Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa | omkepo.com – Siapa yang tak kenal vespa? Pasti tau dung.. Yup, Vespa adalah salah satu motor paling legendaris dalam sejarah Roda 2 Indonesia, bahkan di dunia sekalipun.

Keberadaannya tak lekang oleh waktu, dimulai sejak era Vespa 2-tak kontemporer, hingga Vespa modern seperti sekarang ini.

Adalah Piaggio, produsen sepeda motor italia yang telah malang melintang sejak lebih dari seabad silam, tepatnya pada tahun 1884.

Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Dan sebenarnya Piaggio pun tidak langsung memproduksi motor apalagi skuter loh Brosist…

Tapi, Bisnis Piaggio diawali dari produsen kereta api, gerbong kereta, body truck, hingga mesin berkapasitas besar.

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa” is locked Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa
Rinaldo Piaggio

Bahkan pada era Perang Dunia I yang dimulai pada 1914 – 1920 silam, Piaggio malah beralih jadi memproduksi pesawat terbang dan kapal laut, yang sebagian besar disuplai untuk kebutuhan perang.

Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di daerah Pisa, Italia, dan 4 tahun kemudian Rinaldo Piaggio selaku pemilik mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia (yang sampai sekarang jadi markas mereka).

Pabrik di Pontedera inilah yang digunakan sebagai Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya oleh Piaggio, hingga era Perang Dunia pertama berakhir.

Di era Perang Dunia II, Piaggio mengandalkan pabrik di Pontedera untuk membuat P108 (Pesawat penumpang) dan juga pesawat Pembombardir yang handal.

Di pabrik itulah menjadi pusat produksi pesawat terbang plus komponennya. Di pabrik itu juga Piaggio membuat mesin P108 untuk pesawat dua penumpang dan pesawat pembom selama perang dunia II.

Sejarah Perkembangan Vespa
Pesawat P108

Di akhir perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu hingga hancur. Usai perang, anak Rinaldo, Enrico Piaggio, mengambil alih pabrik Piaggio. Karena saat itu ekonomi Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk ngedesain alat transportasi yang murah sesuai kebutuhan masyarakat Italia saat itu. Biar merakyat.

Seperti disadur dari vespa.com, yuk simak model vespa dari masa ke masa..

MP5 ” Paperino ” PROTOTYPE 1944

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa” is locked Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa
MP5 ” Paperino ” PROTOTYPE 1944

Menjelang akhir perang dunia II, Enrico Piaggio yang merupakan anak dari Rinaldo Piaggio, terdorong untuk memproduksi kendaraan murah dan akan memasarkannya secara luas. Dengan ide ini, dia memproduksi motor jenis skuter pabrik di Biella.

Prototipe ini dirancang oleh insinyur Renzo Spolti dengan kode MP5 (Moto Piaggio 5) dan diberi nama Paperino. Namun ternyata Enrico Piaggio tidak menyukainya. Kemudian proyek ini dilanjutkan oleh Corradino D’Ascanio.

D’Ascanio memilih untuk merancang sebuah kendaraan yang benar-benar baru, bukan memodifikasi Paperino (MP5). Inilah cikal bakal vespa yang Anda kenal sekarang.

Namun sebelum berkembangnya Vespa, sekitar seratus Paperino telah diproduksi dan saat ini banyak diburu oleh kolektor di seluruh dunia.

PROTOTIPE MP6 VESPA 1946

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa
PROTOTIPE MP6 VESPA 1946

Perang belum berakhir ketika Enrico Piaggio memberikan Corradino D’ Ascanio pekerjaan untuk merancang sebuah kendaraan yang sederhana namun tangguh, ekonomis dan elegan.

Selain memiliki kursi untuk penumpang, kendaraan ini juga harus mudah dikendarai tanpa harus mengotori pakaian pengendaranya.

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa
Corradino D’Ascanio

Menjelang akhir tahun 1945, prototipe ini masih belum memiliki nama, kemudian Enrico Piaggio mengatakan : “Ini seperti tawon !”. Tawon dalam bahasa Italia adalah “Vespa”.

Itulah awal pemberian nama Vespa, ternyata artinya Tawon. Hehe..


Pada bulan April 1946 , 15 model pertama siap diproduksi di pabrik Piaggio di Pontedera, dekat Pisa. Prototipe MP6 berbeda dari versi finalnya. Tanpa kipas pendingin mesin, rem tangan berada di kiri bukan di sebelah kanan, bunyi klakson berada di bawah kursi, struts kaki dan ada lencana airforce di bagian depan.

VESPA 98 1946

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa
VESPA 98 1946

Dijuluki The Motoleggera Utilitaria Vespa. Diperkenalkan kepada publik untuk pertama kalinya pada bulan April 1946 pada klub golf Roma. Menggunakan logo baru menggantikan lambang aeronautika yang digunakan sebelumnya

Majalah “La Moto” edisi kedua didedikasikan untuk memuat sampul bergambar Vespa sehingga memicu rasa ingin tahu masyarakat saat itu. Sebuah kejutan tetapi juga skeptisisme tertentu di kalangan masyarakat .

