30+ Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya | omkepo.com – Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. wikipedia.org

Buah yang berasal dari Meksiko ini sekarang banyak dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan termasuk Indonesia karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang manfaat buah naga untuk kesehatan beserta efek sampingnya..

Buah naga mengandung banyak nutrisi di dalam daging buahnya, karena hal inilah mengapa buah sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Naga

Kandungan nutrisi dalam buah naga sangat banyak, mulai dari vitamin, protein, serat dan mineral.

Dalam 100 gram buah naga, terdapat kandungann nutrisi sebagai berikut :

  • Air sebanyak 87 gram
  • Thiamine atau Vitamin B1 sebanyak 0,04 miligram
  • Riboflavin atau Vitamin B12 sebanyak 0,05 miligram
  • Niasin atau Vitamin B3 sebanyak 0,16 miligram
  • Asam askorbat atau Vitamin C sebanyak 9,4 miligram
  • Protein sebanyak 1,1 gram
  • Serat sebanyak 0,71 gram
  • Kalsium sebanyak 134,5 miligram
  • Karbohidrat sebanyak 11,5 gram
  • Fosfor sebanyak 87 miligram
  • Zat besi sebanyak 0,65 miligram

Karena kandungan nutrisinya ini, semakin banyak orang yang menjadikan buah naga sebagai konsumsi wajib sehari-hari sebagai salah satu cara pengobatan berbagai penyakit.

 

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari buah naga?

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

#1. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Hingga hari ini, kanker masih sulit untuk disembuhkan. Itulah mengapa penyakit ini salah satu penyakit yang sangat ditakuti manusia.

Salah satu cara untuk mencegah kanker, Anda bisa mengkonsumsi buah naga. Buah naga mengandung antioksidan phytoalbumin yang sangat banyak jumlahnya. Senyawa ini mampu meningkatkan pembentukan radikal bebas karsinogenik yang mencegah sel-sel kanker berkembang dalam tubuh.

Selain itu buah naga juga mengefektifkan kerja pembuangan racun keluar dari tubuh, termasuk juga racun-racun yang memicu kanker.

#2. Mendukung Program Diet

Buah naga merupakan buah yang mengandung protein yang tinggi, namun rendah lemak dan karbohidrat. Sehingga buah naga menjadi buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Kandungan proteinnya dapat mencukupi kebutuhan tubuh, sementara kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda.

Selain itu, kandungan serat yang terdapat pada buah naga dapat membantu Anda untuk melancarkan pencernaan.


#3. Mencegah Diabetes Melitus (DM)

Akibat dari pola hidup yang tidak sehat, Diabetes Melitus (DM) menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini.

Faktanya, buah naga dapat mencegah penyakit diabetes melitus ini. Hal ini dikarenakan buah naga mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup tidak sehat tadi.

#4. Membantu Penyembuhan Batuk dan Asma

Batuk memang terlihat sepele bagi sebagian orang, namun bagi sebagian orang batuk dapat menyebabkan sesak nafas yang sangat berat. Khususnya bagi para penderita asma.

Ternyata buah naga dapat membantu penyembuhan batuk dan asma yang sering mengganggu pernafasan dengan meringankan efek dari batuk dan asma tersebut.

Oleh karena itu, penderita asma sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

#5. Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang

Buah naga memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan ini membuat buah naga menjadi makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulang untuk dapat tetap sehat dan kuat.

#6. Menurunkan Jumlah Kolesterol

Kandungan B3 yang terdapat pada buah naga dapat menekan kadar kolestrol jahat pada tubuh manusia.

Sehingga penderita kolesterol tinggi sangatlah disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

#7. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah (Hemoglobin)

Sel darah merah (hemoglobin) sangatlah dibutuhkan dalam tubuh. Pembentukannya dapat dilakukan dengan bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin.

Buah naga memiliki kandungan vitamin B12 (riboflavin) yang sangat tinggi. Sehingga konsumsi buah naga dapat membantu pembentukan sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh.

Selain itu, buah naga juga mengandung zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah.

#8. Bermanfaat untuk Kesehatan Usus &  Mencegah Serangan Jantung

Saat mengonsumsi banyak makanan, kerja usus pun akan semakin berat. Untuk meringankan kerja usus, dibutuhkan bantuan serat.

Jumlah serat yang tinggi pada buah naga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.

Kandungan serat dalam buah naga juga dapat membantu mencegah inflamasi dan juga menurunkan tekanan darah. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengonsumsi buah naga sangatlah kecil.

#9. Membantu Pembentukan Trombin dan Protrombin

Buah naga mengandung fosfor dan kalsium yang sangat tinggi. Fosfor dan kalsium ini memiliki manfaat yang sangat besar dalam tubuh manusia. Salah satu manfaatnya adalah sebagai katalisator untuk membantu pembentukan thrombin dan protombin dalam darah.

