6 Manfaat Utama Mandi Sauna Bagi Kesehatan

6 Manfaat Utama Mandi Sauna Bagi Kesehatan

6 Manfaat Utama Mandi Sauna Bagi Kesehatan | omkepo.com – Salah satu cara manusia masa kini untuk  meningkatkan kesehatan tubuhnya dan merupakan bagian dari gaya hidup adalah dengan mandi sauna.

Kaum Hawa, khususnya yang hidup di kota-kota besar, banyak melakukan mandi sauna sebagai pelengkap dari paket perawatan kecantikannya.

Mandi sauna pertama kali dilakukan oleh orang-orang di Finlandia, sebelum tradisi ini menyebar ke seluruh penjuru dunia hingga saat ini.

6 Manfaat Utama Mandi Sauna Bagi Kesehatan

Berikut manfaat mandi sauna yang dipercaya baik untuk kesehatan tubuh manusia :

6 Manfaat Utama Mandi Sauna Bagi Kesehatan

#1. Membuang Racun Dari Tubuh.

Saat mandi sauna, tubuh akan mengeluarkan keringat berlebih. Keadaan ini akan meningkatkan kapasitas detoksifikasi kulit dengan membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran dari badan.

Kotoran tubuh yang tersimpan dalam jaringan lemak kemudian akan mencair di bawah suhu yang tinggi. Dan pada akhirnya kotoran tersebut akan dibuang melalui keringat atau saluran usus.


Baca Juga:

    #2. Menurunkan Berat Badan.

    Terapi sauna adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan. Selama mandi sauna, detak jantung meningkat secara substansial karena panas yang kering.Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa sesi 20 menit dengan suhu sekitar 170 derajat Fahrenheit (75 derajat celsius) membakar lebih dari 500 kalori.

    Kecepatan metabolisme tubuh meningkat hingga mirip dengan cara yang dilakukan oleh latihan fisik, sehingga merupakan metode yang baik untuk menjaga berat badan.

    #3. Meredakan Stres dan Membuat Tubuh Menjadi Rileks.

    Stres bisa menjadi salah satu ancaman yang sangat serius untuk kesehatan tubuh. Stres karena terkena pikiran pekerjaan dan berbagai beban lain dalam kehidupan bisa menyebabkan masalah pada jantung, ingatan dan tekanan darah. Mandi sauna dapat membantu merilekskan kondisi fisik dan mental. Itulah mengapa banyak orang yang mengalami stres atau mengalami gangguan kejiwaan kemudian dianjurkan untuk melakukan mandi sauna. Begitu juga dengan orang yang mengalami gangguan tidur (insomnia) bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan mandi sauna ini.

    #4. Membuat Sistem Ketahanan Tubul Lebih Kebal Terhadap Penyakit.

    Sesi sauna membantu menghasilkan sel darah putih, yang berguna untuk melawan infeksi dan penyakit. Para pengguna rutin sauna memiliki jumlah sel darah putih yang lebih tinggi namun tetap pada jumlah normal dibanding kebanyakan orang, sehingga mereka tetap sehat dan jika penyakit terjadi, mereka lebih cepat sembuh.

    #5. Membuat Kulit Menjadi Lebih Halus, Bersih dan Lembut.

    Dengan melakukan sauna maka Anda bisa mendapatkan penampilan kulit yang lebih lembut. Hal ini sangat masuk akal karena ketika sauna maka pori-pori kulit akan mengeluarkan keringat, semua sel-sel kulit mati yang menumpuk di atas kulit juga bisa keluar sehingga kulit menjadi lebih lembut.Bahkan otot tubuh yang menjadi lebih lembut juga bisa membuat penampilan kulit menjadi lebih halus. Sauna juga bisa meringankan gangguan kulit seperti jerawat dan masalah kulit lain.

    #6. Menjaga Kesehatan Jantung.

    Mandi sauda akan membuat suhu tubuh menjadi tinggi sehingga bisa memberikan efek yang sangat baik untuk jantung. Hal ini bisa terjadi karena ketika Anda sedang sauna maka kulit akan menjadi lebih panas dari respon uap dalam ruangan.

    Uap panas akan diterima oleh semua bagian tubuh termasuk memberikan respon untuk pembuluh darah dalam tubuh yang bekerja maksimal.Peredaran darah dalam tubuh juga bisa bekerja secara maksimal dan membuat tubuh mendapatkan tekanan darah yang lebih baik.

    Otot jantung bekerja dengan baik dan juga bisa menyebabkan detak jantung tetap stabil. Jadi sauna sangat baik untuk kesehatan jantung.

    6 Manfaat Utama Mandi Sauna Bagi Kesehatan

    Namun perlu diketahui juga bahwa mandi sauna akan berbalik menjadi berbahaya kalau dilakukan terlalu lama, lebih dari waktu yang ditentukan antara 10-15 menit karena akan membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Kondisi tersebut akan membuat kulit kesulitan berkeringat dan fungsi jantung menjadi terganggu.

    Mandi sauna juga tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, wanita yang sedang menstruasi dan orang yang mengalami gangguan saluran pernafasan. Apabila Anda sedang melakukan mandi sauna kemudian terasa pusing, mual atau kesulitan bernafas, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

    Demikian 6 Manfaat Utama Mandi Sauna Bagi Kesehatan.

    Silahkan di share jika bermanfaat..

    About OmKepo 74 Articles
    OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

    Be the first to comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.