Selama beberapa bulan pertama Vespa dipasarkan oleh jaringan dealer Lancia, total ada 2.484 yang diproduksi, dan petualangan skuter paling terkenal di dunia pun dimulai .

VESPA 125 1948

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa
VESPA 125 1948

Pada tahun 1948, Piaggio meluncurkan Vespa baru. Ada peningkatan pada ukuran mesin, menjadi125 cc. Shock absorber dipasang di roda belakang yang menawarkan kenyamanan bagi pengendaraan.

Suspensi roda depan telah dimodifikasi juga, dengan lengan yang terpasang di sebelah kanan roda, yang digunakan sampai saat ini. Casing mesin dibuka ke atas untuk memberikan akses mudah ke mesin, kopling, gearbox dan sebagainya.

VESPA 125 SEI GIORNI 1951

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa
VESPA 125 SEI GIORNI 1951

Sebuah kendaraan yang dikembangkan untuk uji coba balap, tipe ini mendulang kesuksesan besar. Modelnya sangat mirip dengan model standar, kecuali tangki bahan bakar yang lebih besar, wrapround perisai kaki dan karung sisi yang lebih besar untuk rumah karburator pada silinder.

Menjadi terkenal setelah mendulang sukses pada berkompetisi di event Internasional 6 hari tanggal 26 tahun 1951, dengan memenangkan sembilan medali emas.

VESPA SELURO 1951

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa
VESPA SELURO 1951

Pada tahun 1951 ini vespa mengeluarkan 2 produk yang berbeda segmen untuk vespa ‘siluro’ di keluarkan dengan design yang cukup unik sedangkan untuk vespa 125 yang di produksi lagi mirip dengan vespa keluaran tahun 1948.

Tetapi memiliki kelebihan lebih nyaman untuk dikendarai karena menggunakan suspensi hydraulic shock.

VESPA 150 GS 1955

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa
VESPA 150 GS 1955

Lahir dari pengalaman tim balap Piaggio, GS adalah skuter pertama dengan mesin 150 cc yang sangat sporty dalam konsep. Dengan mesin injeksi bahan bakar langsung menghasilkan 8 bhp pada 7.500 revs dan mencapai kecepatan tertinggi 63 mph.

Gearbox empat kecepatan, sadel panjang dan besar. Ukuran roda 10 ” memberikan tampilan lebih gahar, terlihat agresif.

Vespa 150 GS adalah versi sport yang diproduksi secara massal dan menjadi tonggak dalam sejarah bukan hanya bagi Vespa namun juga bagi motor – scooter pada umumnya .

Vespa 150 GS dikenang sebagai skuter yang paling indah di dunia yang pernah diproduksi dan sangat dicari oleh kolektor Vespa vintage saat ini.

VESPA 50 1963

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa
VESPA 50 1963

Ini adalah versi Vespa yang paling di kalangan anak  muda. Brilliant dan mudah ditangani, menarik, styling eksklusif. Mesin yang sama sekali baru, dengan silinder diposisikan pada sudut 45 ° dan tidak lagi horisontal.

Vespa 50 adalah skuter terakhir yang dirancang oleh Corradino D’Ascanio. Menjadi tonggak dalam sejarah Vespa. Dari tahun 1964 sampai sekarang, lebih dari 3 juta telah diproduksi.

VESPA 90 SS 1966

Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa
VESPA 90 SS 1966

Vespa Sprint super 90 Tahun 1966 tentu memiliki desain yang paling asli. Kaki dan perisai yang kecil ditambah keranjang barang. Seperti Vespa GS 1955, roda cadangan ditaruh diatas pijakan kaki.

Memanfaatkan keberhasilan 90 SS, desainer Piaggio juga menyiapkan versi 50 cc untuk yang lebih muda “Vespisti”.

Vespa 90 SS adalah salah satu model Vespa yang langka, barang koleksi sejati.

Seorang pengamat Industri Roda 2 Dunia (yang semua bukunya selalu jadi langganan shopping cart EA’s Blog), Jeffrey W. Alexander Ph.D, mengkaji sebuah pandangan konsumen tentang skuter Italia yang satu ini… Hasil penelitiannya menyebutkan :

“ Naik sebuah Vespa adalah simbol kebebasan, dengan ruang lingkup masyarakat yang lebih luas, dan dengan hubungan sosial yang jauh lebih mudah. Skuter baru ini telah menjadi simbol dari gaya hidup dari semua kalangan usia : Remaja, Dewasa, hingga Manula. Vespa muncul tanpa henti dengan Originalitasnya, di antara simbol-simbol masyarakat yang terus berubah.”

Demikian Sejarah Perkembangan Vespa Dari Masa Ke Masa..

Share jika bermanfaat…

About OmKepo 74 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.