16 Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya | omkepo.com – Mengantuk dan sering menguap ketika sedang beraktifitas hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Biasanya kurangnya tidur pada malam hari selalu dijadikan alasan oleh sebagian orang. Padahal hal ini belum tentu benar..

Mengantuk merupakan hal yang alamiah dan wajar, tapi jika terus berlangsung selama beraktifitas akan dapat mengganggu performa Anda.

Apakah kamu juga sering mengantuk? Tahukah kamu penyebab mengantuk?

Jika Anda sudah tidur berjam-jam, tapi masih terasa ngantuk, maka Anda perlu mewaspadai adanya penyakit di dalam tubuh.

Rasa kantuk merupakan tanda yang diberikan tubuh agar orang beristirahat, yang biasanya datang di malam hari atau saat merasa lelah.

Namun kondisi tertentu dapat membuat orang selalu merasa ngantuk, bahkan di waktu kerja.

Apa penyebabnya?

Dilansir webmd.com, berikut ini beberapa penyebab yang membuat orang selalu mengantuk sepanjang hari :

Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

#1. Anemia (Kurang Darah)

Anemia merupakan penyebab utama rasa kantuk sering datang. Kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang, sehingga menyebabkan orang sering merasa ngantuk.

Oleh karena itu cukupi asupan zat besi Anda agar tidak mengalami anemia.

#2. Kurang Olahraga dan Aktivitas Fisik

Kebanyakan duduk, kalau kurang olahraga ataupun aktivitas fisik, bisa mengabitkan peredaran darah kurang lancar. Sehingga, tidak banyak oksigen yang sampai ke kepala kita. Akhirnya, wajarlah apabila kita sering mengantuk.

#3. Terlalu Banyak Beraktivitas

Tak hanya kurangnya aktifitas fisik, kalau terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan sering mengantuk. Karena ecara alami tubuh kita akan merasa lelah dan lemas, kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan terbakar.

Apabila dianalogikan seperti kendaraan bermotor, rasa mengantuk dan juga lemas yang sering muncul tersebut disebabkan oleh bahan bakar kita yang telah habis akibat aktivitas yang berlebihan yang dilakukan.

#4. Kekurangan Kalori Dan Gizi

Selain itu, penyebab lainnya dari rasa mengantuk dan juga lemas dapat disebabkan oleh kurangnya asupan kalori dan berbagai macam kebutuhan nutrisi untuk tubuh.

Saat beraktiftas, tubuh membutuhkan kalori dan gizi yang cukup. Apabila kekurangan, maka anda akan merasa lemas dan juga mengantuk.

Untuk mengoptimalkan asupan kalori dan gizi di dalam tubuh, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

  • Wajib sarapan atau makan pagi;
  • Minum suplemen yang mampu meningkatkan asupan vitamin dan juga zat gizi tubuh;
  • Jangan terlalu banyak beraktivitas.

#5. Terlalu Banyak Makan

Tidak hanya kurang makan dan kurang kalori, ternyata fakta dan hasil penelitian mengatakan apabila Anda mengalami kelebihan asupan makanan yang mengandung kalori alias makan berlebihan, malahan akan menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa.

Nah, maka dari itu, Anda harus mampu untuk mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, agar Anda tidak merasakan ngantuk dan juga lemas dalam beraktivitas.

#6. Menurunnya Suplai Oksigen Ke Otak

Suplai oksigen yang menurun merupakan penyebab rasa mengantuk lemas pada tubuh. Menurunnya suplai oksigen dapat membuat fungsi dan juga kerja otak menjadi tidak optimal, sehingga efeknya adalah dapat menyebabkan kantuk dan juga lemas.

Biasanya, kondisi suplai oksigen ke otak yang menurun disebabkan oleh adanya beberapa penyebab umum sebagai berikut :

  • Dehidrasi;
  • Kurangnya asupan gizi di dalam tubuh;
  • Sesak nafas;
  • Tekanan darah rendah.

#7. Insomnia, Gangguan Tidur Dan Juga Kurangnya Waktu Tidur

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur dimana penderitanya tidak dapat memejamkan mata untuk tidur pada malam hari yang biasanya karena :

  • Banyak pikiran;
  • Bahaya merokok dan minum alkohol;
  • Faktor cuaca dan kondisi lingkungan tempat tinggal;
  • Adanya penyakit yang mengganggu, seperti demam dan juga penyakit lainnya;
  • Minum kopi (kafein).

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa insomnia merupakan salah satu faktor utama penyebab dari rasa lelah, lemas dan juga mengantuk yang dialami oleh seseorang pada keesokan harinya.

Selain insomnia beberapa hal yang dapat mempengaruhi rasa kantuk dan juga tubuh yang lemas antara lain :

  • Kurangnya waktu tidur;
  • Adanya gangguan tidur, seperti mimpi buruk dan tidur sambil berjalan.

#8. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah berbeda dengan anemia. Pada anemia, penderita mengalami kekurangan darah, maka pada kondisi tekanan darah rendah, penderitanya memiliki tekanan darah yang rendah yang berada di bawah tekanan darah normal.

Ciri-ciri darah rendah ini sangat erat kaitannya dengan suplai darah dan juga berbagai macam nutrisi, termasuk juga oksigen ke berbagai organ tubuh.

Hal ini secara langsung dapat mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lemas dan juga mdah merasa mengantuk.