#10. Membantu Pembentukan Otot

Protein pada buah naga sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan otot bagi anda, khususnya pria yang suka berolahraga.

Dibandingkan meminum minuman perangsang pembentukan protein, lebih baik anda mengonsumsi buah naga yang lebih aman untuk membantu pembentukan otot anda.

#11. Menetralkan Tubuh dari Racun yang Masuk

Satu lagi manfaat dari protein dalam buah naga adalah menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Racun-racun ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi buah naga sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun.

#12. Menjadi Penambah Tenaga

Buah naga memiliki kandungan vitamin B1 atau thiamine yang cukup banyak. Vitamin ini sangatlah bermanfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga orang-orang yang mengonsumsi buah naga akan memiliki energi atau tenaga yang lebih banyak.

#13. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan efek dari polusi udara yang terpapar pada kulit anda sehari-hari. Untuk mengatasi polusi udara yang kita hadapi konsumsilah makanan berantioksidan tinggi. Buah naga merupakan buah dengan antioksidan yang tinggi dan tentunya dapat mencegah penuaan dini.

#14. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sekali lagi antioksidan dalam buah naga sangatlah tinggi manfaatnya. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga konsumsi buah naga dapat mencegah penyakit-penyakit yang menyerang tubuh anda.

#15. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan arteri. Fungsi buah naga salah satunya adalah untuk melancarkan aliran darah sehingga tekanan diri pun dapat dicegah. Oleh karena itu, para penderita penyakit darah tinggi disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

#16. Bermanfaat untuk Mencegah Kelumpuhan Otot

Otot pada tubuh manusia sangat dipengaruhi kerjanya oleh protein. Sehingga untuk menjaga otot tetap sehat dan tidak terjadi kelumpuhan, dibutuhkan makanan dengan kandungan protein yang cukup. Buah naga dapat bermanfaat untuk mencegah kelumpuhan otot dengan kandungan protein.

#17. Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi bisa didapatkan dengan kecukupan kalsium dan zat besi dalam tubuh. Buah naga memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga untuk mendapatkan dan menjaga kesehatan gigi anda.

#18. Menghilangkan Jerawat

Salah satu kandungan buah naga yang paling dominan adalah vitamin. Vitamin tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit. Salah satunya untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Sehingga bagi anda yang memiliki masalah jerawa.

Cara mencegah jerawat dengan buah naga bukan dengan dikonsumsi. Anda harus menggunakannya dalam bentuk masker untuk wajah.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Haluskan buah naga bersama sedikit air dengan cara di blender. Setelah itu, oleskan buah naga tadi ke wajah dan tunggu beberapa saat.

Setelah mulai mengering, bersihkan wajah dengan cara membilas dengan air bersih. Lakukan cara ini rutin setiap 2 hari sekali.

#20. Membantu Pencernaan Bayi

Buah naga sangat bermanfaat bagi manusia untuk setiap umur. Bahkan bagi bayi, buah naga dapat membantu proses pencernaan. Bayi seringkali mengalami masalah pencernaan. Jadi saat ini anda dapat mudah mengatasinya dengan menggunakan buah naga.

#21. Bermanfaat untuk Menjaga Kelembaban Kulit

Kulit membutuhkan vitamin yang tinggi sebagai nutrisi dan makanan untuk membuatnya tetap sehat dan tidak kering. Buah naga memiliki vitamin yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kulit. Selain itu buah naga juga dilengkapi antioksidan, sehingga konsumsi buah naga sangatlah bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit.

#22. Menjaga Kesehatan dan Membantu Kerja Syaraf

Fosfor dan kalsium pada buah naga berfungsi untuk membantu kerja syaraf. Khususnya pada sistem syaraf, dimana konsumsi buah naga dapat membuat fosfor dan kalsium sebagai transimi syaraf. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga untuk menjaga kesehatam dan membantu kerja syaraf.

#23. Mencegah Peradangan

Peradangan dapat terjadi di beberapa organ tubuh. Kandungan vitamin, serat, dan mineral pada buah naga dapat mencegah peradangan tersebut terjadi. Sehingga konsumsilah buah naga untuk menghadapi peradangan.

#24. Membantu Mengobati Sakit Tenggorokan

Vitamin C pada buah naga sangatlah bermanfaat untuk mengatasi dan mengobati sakit pada tenggorokkan anda. Konsumsilah buah naga secara berkala, untuk mengembalikan kondisi kesehatan tenggorokkan anda.

#25. Mengobati Sariawan

Satu lagi manfaat vitamin C pada buah naga. Tentu sudah banyak dari kita yang mengetahui bahwa sariawan dapat disembuhkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Sehingga konsumsi buah naga dapat menghilangkan sariawan pada mulut anda.

