Mungkin penerbang akan terganggu dengan suara noise dari radio saat ada yang menggunakan telepon atau SMS, tapi tidak lebih dr itu.

Artikel lengkap ada disini..

www.edn.com/electronics-blogs/beyond-bits-and-bytes/4395932/Mobile-phone-interference-with-plane-instruments–Myth-or-reality

Demikian artikel Inilah Alasan Mengapa 10 Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat.

Share jika bermanfaat..

About OmKepo 74 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.