10 Jenis Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Pesawat

Jenis Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Pesawat

10 Jenis Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Pesawat | omkepo.com – Dunia penerbangan memiliki aturan tersendiri dalam hal untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan dan juga penumpang, termasuk diantaranya aturan mengenai barang-barang yang tidak boleh dibawa dalam pesawat.

Aturan mengenai barang-barang yang tidak boleh dibawa dalam pesawat ini ditentukan oleh ICAO (International Civil Aviation Organitation) yang merupakan lembaga di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


Sebelum melakukan penerbangan, sebaiknya kenali dulu barang apa saja yang tidak boleh dibawa pada saat melakukan perjalanan dengan pesawat.

barang bawaan dilarang di pesawat

Apa saja barang-barang yang tidak boleh dibawa dalam pesawat?

Simak uraian berikut ini..

Jenis Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Pesawat

Secara umum, berikut ini benda atau barang-barang yang tidak boleh dibawa dalam pesawat terbang :

#1. Benda Tajam

dilarang membawa benda tajam di dalam pesawat

Apa pun itu, segala bentuk dan jenis benda tajam dilarang masuk ke dalam kabin pesawat. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang berbahaya bagi keselamatan penumpang dalam kabin dan juga penerbangan secara keseluruhan.

Segala jenis senjata tajam dan senjata api dikhawatirkan akan membawa petaka atau kejadian yang tidak di sangka-sangka.

Peraturan untuk benda tajam ini sangat ketat. Benda kecil dan umum yang kita dijumpai di kehidupan sehari-hari seperti gunting kuku, pisau silet hingga gunting kecil pun akan langsung disita petugas jika terlihat ada di dalam bagasi kabin kamu saat melewati pemeriksaan di bandara. Sebaiknya barang-barang ini disimpan di dalam bagasi check in.

Namun, untuk beberapa jenis senjata yang digunakan untuk keperluan olahraga, boleh dibawa di bagasi check in dengan syarat tertentu.

#2. Benda Tumpul

benda tumpul dilarang di dalam pesawat

Tak hanya benda tajam, benda-benda tumpul yang menyebabkan potensi cidera pun dilarang dibawa pada kabin pesawat.

Contohnya seperti pemukul baseball, tongkat bilyar, dayung, pentungan, tongkat golf, kail pancing, skateboard, dan berbagai perlengkapan bela diri yang menyebabkan potensi cidera bagi penumpang lainnya ke dalam kabin pesawat.

Peraturan maskapai penerbangan Indonesia menyatakan bahwa benda-benda ini wajib untuk disimpan pada bagasi check in.

#3. Senjata Api dan Bahan Peledak

senjata api dan bahan peledak dilarang dibawa dalam pesawat

Penumpang warga sipil dilarang keras membawa senjata api ke dalam kabin. Selain berbahaya bagi keselamatan penumpang lain, membawa senjata api bagi warga sipil memerlukan ijin khusus dan tidak bisa dibawa kemana-mana dengan sembarangan.

Untuk senjata api sendiri tentunya sudah memiliki divisi penerbangan khusus yang mengangkut senjata api.

Juga termasuk pistol pengejut, alat kejut listrik, tongkat pukul listrik, termasuk alat pelumpuh untuk hewan tidak boleh dibawa ke dalam bagasi kabin pesawat.

#4. Material Korosif

material korosif dilarang di dalam pesawat

Penumpang pesawat juga dilarang membawa benda-benda atau material yang bersifat korosif seperti merkuri (cairan yang terdapat dalam thermometer), asam sulfat, alkali dan aki kendaraan;

#5. Benda yang Memiliki Kandungan Gas

Benda yang Memiliki Kandungan Gas dilarang di dalam pesawat

Penumpang juga tidak diperkenankan membawa benda-benda yang memiliki kandungan gas bertekanan di dalamnya, baik yang mudah terbakar atau tidak.

Contohnya seperti cat semprot, tabung aerosol, propana, butana, aerosol iritan kimiawi dan sebagainya.

Hal ini karena pada tekanan tertentu, gas bisa memicu ledakan yang tentu saja berbahaya bagi keselamatan penerbangan dan nyawa penumpang lain yang ada di pesawat.

#6. Benda Yang Mudah Terbakar

Benda Yang Mudah Terbakar dilarang di dalam pesawat

Penumpang pesawat dilarang membawa benda-benda baik berupa cairan atau pun benda padat yang mudah terbakar seperti bahan bakar, cat, thinner, perekat (lem), cairan pemantik api, methanol, kembang api, petasan dan suar.

#7. Produk dari Hewan

Produk dari Hewan dilarang di pesawat

Produk yang berasal dari hewan, seperti keju, susu segar dan daging segar juga dilarang masuk ke kabin pesawat. Hal ini karena produk-produk ini bisa mengandung bakteri pathogen yang bisa menginfeksi penumpang lainnya dan menyebabkan gangguan kesehatan.

