6 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci | omkepo.com – Sepatu seringkali menimbulkan bau yang tidak sedap dan sangat mengganggu pemakainya bahkan juga orang lain disekitarnya.

Penyebab sepatu menjadi bau bisa dipengaruhi oleh iklim, kondisi tubuh, kebiasaan si pemakai, dan kondisi fisik dari sepatu itu sendiri.

Iklim tropis dengan kelembapan udara tinggi seperti di Indonesia membuat lingkungan di dalam sepatu juga cepat berubah menjadi lembap dan hangat.

Kondisi tersebut menjadi semakin parah jika kamu termasuk orang yang mudah berkeringat dan memiliki kebiasaan buruk seputar pemakaian sepatu. Sedangkan kondisi fisik sepatu mencakup bahan dan strukturnya yang menentukan kemudahan sepatu bernapas.


Baca Juga:

    Meskipun sudah dicuci, terkadang bau yang ditimbulkan oleh sepatu ini tidak bisa hilang sepenuhnya.

    Jika kamu sering mengalami sepatu bau, ikuti tips berikut ini untuk menghilangkan bau sepatu dengan mudah tanpa dicuci.

    Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci

    Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci

    #1. Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Kopi

    Selain untuk diminum, kopi sangat berguna sebagai penetral bau dan bisa di jadikan alternatif pilihan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Tidak heran bahwa kita akan sering menemukan bubuk kopi di setiap toko parfum. Karena bubuk kopi tersebut dapat menetralkan bau di hidung setelah mencium aroma satu jenis parfum ke parfum lainnya.

    Bagaimana caranya?

    Pertama, pastikan bahwa sepatu dalam keadaan bersih dan kering agar nanti tidak kerepotan saat membersihkan bubuk kopi. Bngkus bubuk kopi ke dalam kertas tisu, kemudian masukkan ke dalam sepatu. Diamkan semalaman agar bubuk kopi bisa secara maksimal menetralisir bau tak sedap pada sepatu.

    #2.  Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Koran

    Jika kamu punya koran bekas di rumah sebaiknya jangan dibuang. Manfaatkan koran-koran bekas ini untuk menyerap bau tidak sedap pada sepatu kamu.

    Caranya, jemur sepatu terlebih dahulu agar tidak lembab, kemudian buat gumpalan kertas koran, lalu pakai untuk menyumpal rongga sepatu. Kemudian ambil satu atau dua lembar koran lainnya untuk membungkus sepatu. Bungkus sepatu hingga ke mulut/lubang sepatu dengan rapat dan rapi. Terakhir, simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi ditempat yang agak dingin selama semalam atau lebih sampai bau pada sepatu tentunya sudah diserap oleh koran pembungkusnya.

    #3. Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Baking Soda

    Selain digunakan untuk bahan campuran dalam pembuatan kue, baking soda juga dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Hal ini dikarenakan  baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tidak sedap.

    Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Mudah Tanpa Dicuci

    Caranya cukup mudah, taburkan baking soda ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Lalu keesokan harinya bersihkan baking soda dengan cara menggunakan sikat.

    #4. Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Silica Gel

    Silica gel bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau sepatu yang tidak sedap. Silica gel memiliki fungsi untuk menyerap uap air sehingga kondisi lingkungan akan tetap kering. Biasanya silica gel dikemas dalam bentuk sachet dan terdapat di dalam kotak sepatu.

    Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu, kamu bisa memasukkan silica gel ke dalam sepatu. Diamkan beberapa saat dan sepatu akan terbebas dari bau.

    #5. Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Memasukkan Sepatu Ke Dalam Lemari Es

    Cara ini memang sedikit ekstrim, namun terbukti mampu untuk menghilangkan bau busuk pada sepatu. Pertama-tama keringkan sepatu terlebih dahulu sepatu, kemudian bungkus sepatu dengan menggunakan plastik kedap udara. Setelah itu, masukan ke dalam freezer lemari es.

    #6. Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Menggunakan Bahan Alami Dedaunan

    Bau sepatu bisa dihilangkan dengan mudah menggunakan dedauan alami seperti daun jeruk, daun pandan ataupun daun jambu biji.

    Daun Jeruk.

    Daun jeruk mengandung minyak atsiri yang dapat menghasilkan aroma harum. Daun ini juga dapat menjadi antiseptic alami sehingga dapat membunuh bakteri penyebab bau sepatu.

    Daun Pandan dan Daun Jambu Biji

    Selain daun jeruk, kamu juga bisa memanfaatkan daun pandan atau daun jambu biji untuk menghilangkan bau pada sepatu. Aroma pandan yang tajam dan aroma daun jambu biji yang pekat akan menghilangkan bau busuk pada sepatu.

    #Tips Agar Sepatu Tidak Bau

    Mencegah lebih baik daripada menghilangkan bau di sepatu. Kiat-kiat berikut ini akan membantu untuk mengurangi pembentukan bau yang tidak sedap pada sepatu.

    • Atur pola pemakaian sepatu Anda. Istirahatkan sepatu minimal 24 jam di antara pemakaian.
    • Gunakan kaos kaki tidak lebih dari sehari, bawa kaus kaki cadangan pada hari supersibuk sehingga kamu bisa berganti pada tengah hari. Jangan gunakan kaos kaki yang telah dipakai untuk berolah raga untuk dikenakan pada aktifitas lainnya.
    • Gunakan bedak khusus kaki di sela jari-jari kaki sebelum mengenakan sepatu.
    • Sebisa mungkin pilih bahan alami untuk sepatu dan kaos kaki. Bahan kulit atau katun memungkinkan sepatu bernapas lebih mudah. Kaos kaki berbahan katun mudah menyerap keringat dan kelembapan.
    • Pilih sepatu olah raga berstruktur jala untuk memudahkan bagian dalam sepatu untuk bernapas.
    • Rajin-rajinlah merawat kuku kaki karena bau pada sepatu juga bisa disebabkan oleh kotoran yang terperangkan dalam kuku kaki yang jarang dipotong. Untuk itu, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk memotong kuku kaki.
    • Jangan menggunakan sepatu dalam keadaan basah atau kaki dalam keadaan berkeringat. Gunakan antriprespiran atau pelembab kaki sebelum memakai sepatu, dengan begitu kaki tidak akan berkeringat dan tentunya mencegah bau yang tidak sedap.
    • Setelah dipakai, lepaskan tali sepatu kemudian keluarkan alas sepatu. Letakkan
      ditempat yang terbuka. Angin akan membawa udara segar ke dalam dan sekaligus mengeringkan keringat. Selain itu, menggunakan kembali sepatu yang telah dianginkan akan membuatmu merasa lebih nyaman.
    • Cucilah kaos kaki Anda dengan menggunakan produk-produk yang mengandung desinfektan. Ini bisa mencegah munculnya bau pada kaos kaki dan sepatu Anda. Selain itu, pastikan Anda memakai kaos kaki yang bersih setiap harinya.
    • Simpan sepatu dan kaos kaki di tempat yang terpisah.

    Nah itu itu 6 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci.

    Semoga bermanfaat..

    Jangan lupa like & share..

    About OmKepo 74 Articles
    OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

    Be the first to comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.