#26. Bermanfaat untuk Ibu Menyusui

Buah naga ternyata mampu meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Sehingga ibu menyusui akan mendapatkan manfaat jika mengonsumsi buah naga.

#27. Mengurangi Kram pada Tubuh

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan zat-zat mineral berikut ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kram pada tubuh anda. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga jika anda sering mengalami kram kram.

#28. Menjadi Pewarna Makanan Alami

Buah naga yang berwarna merah mengandung senyawa betalain. Senyawa tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjadi pewarna alami untuk makanan. Warnanya lebih indah dari pewarna buatan dan tentunya lebih aman digunakan.

#29. Meningkatkan Nafsu Makan

Anak-anak yang sulit makan, sering menjadi pikiran orang tua. Berikan buah naga pada anak-anak untuk meningkatkan nafsu makannya. Buah naga mampu memberikan asupan vitamin B2 dan B1 yang akan merangsang anak-anak untuk makan lebih banyak.

Demikianlah tadi beberapa fakta mengenai buah naga serta kandungannya. Kandungan buah naga tersebut memiliki banyak manfaat. Setiap manfaat buah naga telah juga kita ketahui bersama-sama. Semoga setiap informasi di atas dapat menjadi manfaat bagi kita semua.

#30. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat yang berikutnya adalah sebagai penunjang kesehatan mata. Buah naga merupakan buah yang kaya akan kandungan beta karoten. Kandungan beta karoten didalam buah naga mampu membuat mata mejadi lebih sehat.

Jumlah beta karoten dalam 100 gr buah naga sama dengan kandungan beta karoten dalam 100 gr wortel.

Oleh karena itu, konsumsilah buah naga agar mata Anda dapat selalu sehat dan jernih.

#31. Melancarkan Buang Air Besar

Serat yang terkandung pada buah naga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar.

Untuk mendapatkan efek yang lebih cepat, sebaiknya anda mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Kandungan serat inilah yang membuat anda menjadi lebih mudah buang air besar.

Itulah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan beserta efek sampingnya bagi kesehatan manusia.

Efek Samping Buah Naga

Selain memiliki manfaat yang banyak, buah naga juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

#1. Menyebabkan perut kembung

Kandungan mineral yang ada di dalam buah naga memang sangat baik dan juga bermanfaat untuk kesehatan, namun apabila mengkonsumsinya secara berlebihan, maka kandungan mineral yang masuk ke tubuh Anda terlalu banyak sehingga bisa mengakibatkan perut terasa kembung.

Oleh karena itu, konsumsi buah naga secukupnya.

#2. Dapat Menyebabkan Maag Menjadi Kambuh

Buah naga mengandung vitamin C yang tinggi dan memiliki rasa yang asam. Kandungan asam di dalamnya bisa mengakibatkan maag Anda kambuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

Selain itu, karena tingginya kandungan asam pada buah naga, bisa menyebabkan kadar asam lambung anda menjadi naik, yang akan menyebabkan munculnya gejala mual-mual pada diri Anda.

Apabila Anda memiliki riwayat maag atau gangguan asam lambung, sebaiknya Anda makan berat terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi buah naga. Baik dimakan langsung atau bisa juga dibuat jus atau salad.

#3. Menyebabkan Diabetes Apabila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Buah naga juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, mengkonsumsi buah naga secara berlebihan, apalagi jika dikonsumsi dengan pemanis buatan, misalnya pada es buah, bisa mengakibatkan gula darah Anda naik.

Hal ini juga sangat berpotensi menyebabkan munculnya gangguan atau gejala penyakti gejala diabetes pada diri Anda.

karena itu, bijaklah dalam mengkonsumsi buah naga, usahakan jangan mencampur buah naga dengan gula dan mengkonsumsinya secara berlebihan.

#4. Menyebabkan Sakit Perut

Selain dapat memberikan efek amping berupa kembung, mual dan juga asam lambung yang naik, konsumsi dari buah naga secara berlebihan merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan anda menjadi merasa sakit perut.

Selalu jaga asupan makanan Anda, dan hindari konsumsi buah naga ini secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan memang berbahaya bagi kesehatan kita.

Karena banyaknya manfaat buah naga, sebaiknya mulai rutin mengkonsumsi buah naga secukupnya. Dengan begitu, tubuh Anda akan tetap berada dalam kondisi yang prima.

Selamat mencoba !

Demikian 30+ Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya.

Semoga bermanfaat..

About OmKepo 74 Articles
OmKepo merupakan media bagi kamu yang suka kepo berbagai informasi menarik meliputi teknologi, gadget, kesehatan, hiburan, lifestyle dan keajaiban dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.