8 Ciri-Ciri Kamu Orang Menyebalkan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ciri-Ciri Kamu Orang Menyebalkan, Bagaimana Cara Mengatasinya

8 Ciri-Ciri Kamu Orang Menyebalkan, Bagaimana Cara Mengatasinya? | omkepo.com – Tidak semua orang terlahir dengan masa pertumbuhan yang bahagia. Seperti dilansir dari huffingtonpost.com, dengan judul artikel What to Do When the Toxic People in Your Life Are (Unfortunately) Your Parents, masa kanak-kanak dan remaja yang pelik tak jarang membentuk kepribadian seseorang menjadi sosok yang menyebalkan.

Orang di barat sana punya istilah untuk orang-orang yang tidak menyenangkan ini, “toxic person” atau orang-orang beracun. Layaknya racun, keberadaannya tak diinginkan karena bisa menularkan perilaku tak menyenangkan.

Perilaku mereka meracuni hubungannya dengan orang di sekitar. © ArtFamily /Shutterstock
Perilaku mereka meracuni hubungannya dengan orang di sekitar. © ArtFamily /Shutterstock

Perilaku orang seperti ini meracuni hubungannya dengan orang di sekitar. Mulai dari menggoda mereka yang berpasangan, sok tahu, mengamuk tanpa alasan jelas, juga bersenang-senang di luar batas.

Terdengar familier?

Ciri-Ciri Kamu Orang Menyebalkan, Bagaimana Cara Mengatasinya

Untuk memastikannya, Bustle menulis 8 tanda kamu adalah orang yang menyebalkan.

  • Semua salah orang lain, bukan kamu.
    Dalam semua perdebatan dan argumentasi, kamu lah pemenangnya, kamu tak pernah salah.
  • Kamu selalu bicara di belakang.
    Walau tidak semua masalah butuh konfrontasi, sebagai orang dewasa sudah sebaiknya kamu membicarakannya dengan baik-baik.
  • Lebih sering menerima daripada memberi.
    Kamu hanya mengontak teman, kerabat, atau rekan kerja jika membutuhkan sesuatu dari mereka. Lalu menghilang saat mereka membutuhkanmu. Tak heran jika kamu dianggap sebagai pemberi pengaruh negatif dalam hidup mereka.
  • Banyak musuh.
    Padahal kamu bukan tokoh politik atau figur publik. Adalah normal jika ada satu atau dua orang yang kamu anggap menyebalkan dan sebaliknya. Tapi jika kamu dapat menyebut mereka musuh, nah saatnya introspeksi diri.
  • Banyak kenalan, tak punya teman.
    Kamu kenal banyak orang dari berbagai kalangan, namun tak punya teman dekat. Penjelasan paling masuk akal adalah mereka berusaha menjaga jarak denganmu.
  • Hidupmu bagaikan drama.
    Ada saja masalah hidup yang kadang sepele, tapi menjadi drama seru karena perilaku tidak menyenangkanmu.

Bagaimana Cara Mengatasi Prilaku Tidak Menyenangkan Ini?

Jika yakin dan tak mau selamanya jadi orang yang tidak menyenangkan, Mindbodygreen menuliskan strategi perubahan yang terbukti manjur bagi orang-orang seperti ini.

  • Terapi.
    Terapi dapat mengungkap pemicu perilaku tidak menyenangkanmu. Salah satunya bisa jadi problematika masa kecil yang tak tuntas. Jangan merasa sendirian menghadapi masalah hidup. Bicara dengan para profesional dapat membantu kamu melihat tantangan hidup secara lebih positif.
  • Olahraga.
    Obat yang diresepkan terapis mungkin bisa membantu. Tapi akan lebih sehat bagi tubuh jika kamu rutin berolahraga. Hormon endorfin yang keluar saat berolahraga dapat membantumu merasa lebih bahagia.
  • Setop kebiasaan tak sehat.
    Mabuk-mabukan misalnya, bisa menjadikanmu lebih agresif dan depresi. Lebih baik salurkan emosimu dengan hal-hal yang positif.
  • Berhenti cari perhatian yang salah.
    Mengganggu hubungan orang adalah sikap egois yang dapat memutus hubungan pertemanan. Dengan menyatakan diri sembuh, kamu sadar bahwa pertemanan lebih penting dari ego kamu.
  • Minta maaf pada mereka yang kamu sakiti hatinya.
    Bahkan jika kejadian itu sudah berlangsung beberapa tahun lalu, tetaplah minta maaf. Dengan demikian hati nurani kamu kembali jernih.

Bagaimanapun, menjadi orang yang lebih baik adalah tujuan mulia dalam hidup. Itulah ciri-ciri bahwa kamu adalah orang yang menyebalkan dan bagaimana cara mengatasinya.

Sumur.

Demikian 8 Ciri-Ciri Kamu Orang Menyebalkan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Share jika bermanfaat..

About OmKepo 74 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.