#9. Kanker

Mungkin inilah salah satu penyakit yang berbahaya dan paling ditakuti. Celakanya, hampir semua kanker menimbulkan gejala lemas pada tubuh.

Nah, apabila Anda mengami gejala lemas pada tubuh yang sangat sering terjadi dan juga ada rasa sakit atau nyeri pada bagian tubuh tertentu. Segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

#10. Hipotiroid (Menurunnya Produksi Hormon Tiroid)

Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi.

Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.

#11. Diabetes

Glukosa adalah bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena adanya oksigen. Orang dengan diabetes tipe-2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menyediakan energi.

Oleh karena itu, individu dengan diabetes tipe-2 mengeluh merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu.

#12. Dehidrasi

Kelelahan dan kantuk bisa merupakan tanda dehidrasi. Segeralah cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan bersemangat.

#13. Depresi

Depresi bukan hanyan gangguan emosi tetapi juga banyak berkontribusi untuk gejala fisik. Kelelahan, selalu mengantuk, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum pada orang yang mengalami depresi.

#14. Gangguan Tidur

Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia juga dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan kantuk terus-menerus. Tidur berguna untuk memfungsikan tubuh kembali, sel-sel tubuh memperbaiki dan meremajakan diri.

Sementara pada orang yang menderita kurang tidur karena insomnia, sleep apnea, maka sistem pernapasan akan terhambat sehingga sering menyebabkan kelelahan dan kantuk.

#15. Penyakit Jantung

Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.

#16. Sindrom Kelelahan Kronis

Lelah biasanya segera hilang saat dibawa istirahat. Tapi untuk sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome), lelah tidak cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori.


Tips dan Cara Mengatasi Mengantuk

Untuk mengurangi rasa kantuk yang berlebihan, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan baik melalui makanan ataupun aktifitas agar bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bisa mengurangi rasa kantuk berlebihan.

Makanan

1. Sayuran Hijau

Sebaiknya perbanyaklah konsumsi sayuran hijau seperti bayam, seledri, lubis, kembang kol, kankung, dan kentang manis.

Karena dengan mengkonsumsi sayuran hijau ini, Anda bisa mengontrol berat badan dan menaikkan jumlah darah dalam tubuh.

2. Kacang Almond

Kacang almond kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

3. Buah

Selain mengkonsumsi sayuran hijau, bagi penderita anemia juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buah segar. Seperti aprikot, semangka, apel, anggur, kismis dan buah plum yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh kita.

4. Banyak minum Air Putih

Selain mengkonsumsi sayuran hijau dan buah kita juga diwajibkan minum air putih minimal 8 gelas/hari.

Aktifitas

1. Biasakan tidur lebih cepat

Sebaiknya tidur lebih awal, karena tidur terlalu larut membuat Anda menjadi sulit bangun pagi.

2. Pola makan

Sebuah pola makan yang buruk dapat membuat tubuh merasa lelah dan lesu. Makan makanan yang tidak sehat atau junk food dapat menyebabkan tidur terlalu banyak.

Oleh karena itu, makanlah makanan yang kaya nutrisi dan mencakup banyak buah-buahan segar dan sayuran dalam diet mereka dan mengurangi jumlah junk food dan makanan berminyak.

3. Berdiri Dari Kursi

Duduk di kursi selama berjam-jam membuat tubuh terasa pegal dan letih sehingga memicu rasa kantuk. Untuk menghindari kelelahan, ada baiknya Anda rutin berdiri dari kursi untuk meregangkan otot atau berjalan –jalan sejenak.

4. Tidur selama beberapa menit

Rasa kantuk setelah makan siang merupakan hal normal. Hal tersebut terjadi karena banyak enzim yang digunakan ketika bangun dan bergerak.

Memaksakan tubuh untuk tetap bekerja dan beraktifitas justru akan membuat Anda kurang berkonsentrasi dan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dan aktifitas Anda dengan baik.

Bila tubuh memberikan sinyal lelah atau ngantuk, sebaiknya Anda turuti tanda dari tubuh tersebut dengan tidur selama beberapa menit di tempat yang tenang guna melancarkan otot-otot Anda.

5. Istirahatkan Mata Untuk Hindari Kelelahan

Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.

6. Nyemil

Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri, permen dan yogurt serta segenggam kacang-kacangan atau buah segar.

7. Ngobrol Dengan Rekan Kerja

Jika Anda sudah mulai merasa kantuk dan tidak konsentrasi, cobalah untuk mengobrol dengan rekan kerja agar membuat pikiran Anda rileks sejenak. Bicaralah tentang sesuatu yang menarik.

8. Buat Tempat Beraktifitas Anda Lebih Terang

Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

9. Tarik Nafas Dalam

Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

10. Menepilah Saat Mengantuk Ketika Mengemudi

Jika Anda berada dalam perjalanan panjang, gantilah posisi pengemudi sesering mungkin. Berhentilah setidaknya setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Nah, begitulah kurang-lebih penyebabnya kenapa Anda sering ngantuk, padahal sudah tidur cukup.

Silahkan Anda berusaha atasi penyebab-penyebab tersebut, agar di kemudian hari Anda menjadi lebih segar, konsentrasi, semangat, dan produktif.

Demikian 16 Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya.

Semoga bermanfaat..

About OmKepo 74 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.