#8. Membawa Zat Cair Lebih Dari 100 ml

Penumpang pesawat juga tidak dibenarkan membawa zat cair dengan berat lebih dari 100 ml. Tapi pengecualian bisa dilakukan untuk penumpang yang membawa makanan bayi atau obat-obatan yang dilengkapi surat dokter, termasuk makanan diet khusus seperti bagi penderita diabetes yang boleh dibawa selama melakukan perjalanan via udara.

Benda cair bukan hanya air minum, bisa juga parfum, body lotion, shampo hingga sabun cair. Jika kamu harus membawa perlengkapan mandi yang beratnya lebih dari 100 ml, lebih baik letakkan di bagasi check in agar tak disita petugas bandara saat melewati pemeriksaan barang di bandara.

Body spray ataupun produk kecantikan lain yang dikemas dalam tabung aerosol sebaiknya tidak usah dibawa saja. Tekanan tinggi di pesawat bisa menyebabkan tabung aerosol meledak.

#9. Bahan Kimia Beracun Dan Radioaktif

Bahan Kimia Beracun Dan Radioaktif dilarang di dalam pesawat

Bahan kimia beracun seperti arsenik, sianida, pembasmi hama/serangga, asam, alkali, produk biologis yang berbahaya serta material radioaktif juga dilarang dibawa saat melakukan perjalanan dengan pesawat.

Termasuk semprotan bela diri seperti gas airmata dan semprotan asam fosfor.

#10. Kendaraan Dengan Baterai Lithium

Kendaraan Dengan Baterai Lithium dilarang di dalam pesawat

Kendaraan kecil yang menggunakan baterai litium seperti airwheel, solowheel, hoverboard, mini-segway, balance wheel termasuk koper dengan instalasi perangkat alarm, atau dilengkapi baterai lithium dan/atau material piroteknik dan lain-lain tidak diperbolehkan dibawa dalam kabin pesawat semua penerbangan Garuda Indonesia, baik sebagai bagasi kabin maupun Bagasi Terdaftar.

Itulah 10 daftar barang bawaan yang secara umum dilarang untuk dibawa pada saat melakukan perjalanan dengan pesawat.

Tips Sebelum Melakukan Perjalanan Dengan Pesawat

#1. Selalu Periksa Barang Bawaan Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu barang bawaan kamu agar perjalanan dapat berjalan dengan lancar.

Tak ada salahnya juga selalu mengecek peraturan masing-masing maskapai penerbangan yang akan kamu gunakan karena setiap maskapai memiliki kebijakan tersendiri mengenai barang atau benda yang dilarang dan yang diperbolehkan masuk ke dalam pesawat.

Beberapa maskapai penerbangan internasional seperti Amerika Serikat dan Jepang, memberi batas kepada penumpang pesawat untuk membawa cairan tidak lebih dari 100 ml. Bahkan jika membawa minyak kayu putih, minyak wangi, obat batuk cair pun bisa-bisa disita ketika kamu sedang security check.

Jadi sebaiknya simpan barang-barang tersebut ke bagasi pesawat serta melapisinya dengan plastik bening.

#2. Bawa Obat-Obatan Secukupnya

Jika kamu terpaksa harus membawa obat-obatan, jangan lupa untuk membawa serta resep dokter. Tidak perlu membawa dalam jumlah yang berlebihan.

#3. Mengisi Formulir Bea Cukai Dengan Jujur

Saat habis bepergian dari luar negeri dan kembali ke Indonesia, isilah formulir bea cukai dengan jujur. Terutama bila kamu sudah terlanjur membeli souvenir yang termasuk benda yang wajib dilaporkan (declared), misalnya pisau dapur, senjata tajam, obat-obatan, produk hewan dan tumbuhan.

Tidak berarti bahwa barang-barang yang kamu laporkan ini terlarang. Namun kamu harus melewati pemeriksaan di Bea Cukai.

Jadi jika tidak  mau ribet, sebaiknya saat berbelanja souvenir, pilihlah souvenir yang lebih “aman” agar barang-barang yang kamu bawa bisa di izinkan masuk.

#4. Berbelanja di Duty Free

Jika kamu ingin membeli wine atau minuman keras lainnya, belilah di Duty Free. Ini pilihan yang lebih baik dibandingkan membeli wine/minuman keras di kota/negara yang kamu kunjungi lalu menyimpannya di bagasi check in.

Selain ada risiko botol pecah, harganya pun lebih mahal dan ada kemungkinan tidak lolos di bea cukai.

Namun perlu diingat bahwa satu orang hanya boleh membawa maksimal 1 liter.

Selain itu, jangan membuka segel plastik pembungkus minuman keras tersebut sebelum kamu sampai di tujuan.

Demikian artikel 10 Jenis Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Pesawat.

Semoga bermanfaat..

Referensi : www.tiket2.com

About Widyasti Putri 11 Articles
Contributor - Cool calm but stay colorful.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.